5 Tips Komposisi Saat Memotret Wedding

Acara akan segera dimulai, Pose pertukaran cincin harus dapat, Ciuman pertama pengantin juga harus dapat, lalu… Bagaimana saya memposekan pengantin sehingga mereka tidak terlihat begitu canggung? Dan Berapa aperture yang saya pakai untuk pemotretan grup/keluarga. Jika Sobat sering memikirkan hal-hal tersebut, berarti Sobat harus mengetahui 5 tips Kompoisis fotografi Wedding .

Komposisi adalah inti dari foto dan tidak boleh dilupakan bahkan ketika Sobat sedang berjuang untuk mendapatkan gambar yang bagus pada foto wedding yang serba cepat.

1. Jangan Terpaku dengan Rules Of third (aturan 1/3)

Sobat tahu kan rules of third? Kalau belum tahu cari di Beberapa Istilah Dan Singkatan Dalam Fotografi . Pesta Wedding yang begitu serba cepat membuat kita sering tidak punya waktu untuk mengkomposisi setiap jepretan yang sempurna untuk rules of third. Jadi apa yang harus Sobat lakukan?, cobalah untuk tidak  mengkomopisiskan pengantin di tengah! Misalnya Posisikan pengantin ketika berdansa di salah satu sisi frame. Jangan khawatir jika kompoisinya agak jauh dari rules of third.

 

2. Ikuti garis

Jika Sobat melihat suatu tempat yang memiliki garis dengan arah yang sama, cobalah gunakan tempat itu. Biasanya ada sesuatu yang bagus untuk memotret pada batas garis itu. tempatkan pasangan dengan benar di ujung garis. Lorong tengah selalu menjadi garis konvergen yang mengarah ke pasangan.

 

3. Memotret dengan wide open

Memang tidak baik memotret dengan menggunakan wide open secara terus menerus, tetapi hal ini juga dapat membantu Sobat dalam komposisi. Kenapa? Jika Sobat memiliki kamera SLR dan Sobat tidak punya kesempatan untuk mengubah aperture, Sobat akan mendapatkan lebih banyak blur dalam foto Sobat.. Apapun yang Sobat fokuskan akan menjadi jelas, namun yang lainnya akan terlihat blur. Untuk hasil yang baik set kamera Sobat pada F2.8 atau F1.4 dan kemudian hanya tingal fokus pada pemotretan. Sobat tidak akan melihat ballroom yang  berantakan pada  foto dibawah ini:

 

4. Mengintip!

Bersembunyi di semak-semak dan potretlah!. Berdiri di sudut dan potretlah!. Mengintip dari atas bahu seseorang dan potretlah!. Dengan melakukan ini, akan ada bingkai foto yang akan memberikan kesan mendalam dan penuh  misteri. Kadang-kadang sulit untuk menemukan kesan mendalam dalam pernikahan yang sibuk, jadi ciptakanlah itu. Lompat dibelakang sesuatu dan Langsung ambil gambar! gambar dibawah ini diambil melalui beberapa cabang dan memberikan efek tiga dimensi.

 

5. Dua orang satu potret

Berikan konteks potret dengan menyertakan sedikit orang lain di foto tersebut. Hal ini berlaku untuk pengantin wanita dan pria. Ambil foto pengantin wanita yang wajahnya bersandar pada dada pengantin pria. Harus diingat, Pernikahan merupakan simbol kebersamaan dan pose seperti  ini sangat baik untuk menunjukkan hubungan antar pasangan walaupun hanya mengambil gambar dari salah satu pasangan.

Sebagai contoh, dalam foto ini, subjek adalah pengantin pria, tapi ada potongan pengantin wanita untuk memberinya beberapa konteks.

 

Setiap tips kompoisis yang kita bahas ini membutuhkan latihan dan membiasakan diri, tetapi sekali Sobat telah menguasainya, Sobat akan menemukan diri Sobat melakukannya secara alami. Sobat mungkin akan khawatir kehilangan moment-moment penting, tapi setidaknya Sobat tidak perlu khawatir tentang framing yang benar. Menjadi Fotografer Wedding memang gampang-gampang susah😀.

Credit foto: orangeturtleblog.com

Artikel lainnya:

          TIPS MEMPERPANJANG UMUR KAMERA SLR

          7 Teknik Memegang Kamera Yang Baik Dan Benar

          Tips Untuk Yang Kekurangan Dana Wedding/Prewedding


 

14 pemikiran pada “5 Tips Komposisi Saat Memotret Wedding

  1. Ping balik: Tantangan Menggunakan Kamera Murah Dengan 0,3 Megapixel | Weddingku Magazine

  2. Sangat padat, jelas, dan menambah wawasan saya dan para sahabat sehoby untuk meningkatkan ilmu pengetahuan mengenai fotografi, khususnya foto wedding, kepada admin blog saya ucapkan terimakasih yang tak terhingga atas tipsnya yang sangat membantu bagi pemula seperti saya…. salam fotografi………..

  3. Ping balik: 10 Tips Untuk Menjadi Fotogrefer Agar Lebih Mahir « Achmad Mull | Photography Limpung2012

  4. Ping balik: 10 Tips untuk menjadi fotogrefer agar lebih mahir « Weddingku Magazine

  5. Ping balik: Tips Memotret Landscape « Weddingku Magazine

  6. Ping balik: Tips Memotret Di Malam Hari « Weddingku Magazine

  7. Ping balik: 2 Tips Pencahayaan Yang penting Untuk Fotografi Wedding « Weddingku Magazine

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s