10 Tips Untuk Menjadi Fotogrefer Agar Lebih Mahir

Ada beberapa klien saya yang bertanya bagaimana saya memulai karier saya di bidang fotografi?, terus terang saja walaupun basic saya di pengolahan digital, namun fotografi tidak pernah lepas dari keseharian pekerjaan saya.

Apa yang saya olah secara digital adalah foto, dan foto harus memiliki komposisi yang bagus agar hasil olahannya juga mantaps, untuk itu lah saya wajib mengetahui teori dan prektek dari fotografi untuk menyeimbangkan pekerjaan saya yang sesungguhnya.

Ada 10 hal yang menurut saya sangat penting, untuk menjadikan Sobat menjadi seorang fotografer yang lebih mahir, saya berharap poin-poin ini bermanfaat untuk Sobat:

1) Cinta. Cintai kamera Sobat apapun spec, usia atau merk-nya. Sebuah kamera itu akan menghasilkan yang terbaik jika pemegangnya adalah fotografer yang baik.

2) Peralatan. Bawa kamera Sobat kemanapun Sobat pergi, pastikan kamera ini menjadi sahabat baru Sobat. Jadi Sobat tidak perlu lagi mengatakan “seandainya saya membawa kamera!”  karena kamera telah berada ditangan Sobat ketika ada moment yang menakjubkan datang tanpa Sobat harapkan.

3) Praktek. Praktek adalah segalanya. Jangan berkecil hati bila gambar yang Sobat jepret tidak sesuai dengan yang Sobat harapkan. Semakin banyak praktek, semakin sering Sobat melakukan kesalahan dan semakin sering pula Sobat dapat memperbaiki kesalahan tersebut.

 4) Ingatkan diri Sobat. Pengaturan kamera manual mungkin awalnya akan membuat Sobat frustasi. Biasakan menulis beberapa pengingat untuk diri sendiri dan menyimpannya dalam tas kamera.

5) Tanyakan mengapa?. Tanyakan “Mengapa saya memotret subjek ini?” bisa saja jawabannya “karena subjek terlihat menarik”. Tapi apa yang membuatnya menarik? Apakah detail yang menakjubkan atau cahaya yang meneranginya?. Secara sadar Sobat harus bisa berpikir tentang hal/aspek untuk memperbaiki foto Sobat secara instan.

6) Potret secara close up. Sekali-kali, jangan Jangan selalu memperbesar subjek dengan lensa, dekati subjek Sobat, isi frame kamera dan foto Sobat akan terlihat lebih hidup.

7) Lighting/Pencahayaan. Mengontrol pencahayaan itu mudah, hanya saja itu dapat memperbaiki atau menghancurkan kualitas sebuah foto.

8) Sharing/Berbagi. Belajarlah untuk berbagi hasil jepretan Sobat dengan orang lain. Kirim foto Sobat di PictureSocial, Facebook (gabung di Komunitas Fotografer), twitter atau buatlah blog dan Sobat akan menemukan teman sesama fotografer yang akan selalu bersemangat untuk membantu dan berbagi pengalaman mereka sendiri juga.

9) Komposisi. Silahkan lihat pada aturan-aturan komposisi, cobalah praktekan dan lihat hasilnya. Setelah Anda menguasai itu semua, cobalah untuk melanggar aturan!

10) Belajar. Pelajari kamera Sobat secara maksimal untuk menjadi seorang fotografer yang lebih baik. Ikuti kursus fotografi atau cari tips dan referensi dari blog fotografi untuk membantu Sobat memahami kamera Sobat pada setting manual.

Itulah 10 Tips untuk menjadi fotogrefer agar lebih mahir, semoga bermanfaat.

3 pemikiran pada “10 Tips Untuk Menjadi Fotogrefer Agar Lebih Mahir

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

