Tips Memotret Di Malam Hari

Tips Memotret Di Malam Hari – Jika kamera digital Sobat  memiliki mode Manual dan fokus manual, Sobat dapat  mencoba berbagai kombinasi kontrol untuk memotret di malam hari. Coba mulai dengan pengaturan dibawah ini kemudian ubah shutter speed Sobat sesuai kebutuhan:

“The twilight zone” oleh Giuseppe Maria Galasso

  • ISO: Cobalah mulai dengan kecepatan ISO rendah untuk menjaga contrast dan mengurangi noise. Sobat hanya boleh meningkatkan ISO jika Sobat sudah mencoba shutter speed yang berbeda. Jika Sobat sering berekspimen dengan ISO dan shutter speed, Sobat akan tahu kapan Sobat harus menggunakan ini.
  •  Fokus: Sobat boleh saja menggunakan fokus otomatis jika memang cukup cahaya, Tetapi Sobat mungkin juga harus menggunakan fokus manual. Namun, Jika kamera Sobat tidak memiliki fokus manual, buatlah cahaya buatan untuk mendapatkan fokus karena auto fokus akan membutuhkan cahaya. Sobat bisa menggunakan lampu senter dan meletakkannya di mana Sobat ingin menggunakannya untuk menerangi titik fokus.
  • Aperture: Gunakan  f/11 atau f/16. Ini akan memberikan Sobat Depth of Field yang lebih sehingga akan lebih banyak subjek akan tertangkap.
  • White Balance: Cobalah Daylight. Karena WB ini akan menghasilkan sumber cahaya yang berbeda seperti tungsten, fluorescent, halogen, neon, dll.
  • Speed: Cobalah gunakan speed 1/8 second. kemudian gunakan shutter speed yang lebih pendek jika foto terlalu terang. Gunakan shutter peed lebih lama jika foto terlalu gelap.
  • Tripod: Sobat harus menggunakan tripod untuk meminimalisir guncangan karena memotret malam hari membutuhkan eksposur yang panjang.
  • Cable Release: Jika Sobat memiliki Cable Release (kabel rilis), gunakanlah. Jika tidak, atur timer pada kamera Sobat sehingga shutter akan merilis beberapa detik setelah Sobat menekan tombol shutter. Ini membantu mencegah gerakan kamera.
  • File Type: WM hampir selalu memotret dengan Camera RAW + JPEG. Ini memberi WM pilihan file RAW untuk memanipulasi foto dan JPEG yang dapat digunakan segera.

Jika kamera Sobat tidak memiliki pengaturan Manual, Sobat masih mungkin dapat berhasil mengambil gambar pada malam hari. Cobalah ikuti pengaturan berikut:

Foto diambil oleh James Chew

Foto diambil oleh James Chew (Klik Gambar untuk melihat lebih Dari James Chew)

  • Fireworks/kembang api: Untuk pengaturan ini Sobat harus memperpanjang eksposur cukup lama untuk menangkap lampu malam.
  • Potret Malam: Pengaturan ini membutuhkan eksposur dan diharuskan mematikan lampu flash. Pengaturan ini dirancang untuk mengambil gambar dari seseorang dengan lampu-lampu kota di belakang mereka. Sobat mungkin telah mencoba untuk mengambil gambar semacam ini namun gambar background tidak muncul sama sekali. Sekarang cobalah pengaturan diatas.
  • Tripod: Sobat masih perlu tripod untuk menstabilkan kamera. Jika Sobat memiliki timer, gunakan itu juga.

Mudah-mudahan, artikel kali ini bermanfaat untuk sobat-sobat yang senang memotret di malam hari, jika ada yang perlu ditambahkan silahkan share pada komentar dibawah ini.

Salam jepret🙂

Kredit foto: www.picturesocial.com

6 pemikiran pada “Tips Memotret Di Malam Hari

  1. I think this is one of the most important info for me. And i’m glad reading your article. But wanna remark on some general things, The site style is great, the articles is really great : D. Good job, cheers

  2. Thanks for your personal marvelous posting! I seriously enjoyed reading it, you may be a great author. I will remember to bookmark your blog and will often come back very soon. I want to encourage you to definitely continue your great writing, have a nice day!

  3. Ping balik: 10 Fungsi Tripod Untuk Fotografer | hafid73

  4. Ping balik: 10 Fungsi Tripod Untuk Fotografer « Weddingku Magazine

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s