Fungsi Overlay Pada Photoshop (Download Sample)

 

Sobat tahu kan arti Overlay? kalau yang biasa edit foto atau video pasti lah tahu. Kalau dalam kamus B.Inggris arti Overlay adalah : kb. lembaran penutup, lapisan atas, hamparan. -kkt. (overlaid) 1 melapisi. The table is overlaid in veneer Meja itu dilapisi dengan suatu lapsan. 2 membebani (with responsibility).

Dalam Bahasa editing foto atau video tekhnik overlay kurang lebih fungsinya sama yaitu melapisi suatu gambar atau video agar lebih terlihat menarik. Namun dalam editing foto khusunya Photoshop yang biasa WM pergunakan sehari-hari tekhnik overlay ini adalah salah satu dari fungsi blending yang ada dalam pilihan layer.

 Sebetulnya ada banya Teknik blending pada photohsop antara lain : Normal, Dissolve, Darken, Multiply, Color Burn, Linear Burn, Lighten, Screen, Color Dodge, Linear Dodge, Overlay, Soft Light, Hard Light, Vivid Light, Pin Light, Difference, Exlusion, Hue, Saturation, Color, Luminosty. Kalau penasaran pingin tahu fungsi-fungsinya bisa dilihat disini https://www.dumetschool.com/blog/Pengertian-Pada-Blend-Mode-Pada-Adobe-Photoshop

Kalau Sobat tertarik dengan koleksi-koleksi overlay yang bagus & gratis, Sobat bisa download disini :

https://www.shutterstock.com/blog/120-free-light-overlays-photo-design

filnya sekitar 900MB, berisi 120 file. Tapi lumayan lah buat Sobat-sobat yang senang ber eksperimen bermain-main dengan overlay.

IMG_8865 re
Elis & Bayu, Salah satu contoh teknik Overlay pada Photoshop

kalau Sobat sudah mencoba dan faham fungsi Overlay pada Photoshop, koment di komentar di bawah ya.

selamat mencoba 😊

 

 

Prewedding Andy & Vika | Lokasi : Curug Tilu-Ciwidey Bandung

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...