Milad Komunitas Photographer ke-3 di Situ Sipatahunan

Komunitas Photographer Bandung Selatan (KP-BS) akhirnya sukses menyelenggarakan ulang tahunnya yang ke-3 pada Kamis 14 Mei 2015, Komunitas yang tepatnya lahir pada 29 April 2012 ini memang sengaja menunggu moment saat liburan panjang karena hari Kamis ini juga bertepatan dengan hari libur nasional Kenaikan Isa Al-Masih.

Ulang tahun KP-BS kali ini diselenggarakan di Situ Sipatahunan Baleendah Kab. Bandung yang merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Bandung Selatan. Situ Sipatahunan (Danau Sipatahunan) sengaja dipilih karena sesuai dengan visi KP-BS yaitu memperkenalkan potensi pariwisata yang ada di Kab. Bandung terutama Bandung Selatan.

Untuk merayakan hari jadi-nya, selain pemotongan nasi tumpeng, untuk memeriahkan hari ulang tahun yang ke-3 ini KP-BS juga mengadakan hunting bareng. Pihak panitia menyediakan 13 model untuk para fotografer. Dan yang paling penting adalah penggalangan dana untuk korban bencana longsor di daerah Pangalengan.

Foto Bersama Sebelum Hunting (foto By Lilo Armadilo)

Pada saat penggalangan dana, ada sedikit hal yang menarik adalah pada saat kang Irwan dari VISICO melakukakan pelelangan lampu flash dimana hasil pelelangan itu untuk korban bencana longsor di Pangalengan.

Cukup antusias kawan-kawan fotografer yang menghadiri acara ini. Ratusan fotografer dari berbagai kalangan ikut serta dalam ulang tahun KP-BS kali ini. Apalagi pada saat hunting, karena memang saat-saat ini lah yang sangat ditunggu oleh kawan-kawan fotografer, apalagi kalau bukan ngintipin model… xixix :D. Read the rest of this entry

Bagaimana Proses Membuat Album Magazine?

Magazine Album

Album Magazine atau Album kolase memang saat ini sedang trend untuk album wedding/prewedding atau fotografi dokumentasi lainnya, walaupun ada beberapa klien juga sich yang masih meminta foto roll (32-35 foto/ roll) karena untuk paket album magazine harganya lebih mahal :D.

Selain cukup mahal, jika Sobat ada rencana untuk membuat Album Magazine untuk klien Sobat, ada beberapa proses yang harus Sobat ketahui, apa saja proses membuat Album Magazine?

  • Saat memotret: jika Sobat berencana ingin membuat album magazine maka saat memotret adalah hal yang menentukan bagaimana supaya hasil jepretan Sobat nantinya menarik saat dimasukan ke album kolase. Ada istilah “insert” dalam pemotretan untuk album magazine, insert ini sebetulnya di istilahkan untuk foto yang berhubungan langsung ataupun tidak langsung dengan subyek. Misalkan dalam pemotretan wedding, Sobat bisa mencari hal-hal yang berhubungan dengan pernikahan seperti cincin pernikahan, pelaminan, kue, makanan, dll.
  • Saat Memilah file: jangan heran ya Sob, jika hasil jepretan Sobat rencananya mau dibuat album magazine, maka Sobat harus membuat lebih banyak jepretan saat memotret. Bahkan ada beberapa fotografer yang senang menggunakan settingan continues/brust pada kamera. Hasilnya bisa ribuan file foto yang nantinya harus Sobat pilih dan pilah menjadi ratusan atau bahkan kurang :D. bagaimana cara memilah file-file tersebut dengan cepat? Nanti WM bahas di artikel selanjutnya.
  • Proses editing/design: Proses ini juga memakan waktu yang cukup lama lho Sob! Apalagi jika Sobat belum mahir menggunakan photoshop karena kalau WM hamper 90% proses editing menggunakan photoshop, wah bisa berabe..hehe!. Tapi saat ini ada software yang bisa membuat foto kolase secara otomatis dari yang gratis hingga yang berbayar. Salah satu software pembuat foto kolase yang gratis yaitu Picasa, coba ulik sendiri lah bagaimana caranya :D.
  • Proses Pencetakan: ini bisa dibilang proses finishing atau proses paling akhir, bagaimana akhirnya hasil editan Sobat di cetak menjadi album magazine. Jika Sobat belum mempunya percetakan sendiri, ini artinya Sobat harus menyiapkan budget untuk mencetak album magazine. Dan Sobat bisa mencari percetakan album magazine di web atau blog. Atau sobat boleh menggunakan jasa WM untuk Mencetak Album Magazine hingga selesai (ups….jadi promosi :D)

Ya mungkin proses membuat album magazine yang WM tahu sih cuman seperti itu, jika Sobat mau menambahkan silahkan isi di komentar.

Semoga bermanfaat :).

MEMOTRET PERTUNJUKAN PENCAK SILAT

Pencak Silat adalah salah satu seni bela diri yang ada di Nusantara dan diakui dunia, termasuk pencak silat yang ada di tataran Sunda, kebetulan di Kampung WM ada pagelaran seni Pencak Silat dalam salah satu acara Syukuran Khitanan. Biasanya jika ada pertunjukan Pencak SIlat, maka perguruan pencak silat lain akan berbondong-bondong datang untuk ikut menyumbang dan menampilkan kebolehannya.

Seni pencak silat biasanya diiringi 2 sampai 3 kendang, satu terompet dan satu goong kecil, si pendekar akan mengikuti alur dan hentakan sesuai dengan suara kendang, karena memang sudah ada pakem dan tata caranya. Kecuali jika ada dua orang yang seolah-olah bertarung, biasanya suara kendanglah yang mengikuti gerakan si pendekar.

Kesempatan ini tidak WM sia-siakan, WM ambil kamera dan langsung mencari moment yang tepat untuk mendapatkan gambar. Ternyata sulit sekali untuk memotret pertunjukan pencak silat, WM coba menggunakan mode continues supaya bisa mendapatkan setiap gerakan.

Pencak Silat-Tarung (2)

Yang paling seru adalah pada pertunjukan terkahir, ada pertarungan para pendekar hingga berdarah, menggunakan senjata golok, tombak, rantai dan tongkat. ngeri sekali memang! Jeritan para penonton membuat suasana semakin tegang, darah-darah becucuran bahkan tombak pun menusuk kepada salah satu pendekar dan ada pendekar yang digorok… wuiiihhh!!.

Pencak Silat-Berdarah (14)

Namun jangan khawatir, semua itu hanya acting. Para pendekar ini adalah orang-orang professional, layaknya actor mereka bermain serius, dan darah-darah yang berceceran hanya darah palsu. Tapi WM menyarankan, saat memotret moment ini lebih baik Sobat agak jauh dari stage karena bisa saja ada senjata yang tidak sengaja terlempat ke penonton, bahkan ada beberapa penonton yang berdarah karena terkena pecahan genting. Untuk itu gunakan lensa yang memiliki FL panjang, supaya Sobat bisa memotret dari jarak jauh :).

Tidak lupa sebelum WM kembali ke rumah, WM mengambil moment diluar keriuhan pertunjukan pencak silat yaitu seorang pendagang kacang tanah, yup! Pedagang kacang tanah adalah salah satu icon pedagang pada acara-acara akbar seperti pertunjukan wayang dan Pencak silat di kampung. Dimana ada wayang dan pencak silat disitu ada pedagang kacang tanah, hehe..

Penjual Kacang Tanah

Penjual Kacang Tanah (2)

Ok Sob,. sampai disini dulu artikel kali ini, jika Sobat mau lihat hasil hunting pencak silat yang lainnya, silahkan lihat disini https://www.flickr.com/photos/chenlinsar/with/16652511329/

Jasa Photoboot Untuk Wedding Party, Birthday Party & Couple Party

Photoboot memang lagi ngetrend sampai saat ini, bagaimana tidak? Jika dulu kita bisa narsis didepan photoboot di mall-mall, sekarang photoboot bisa Sobat bawa ke tempat Sobat..hehe..

Yup, jasa photoboot – sekarang Sobat bisa mencobanya di rumah, jasa ini bisa dipakai untuk acara resepsi wedding, ulang tahun, bahkan acara kantor. Tamu undangan yang datang ke acara Sobat bisa mendapatkan foto secara instant dan bisa langsung dipajang dirumahnya begitu mereka pulang.

20141222_191738Berapa biaya jasa photboot ini?

  • 100 sesi foto = Rp. 1.500.000
  • 200 sesi foto = Rp. 2.200.000
  • 300 sesi foto = Rp. 2.900.000
  • 400 sesi foto = Rp. 3.600.000
  • 500 sesi foto = Rp. 4.300.000

Harga tersebut sudah termasuk lighting, background (bisa disesuaikan), mesin cetak, laptop, operator.

Sobat juga bisa memesan frame agar photobot Sobat bisa langsung dipajang:

Bahan AK 310 Grm – Fulcolour 4/0 ( 1 muka )

Harga :

@ 250pcs – 300pcs: Rp.2500  / pc ( Minimal order  )

@ 301 -500 : Rp. 2.300/ Pc

@501 – 1000 : Rp. 2.000 / Pc

Sample Frame

Sample Frame

Jika Sobat membutuhkan jasa photoboot, silahkan hubungi WM di 087722539267 atau pin BB: 75D6286E

Bagaimana Cara Memotret Bunga ?

Bunga adalah salah satu ciptaan Tuhan yang paling indah, paling banyak disukai orang-orang, juga banyak disukai fotografer sehingga banyak komunitas fotografi bunga di Indonesia yang bermunculan di sosial media seperti Facebook. Karena fotografi bunga adalah salah satu jenis fotografi favorit , Sobat tidak akan sulit untuk mempelajarinya, Sobat tinggal gabung di komunitas fotografi bunga tersebut dan belajar bersama mereka.

Pink and Bokeh

“Pink and Bokeh” (F/4.0 ISO:320 1/1000) oleh Milana Ryan

Jika dilingkungan Sobat tidak menemukan bunga yang bagus, atau Sobat tidak memiliki kebun sendiri, mulai sekarang cobalah menanam bunga dalam pot atau membuat taman kecil, selain sebagai hiasan rumah juga menjadi taman eksperimen fotografi bunga. Read the rest of this entry

Membuat Montase Dengan Cepat

Prewedding Puji & Anggit @2014

Prewedding Puji & Anggit @2014

Membuat foto montase sebetulnya sangat mudah jika kita sudah menguasai Photoshop. Jadi dasarnya adalah Sobat harus menguasai dulu photoshop, minimal Sobat mengenal tool, layer, effect, masking, channel, dll.

Tutorial kali ini, WM akan coba menggabungkan 6 foto kedalam satu frame. WM terlebih dahulu membuat konsep ketika prewedding berjalan, thanks to Puji & Anggit yang sudah mau diajak bekerjasama untuk membuat konsep ini.

Sobat memerlukan tripod supaya posisi kamera tidak berubah dan sebelum memotret subjek cobalah beberapa kali untuk mendapatkan settingan yang tepat pada kamera.

Untuk menggabungkan ke 6 foto diatas, WM menggunakan photoshop CS3. Caranya: Read the rest of this entry

Hunting KP-BS: We Move Forward

KP-BS mengajak anda semua untuk ikut berpartisipasi di acara hunting amal dalam rangka penggalangan dana untuk pembuatan kantor sekretariat Komunitas Photographer Bandung Selatan yang berlokasi di Miko Mall Kopo.

kegiatan hunting akan di laksanakan pada:


hari : minggu 14 Desember 2014
waktu : 10.00 – selesai

demikian pemberitahuan ini kami buat dengan harapan kawan-kawan semua bisa menghadirinya.

terimakasih.

Cp. Yosa Fiandra 0878 2226 5554
Lilo Armadilo 0813 9451 4747

WORKSHOP KP-BS: Soft Lighting dan Hard lighting

Bandung, Minggu (23/11/2014)- Komunitas Photographer Bandung Selatan kembali mengadakan workshop, yang kali ini mengambil tema Soft Lighting dan Hard Lighting di MikoMall Kopo yang materinya dibawakan oleh Om Irwan K Tanusondjadja (VISICO) seorang fotografer profesional dari Bandung yang sudah malang melintang di dunia lighting photography.

Tema yang dibahas kali ini sangat menarik, karena lighting atau pencahayaan dalam fotografi sangat penting sekali untuk mendapatkan foto yang baik, itu dilihat dari antusiasme peserta yang hadir betul-betul serius memperhatikan bagaimana Om Irwan langsung mempraktekan teknik soft lighting dan hard lighting ini. Read the rest of this entry

DAPAT ORDER SANGKURIANG ALIAS JOB MENDADAK DAN HARUS CEPAT

Pernahkah Sobat sedang asik bersantai tiba-tiba ada telepon dari Klien Sobat yang membutuhkan jasa Sobat tapi waktunya sangat mepet tetapi dia berani membayar Sobat berapapun asal Sobat mau?. Yup itulah yang WM alami beberpa hari kemarin dan ini menjadi bahan share untuk teman-teman semua yang mengalaminya.

Ketika WM sedang bersantai dengan keluarga tiba-tiba handphone berdering, saat itu pula WM angkat telepon tersebut dan ternyata calon Klien yang menelepon. Siapa yang tidak senang dapat calon klien padahal lagi liburan? hehe…. Namun ternyata apa yang di inginkan calon Klien tersebut diluar dugaan, dia meminta WM untuk mengerjakan foto clip plus membuat album foto dalam tempo dua hari harus beres… hadoooh!!

Disaat kebingungan seperti itu kita harus dapat menguasai diri, karena order yang mendadak sudah pasti harus mendadak juga kita hitung dan perhitungkan. WM meminta waktu beberapa menit untuk menghitung berapa biaya membuat foto clip dan album foto plus karena ini adalah order ngebut maka harus ada biaya ekstra :D . Yang harus diperhitungkan juga adalah estimasi waktu yang akan WM lalui dimulai ketika WM bertemu dengan klien hingga lama pengerjaan order yang akan WM kerjakan.

Setelah dapat harga, Akhrinya WM telepon balik Klien tersebut untuk menawarkan harga untuk order tersebut, dan jangan lupa walaupun klien tersebut posisinya sedang terjepit kita tidak boleh memaksa klien untuk menyetujui harga yang kita tawarkan, jika klien merasa terpaksa menggunakan jasa kita karena tidak ada pilihan lain, maka nantinya jika hasil pengerjaan kita ternyata tidak sesuai dengan harapan Klien maka ini bisa menjadi masalah besar. WM tetap membuka peluang penawaran jika Klien merasa harganya terlalu mahal.

OK!, ini kira-kira ini cerita yang WM lalui selama dua hari. Read the rest of this entry

Proses Membuat Design Kolase Untuk Album Magazine

Sebelumnya WM pernah membahas Bagaimana Proses Membuat Album Magazine?. Kali ini WM akan bahas bagaimana proses membuat design kolase untuk album magazine. Kira-kira apa saja yang pertama harus Sobat lakukan jika akan membuat design kolase untuk album magazine?

  • Yang pertama tentu saja Software pengolahan foto; sebetulnya banyak software pengolahan foto yang bisa Sobat gunakan, kalau WM sih menggunakan Adobe Photoshop, karena Photoshop ini memang sudah banyak digunakan oleh para editing foto mulai dari yang masih belajar sampai professional. Agar Sobat mahir menggunakan Photoshop, sering-seringlah mencari tutorial di web. Semakin Sobat sering belajar, maka WM yakin Sobat akan semakin mahir dalam menggunakan photoshop
  • Yang kedua adalah pemilihan foto; seperti yang pernah WM bahas sebelumnya dalam Proses Membuat Album Magazine, bahwa file foto untuk album magazine bisa ratusan bahkan ribuan, nah! Tugas Sobat adalah memilah foto-foto tersebut agar bisa disesuaikan dengan layout album magazine yang akan Sobat gunakan.
  • Yang ketiga adalah Layout untuk album magazine (baca: Cara Membuat Album Magazine); berapa ukuran album yang akan Sobat cetak? apakah uk. 20×25, 20×30, 25×30, 30×30 atau 30×40. Lalu posisi album yang akan Sobat buat? Apakah portrait (berdiri) atau landscape (memanjang). Sobat bisa menggunakan fitur Action di Photoshop untuk menyimpan layout Album Magazine yang sudah Sobat buat.
  • Selanjutnya adalah Ornament; Sobat memerlukan banyak sekali ornament untuk mempercantik design album magazine yang Sobat buat, Sobat bisa mencari ornament gratis atau yang berbayar di internet. Ornament sebaiknya tidak berformat JPG tetapi carilah yang memiliki format *.psd, *.ai, *.cdr, *.tiff, *.png. karena format JPG gambar antara ornament dan background tidak dapat dipisahkan.
  • Yang terakhir adalah font; font juga adalah bagian dalam membuat kolase, font berfungsi untuk mempercantik tulisan dalam album magazine agar terlihat lebih menarik, dengan banyak memiliki referensi font maka Sobat bebas berekspresi untuk membuat design album kolase.

Agar Sobat lebih mudah untuk membuat album kolase, Sobat harus banyak melihat referensi kolase di internet. Lihatlah bagaimana mereka dapat mengatur posisi foto-foto agar terlihat cantik. Semakin Sobat memiliki banyak referensi, WM yakin Sobat akan semakin mahir.

Selamat mencoba.

Hunting Amal: “Pray For Pangalengan”

Longsor Pangalengan, Siapa yang tidak mendengar berita duka ini? longsor yang menyebabkan pula meledaknya Pipa Gas PT. Geothermal Star Energy dan memakan puluhan korban jiwa, bahkan ada beberapa korban yang masih belum di temukan karena tertimbun longsor.

Longsor yang terjadi di Kampung Cibitung, Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Kab. Bandung, Jawa Barat berada di sebelah Selatan Kota Bandung, dan ini merupakan basis KP-BS (Komunitas Photographer Bandung Selatan). Banyak saudara-saudara kita juga yang menjadi korban disana.

Untuk membantu Saudara-saudara kita yang terkena musibah tersebut, maka Komunitas Photographer Bandung Selatan mengajak Sobat-sobat untuk hadir di Hunting Amal yang akan diselenggarakan pada:

Hari, tanggal  : Sabtu, 09 Mei 2015

Pukul  : 08.00 WIB

Tempat: Gedung Budaya Kabupaten Bandung di Soreang.

Sobat-sobat diharapkan bisa memberikan sumbangan baik berupa uang, sembako ataupun pakaian yang masih layak pakai, yang selanjutnya pengkoordinir dari Komunitas Photographer Bandung Selatan akan menyerahkan sumbangan Sobat tersebut kepada korban bencana longsor ini.

Mari kita do’akan semoga Saudara-saudara kita yang terkena musibah ini diberikan kesabaran dan ketabahan, semoga Saudara-saudara kita yang saat ini sedang kritis di Rumah Sakit segera diberikan kesehatan seperti sedia kala, dan Sahabat-sahabat kita yang meninggal dunia dilapangkan di Alam Kuburnya dan Amal Ibadahnya diterima Allah SWT. Amiin!

TUTORIAL: Light Painting Photography

Fotografi adalah cara Sobat untuk menjadi kreatif. Apakah itu dengan mengambil foto pemandangan atau memotret sesuatu yang real bahkan sesuatu yang abstrak. Namun ada satu Teknik lain yang tak kalah menyenangkan dari fotografi ini. Teknik itu adalah light painting atau lukisan cahaya. Inti dari lukisan cahaya, seperti yang mungkin Sobat pikirkan yaitu melukis dengan cahaya :D. Artikel ini akan memberitahu Sobat cara kerjanya, seperti apa itu lukisan cahaya?, dan bagaimana Sobat dapat mencobanya sendiri.

"Friedrich Shiller" -oleh Aaron Bauer

“Friedrich Shiller” -oleh Aaron Bauer

Bagaimana caranya melukis cahaya? Pertama kita harus mengetahui bagaimana kamera Sobat bekerja dan bagaimana pencahayaan bekerja.

kamera berfungsi menangkap cahaya yang dipantulkan dari permukaan yang berbeda di sekitar. Jika ada banyak cahaya, kamera tidak akan memiliki kesulitan menangkapnya. Jika tidak ada cahaya atau sedikit cahaya, maka kamera membutuhkan waktu lebih lama untuk mengumpulkan semua informasi untuk membuat foto yang bagus. Kamera mengkompensasi kurangnya cahaya dengan menggunakan shutter speed yang lebih panjang.

Jadi, bagaimana ini berlaku untuk lukisan cahaya? Ketika Sobat melukis dengan lampu, Sobat menggunakan fakta bahwa lingkungan di sekitar Sobat memiliki sedikit cahaya dan menggunakan sumber cahaya dari lampu yang Sobat pegang. Read the rest of this entry

Lomba Foto: Sejuta Photography di TRANS studio Bandung

New Event By Trans Studio Bandung Event

Bagi Yang ingin mengasah kemampuan dalam berfoto untuk para Photographer ada Lomba foto + fun with Family and friends.Plus hunting top 15 Models, Dapat kan tiket nya di Garasi Studio By B Photoworks – Bayu Anggono

Just Call or WA 087788248039 , BBM 7E7B8D70

Get Special Price before 25 March 2015 Purchase
Included Meals , Bermain Wahana Sepuasnya dari jam 09.00 – Closing & Nonton pertunjukan langsung Artis National.

This event for 1 Mei 2015.
Get it only Rp. 170.000,- before 25 march 2015
Regular Rp. 270.000,-

By B Photoworks – Bayu Anggono

Flash Off Lighting Dalam Fotografi

Jika Sobat senang melanggar dunia pencahayaan dalam fotografi, Sobat mungkin bisa menyisihkan beberapa menit untuk melihat video seminar baru Erik Valind mengenai Flash Off Lighting. Sebetulnya seminar ini khusus untuk pemula, namun banyak tips yang penting dan berguna untuk Sobat-sobat yang sudah ahli dalam fotografi. Valind menggunakan model untuk contoh pemotretan, ini benar-benar seminar yang menarik. Tonton videonya :

berikut beberapa higlight yang WM dapat simpulkan dari video seminar Valind diatas:

  • Jangan fokus pada cahaya dan lupakan bayangan, atau sebaliknya. Lihat saja bagaimana highlight dan shadow bekerja sama untuk menciptakan drama dan coba untuk memotretnya.
  • Tahu bagaimana menciptakan cahaya lembut. Semakin besar sumber cahaya dan semakin dekat kepada subjek, akan menciptakan cahaya lembut.
  • Mode Manual. Gunakani mode manual untuk memberikan kontrol penuh pada kamera Sobat.
  • kontrol cahaya ISO global, shutter speed mengontro lcahaya ambient, dan kontrolaperture untuk flash power.
  • Kamera dipasangi flash off. Coba pantulkan cahaya dari dinding atau langit-langit dan hindari mengarahkan langsung ke wajah subjek. Sebagian besar flash off dapat diputar keatas atau ke bawah, gunakan fitur ini untuk memutarnya sesuai kebutuhan.
  • 2 aksesoris penting: 60″ payung reversibel dan 4-in-1 reflektor kit. Gunakan payung besar karena jika dibutuhkan, mudah untuk membuatnya menjadi kecil, karena payung kecil tidak mungkin untuk membuatnya lebih besar :D.

Peniup Terompet dari Manchester United

Peniup Terompet MU

Foto ini WM ambil pada saat memotret resepsi wedding di Pagaden-Subang. Subjek adalah seorang peniup trompet sisingaan/singa depok, Sisingaan menjadi ciri khas pada acara-acara besar di Subang seperti pernikahan, khitanan atau acara intansi.

Yang menjadi unik untuk peniup terompet yang satu ini adalah, dia menggunakan baju dengan logo “Manchester United” seolah-olah grup dari sisingaan ini adalah Manchester United (MU) hehe… saya awalnya juga senyum-senyum sendiri.

Bukan bermaksud menghina klub bola yang besar ini, namun justru WM merasa si Peniup Terompet ini adalah fans beratnya MU, Sampai-sampai dia membawa almamater MU untuk kegiatan sehari-harinya :D. Namun inilah khasnya Indonesia, Sobat bisa menemukan orang yang memakai atribut liga-liga nasional sampai internasional dimana saja, dari mall sampai pesawahan. Bahkan,  jika Sobat sering main-main ke kampung banyak sekali warga yang tidak pernah menjadikan mode itu sebagai beban, mereka memakai pakaian hanya untuk menutupi tubuhnya tidak terpikirkan sama sekali mode.

Foto diambil menggunakan Canon EOS 550D lensa 18-55mm dengan settingan f/1.5, speed 1/80 sec., ISO-200 Focal Length 50mm, dan metering mode: spot. Sebetulnya foto ini berwarna, namun WM ubah menjadi monochrome  agar terlihat lebih dramatis.