BLOG

Featured

WM Blog Untuk Fotografer & Designer Foto

backup_of_logo-wm-2016_2

Hai Sob..

Untuk Sobat-sobat yang ingin artikelnya ditulis di blog WeddingkuMagazine silahkan kirim email ke weddingkumagazine@yahoo.com atau weddingkumagazine0@gmail.

Artikel bisa berupa review, cerita seru saat hunting, gambar (dengan deksripsi lengkap), projek yang sedang Sobat kerjakan, atau apapun asal masih berhubungan dengan dunia Fotografi & Design Foto.

Sobat punya usaha fotografi? Silahkan promosikan usaha Sobat di blog ini, jangan sungkan dan jangan ragu , blog ini WM dedikasikan untuk Sobat-sobat yang senang dengan dunia fotografi atau design foto.

Artikel yang Sobat kirim harus berformat *.doc/*.docx supaya team WM mudah untuk melakukan penyuntingan.

Ditunggu artikelnya ya….

Salam jepret!

 

Sovian Choeruman

Admin Weddingkumagazine

Iklan
Featured

Bagaimana Proses Membuat Album Magazine?

Magazine Album

Album Magazine atau Album kolase memang saat ini sedang trend untuk album wedding/prewedding atau fotografi dokumentasi lainnya, walaupun ada beberapa klien juga sich yang masih meminta foto roll (32-35 foto/ roll) karena untuk paket album magazine harganya lebih mahal :D.

Selain cukup mahal, jika Sobat ada rencana untuk membuat Album Magazine untuk klien Sobat, ada beberapa proses yang harus Sobat ketahui, apa saja proses membuat Album Magazine?

  • Saat memotret: jika Sobat berencana ingin membuat album magazine maka saat memotret adalah hal yang menentukan bagaimana supaya hasil jepretan Sobat nantinya menarik saat dimasukan ke album kolase. Ada istilah “insert” dalam pemotretan untuk album magazine, insert ini sebetulnya di istilahkan untuk foto yang berhubungan langsung ataupun tidak langsung dengan subyek. Misalkan dalam pemotretan wedding, Sobat bisa mencari hal-hal yang berhubungan dengan pernikahan seperti cincin pernikahan, pelaminan, kue, makanan, dll.
  • Saat Memilah file: jangan heran ya Sob, jika hasil jepretan Sobat rencananya mau dibuat album magazine, maka Sobat harus membuat lebih banyak jepretan saat memotret. Bahkan ada beberapa fotografer yang senang menggunakan settingan continues/brust pada kamera. Hasilnya bisa ribuan file foto yang nantinya harus Sobat pilih dan pilah menjadi ratusan atau bahkan kurang :D. bagaimana cara memilah file-file tersebut dengan cepat? Nanti WM bahas di artikel selanjutnya.
  • Proses editing/design: Proses ini juga memakan waktu yang cukup lama lho Sob! Apalagi jika Sobat belum mahir menggunakan photoshop karena kalau WM hamper 90% proses editing menggunakan photoshop, wah bisa berabe..hehe!. Tapi saat ini ada software yang bisa membuat foto kolase secara otomatis dari yang gratis hingga yang berbayar. Salah satu software pembuat foto kolase yang gratis yaitu Picasa, coba ulik sendiri lah bagaimana caranya :D.
  • Proses Pencetakan: ini bisa dibilang proses finishing atau proses paling akhir, bagaimana akhirnya hasil editan Sobat di cetak menjadi album magazine. Jika Sobat belum mempunya percetakan sendiri, ini artinya Sobat harus menyiapkan budget untuk mencetak album magazine. Dan Sobat bisa mencari percetakan album magazine di web atau blog. Atau sobat boleh menggunakan jasa WM untuk Mencetak Album Magazine hingga selesai (ups….jadi promosi :D)

Ya mungkin proses membuat album magazine yang WM tahu sih cuman seperti itu, jika Sobat mau menambahkan silahkan isi di komentar.

Semoga bermanfaat :).

TIPS KREATIF UNTUK MEMBUAT FOTO POTRAIT YANG MENARIK

 Hampir semua orang menyukai gambaran bagus tentang dirinya sendiri dalam sebuah potrait. Dalam dunia modern yang semakin visual, memiliki keahlian kreatif sangat penting untuk mendapatkan foto potrait agar lain daripada yang lain.

Setiap portrait tentu saja memiliki versi tersendiri tergantung kebutuhan foto portrait itu, itulah kenapa foto portrait Sobat untuk melamar pekerjaan akan berbeda dengan foto portrait yang Sobat buat untuk profil di media social seperti Twitter atau Instagram.

Jika Sobat adalah orang yang senang bereksplorasi dengan foto portrait sendiri, mungkin tips di bawah ini akan membantu Sobat untuk mendapatkan foto portrait yang menarik.

PORTRAIT UNTUK MEDIA SOSIAL

Menggunakan media sosial memang menyenangkan, kita terkadang lupa waktu kalau sudah main-main dengan aplikasi ini. Jangan takut untuk mencoba membuat foto profil yang menarik dan menunjukan keahlian Sobat. Bermain dengan persfektif seringkali membuat gambar menjadi lebih menarik.

Dengan aperture (bukaan) maksimal pada kamera, Sobat bisa mengaburkan elemen background (bokeh) dan memfokuskan lensa pada diri Sobat. Untuk membuat portrait yang lebih bagus, pastikan background, pakaian dan aksesoris lainnya tidak berbenturan satu sama lain.

 FP1

 

PORTRAIT UNTUK LAMARAN PEKERJAAN

Tentu saja, Sobat ingin menggambarkan versi paling professional dari diri Sobat  sendiri saat memotret untuk keperluan lamaran pekerjaan. Memilih pencahayaan dasar dan background yang polos atau sederhana, Sobat bisa melakukan beberapa kali percobaan hingga mendapatkan portrait yang di inginkan.

Tidak perlu kaku seperti yang sering kita lihat untuk foto-foto ijazah atau SIM, Sobat bisa sedikit mengekspresikan diri Sobat tapi tidak berlebihan. Pikirkan juga bagaimana warna, tone dan pencahayaan dalam gambar sehingga bisa membangkitkan suasana hati dan aura positif dari calon Bos sobat .

FP2

 

POTRAIT KRETIF UNTUK HADIAH

 Beberapa hal menyimpan nilai sentimental pada sebuah foto. Untuk itu, foto bisa dijadikan hadiah yang sangat menarik. Hal terpenting yang perlu dipertimbangkan saat akan membuat hadiah foto adalah banyaknya kemungkinan yang ada. Berpikirlah di luar mainstream selain foto dengan bingkai, misalnya Sobat bisa membuat bookmark, kartu hadiah atau yang lainnya.

Karena banyak cara untuk memberi hadiah dari sebuah foto, buatlah adegan dan eksprerimen yang direncanakan secara terperinci. Cobalah elemen atau teknik yang mungkin tidak biasa Sobat gabungkan dalam potret. Bokeh, lukisan cahaya atau pantulan gambar adalah beberapa hal yang dapat dikembangkan.

FP3

Selamat bereksperimen ya Sob, kalau sudah berhasil kasih tahu saya link fotonya di komentar 🙂

 

Baca Juga:

 

 

 

 

 

 

Bagaimana Cara Menjadi Photojournalist?

Memiliki akses khusus ke beberapa acara politik atau budaya yang sedang trend di Negara kita merupakan hal yang istimewa, karena tidak semua fotografer dapat melakukannya, itulah pekerjaan fotografer wartawan atau lebih dikenal dengan Photojournalist. Merekalah yang biasa mendokumentasikan saat-saat moment bersejarah. Jadi bagaimana fotografer baru bisa masuk pada acara eklusif itu dan bagaimana rasanya?

Gino Santa Maria, seorang photojournalist veteran yang telah bekerja di dalam demonstrasi politik, demonstrasi besar lebih dari satu dekade membagikan tips dan ceritanya mengenai profesinya seperti dilansir Picturecorrect.com

  FJ1

BAGAIMANA MEREKA YANG TERTARIK DALAM FOTOJOURNALISME DAPAT MEMULAI? ADA SARAN?

Sebagai permulaan, hadirilah acara politik dan budaya lalu mulailah mengambil gambar editorial atau video dari acara tersebut. Kemudian kirimkan hasilnya ke organisasi jurnalistik ternama lalu jadilah anggotanya. Saya tergabung dalam National Press Photographers Association (NPPA). Entitas ini untuk melindungi hak hukum Anda sebagai jurnalis, akan berkontribusi pada pendidikan Anda, dan memberikan informasi yang tak ternilai di bidang Anda. Bagian kita adalah mematuhi standard integritas jurnalistik yang tinggi dan harus tetap menjadi anggota sehingga memiliki reputasi baik dengan organisasi-organisasi ini.

Begitu Anda mendapatkan mandat untuk menjadi Press Photographer, pintu akan terbuka untuk Anda dan memberi Anda akses pada acara yang berbeda-beda. Namun perlu dicatat, bahwa hanya karena Anda memiliki kredensial media tidak berarti Anda memiliki akses gratis ke acara politik, sosial, atau olahraga. Sebagian besar acara mengharuskan Anda mendapatkan kepercayaan untuk acara tertentu. Anda harus memberikan informasi tentang diri Anda, tunjukan kredensial media regular Anda, outlet media yang Anda wakili dan dapatkan keamanan saat memasuki acara.

APA YANG MEMBEDAKAN PHOTOJOURNALIS DENGAN JENIS FOTOGRAFI LAN?

Keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi fotografer jurnalis berbeda daripada jenis fotografi lainnya. Terkadang, Anda bisa menggunakan lampu flash, namun karena media riser biasanya berjarak beberapa ratus kaki dari area panggung, biasanya hanya menggunakan lampu/cahaya yang ada untuk digunakan.

FJ2

Seorang photojournalist juga harus ingat bahwa salah satu alasan Anda berada disana adalah untuk menceritakan kegiatan. Keluarkan kreatifitas Anda dengan jepretan yang berbeda-beda untuk menjawab komunikasi empat “Ws”: What (apa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa). Gunakan keterangan deskriptif yang membantu pertanyaan tersebut.

Pastikan Anda melaporkan apa yang Anda lihat. Jangan tampilkan apapun melalui kaca pandangan politik atau pribadi Anda. Buatlah untuk Cover Story jangan menafsirkannya.

APAKAH ANDA MEMILIKI SARAN UNTUK JENIS KAMERA / PERALATAN YANG BAIK UNTUK PHOTOJOURNALIST YANG HARUS DIMILIKI? ALAT ATAU PERANGKAT LUNAK LAINNYA?

Untuk memotret dengan hasil yang berkualitas, peralatan yang baik sangat penting. Saya biasanya menggunakan dua kamera: A Nikon D4 dengan lensa 24-70mm f/2.8G AF-S dan Nikon D5 dengan lensa Zoom 70-200mm F-2.8G ED-IF AF-S VR. selain itu, saya memiliki sabuk pengaman yang mudah digunakan dan menyimpan lensa Zoom VR 200-200 f/2.8G ED-IF AF-S VR.

FJ3

Untuk fotografi semacam ini (Photojournalist), Photoshop sangat sedikit digunakan. Pekerjaan editorial tidak dapat diedit atau diubah dengan cara apa pun. Mungkin hanya mengkoreksi sedikit tingkat warna dan kecerahan, tidak lebih. Anda tidak boleh mengkloning, mengubah, atau bahkan memotong gambar. Jika Anda melakukannya Anda beresiko kehilangan kredensial dan reputasi Anda di industri ini.

DARI SEMUA PERISTIWA POLITIK YANG PERNAH ANDA POTRET, APA SAJA YANG PALING MEMBUAT ANDA BERKESAN?

Ketika saya pertama kali memotret acara sebagai anggota media, saya benar-benar tidak tahu apa yang harus saya lakukan. Saya ingat saat tiba di lokasi demonstrasi kekerasan dan mendekati sebuah gedung yang terbakar dan dikelilingi oleh pita polisi kuning dengan peringatan “Police – Do not Enter.” Di sisi lain pita polisi itu ada hampir semua media yang sedang melakukan siaran langsung. Dengan kartu pengenal press yang disematkan di dada, saya bertanya kepada seorang perwira polisi yang sedang memegang tali anjing gembala Jerman yang terbesar yang pernah saya lihat, apakah tidak apa-apa jika saya melintasi pita kuning itu?. Dia melihat kredensial media saya lalu menatap saya dan berkata: “Duh, Anda dari media, bukan?”

Sejak saat itu, saya tumbuh lebih percaya diri dan efisien dalam meliput sebuh kejadian, dan jika saya tidak mengetahui sesuatu, saya bertanya kepada salah satu fotografer sesama saya dan mereka hampir selalu bersedia membantu dan memberikan panduan.

FJ4

APAKAH ADA KATA-KATA BIJAKSANA TERAKHIR?

Menjadi seorang fotografer jurnalistik yang kreatif bukan untuk menjadikan Anda lemah hati. Jika Anda bersemangat dengan apa yang Anda lakukan, maka semua akan terasa seperti liburan dan mimpi yang menjadi kenyataan. Jangan berhenti belajar. Cobalah berbagai hal, ketahuilah peralatan Anda. Ikuti gairah Anda.

Tentang Penulis

Gino Santa Maria adalah photojournalist professional dan fotografer untuk Dreamtimes

Lomba Foto & Instagram Di Ulang Tahun Kabupaten Bandung Ke-377

DALAM RANGKA MEMPERINGATI HUT KAB. BANDUNG KE 377
DISPARBUD Mempersembahkan

“FESTIVAL LUMPUR SITU SIPATAHUNAN 2018”

  • Festival Galengan; Semi Helaran – Melak Lauk – Melak Pare – Silat Leutak – Benjang Leutak – Ngagogo Lauk
  • Pertunjukan Seni Tradisional; Calung – Reog – Jaipongan – Karinding Hip hop – Cepot Ngeband
  • Lomba Domba Hias
  • Kaulinan Budak Lembur
  • Jajanan Tradisional; Makanan Tradisional Khas Tempo Dulu
  • Lomba Fotografi; Mengambil gambar keindahan Situ Sipatahunan melalui bidikan lensa kamera profesional
  • Lomba Foto Instagram; Pengunjung mengunggah foto kegiatan melalui akun Instagram

Acara akan dilaksanakan pada tanggal 25 April 2018 di Situ Sipatahunan, Jl. Situ Sipatahunan-Baleendah Kab. Bandung – Jawa Barat.

Baca juga:

Milad Komunitas Photographer Bandung Selatan ke-3 di Situ Sipatahunan

 

Kalender Duduk Custom 2018

Hali Sob, sebentar lagi tahun baru 2018. Ayo kita bikin kalender duduk custom lagi yuk!, foto2nya bisa pakai foto-foto Sobat, foto jalan-jalan tahun 2017 kemarin, foto-foto wedding atau  kenangan sama mantan pacar hehe…..

Selain itu Sobat bisa kasih tanda ulang tahun juga atau hari-hari spesial lainnya.

Kalender duduk custom 2018 juga bisa Sobat jadikan hadiah untuk pasangan, keluarga, sahabat bahkan untuk hadiah tahunan perusahaan Sobat.

Harga 1 : 30rb

Harga 10-100 : 24.500

Harga > 100 : 19.500
Ket :

– 1 sheet isi 6 halaman 

– 1 halaman maksimal 4 Foto

– 1 halaman isi 2 bulan
Fast Respon Via Whatsapp: 0815 6333 6720

Prewedding Yanyan & Wulan

Prewedding Yanyan & Wulan Kebun Teh Ciwidey
Prewedding Yanyan & Wulan Kebun Teh Ciwidey
Pre wedding ciwidey
Prewedding Yanyan & Wulan di Jembatan Kereta Api Pasir Jambu
Prewedding Yanyan & Wulan | Barusen Hills
Prewedding Yanyan & Wulan | Barusen Hills
Prewedding Yanyan & Wulan | Barusen Hills
Prewedding Yanyan & Wulan | Barusen Hills
Prewedding Yanyan & Wulan | Barusen Hills
Prewedding Yanyan & Wulan | Barusen Hills
Prewedding Yanyan & Wulan | Barusen Hills
Prewedding Yanyan & Wulan | Barusen Hills
Prewedding Yanyan & Wulan | Barusen Hills
Prewedding Yanyan & Wulan | Barusen Hills
Prewedding Yanyan & Wulan | Barusen Hills
Prewedding Yanyan & Wulan | Barusen Hills
Prewedding Yanyan & Wulan | Barusen Hills
Prewedding Yanyan & Wulan | Barusen Hills
Prewedding Yanyan & Wulan | Barusen Hills
Prewedding Yanyan & Wulan | Barusen Hills
Prewedding Yanyan & Wulan | Barusen Hills
Prewedding Yanyan & Wulan | Barusen Hills

Makeup & Kostum : Kurnia Salon

Fotografer: weddingkumagazine crew

Cek ig: @sovian_wm

Whatsapp: 081563336720

Pre Wedding di Kota Bandung (Irma & Yoga)

Halo Sob, pak kabar hari ini? Semoga kalian semua sehat ya, walaupun di Bandung sekarang lagi musim ujan, jangan patah semangat untuk berkarya menghasilkan jepretan yang terbaik.

Kalo kalian urang Bandung, pasti gak aneh lah jeprat-jepret di seputaran kota Bandung, tapi buat orang luar kota, berfoto ria di Bandung akan jadi memiliki kesan yang lain.

Begitu juga dengan klien saya yang satu ini, namanya Irma & Yoga mereka berdua berasal dari Jakarta dan mereka mencintai kota Bandung, sampe-sampe pingin prewedd di Bandung 😀

Ini bener-bener di Kota Bandung lho, bukan di tempat wisata seperti umumnya, dan tempat yang mereka pilih juga merupakan tempat yang riuh dan ramai seperti Alaun-Alun Bandung, Jl.Asia-Afrika, Pemkot, dll.

Prewedding Yoga & Irma di Alun-alun Bandung
Prewedding Yoga & Irma di Alun-alun Bandung

Memotret di tempat umum bukannya sulit, tapi memerlukan nyali dari pasangan artinya harus punya kulit muka setebal kulit badak dan Pasangan ini mempunyainya hehe.., Allhamdulillah mereka punya nyali dan berani di potret di tempat terbuka.

Prewedding Yoga & Irma di Alun-alun Bandung
Prewedding Yoga & Irma di Alun-alun Bandung

Konsep pertama adalah konsep bride & groom indoor, kita ambil pemotretan di dalam kamar hotel di salah satu hotel di Kota Bandung (maaf nama hotelnya gk bisa disebutkan), karena hotel mempunyai design interior yg OK maka sangat sayang kalau dilewatkan.

Prewedding Irma & Yoga di Alun-alun Bandung
Prewedding Irma & Yoga Indoor

Setelah itu pasangan kita bawa ke Alun-Alun Bandung, matahari sudah mulai tinggi tapi kita harus mengejar sebelum sore karena sekarang lagi musim hujan, dan menurut PMKG hari itu Bandung akan diguyur hujan lebat.
Kondisi matahari tinggi memang kurang bersahabat dalam pemotretan outdoor karena bayangan pada muka sudah mulai tajam, dan mata pasangan juga agak mengkerut karena menahan silau. Namun kita sebagai fotografer tertantang untuk kreatif dan menutupi kekurangan tersebut.

Prewedding Yoga & Irma di Alun-alun Bandung
Prewedding Yoga & Irma di Alun-alun Bandung

Setelah dari Alun-Alun Bandung karena pasangan masih mau pake gaun jadinya kita jalan-jalan di Jl.Asia-Afrika, cari spot yg bagus. Yang penting mereka tidak lelah kita mah senang aja.

Prewedding Yoga & Irma di Jl.Asia-Afrika Bandung
Prewedding Yoga & Irma di Jl.Asia-Afrika Bandung

Konsep Bride & Groom selesai, tinggal konsep couple. Kita mulai ambil di halaman Pemkot Bandung sambil diliatin para satpam dan satpol PP kita mah cuek aja lha wong klien saya juga pada cuek bebek… Hahaha…

Prewedding Irma & Yoga  di Pemkot Bandung
Prewedding Irma & Yoga di Pemkot Bandung

Setelah itu kita ambil pemotretan prewedding di Taman Pemkot dan kembali ke Alun-Alun lagi untuk mengambil pemotretan di Lapangan Mesjid Agung Bandung (Bale Nyungcung) karena awan sudah mulai menutupi langit dan kesempatan ini kita ambil sebagai reflektor alam sebelum hujan turun.

Prewedding Yoga & Irma  di Alun-Alun Bandung
Prewedding Yoga & Irma di Alun-Alun Bandung

Selesai dari Alun-Alun Bandung, kita kembali ke hotel, tinggal pemotretan indoor terakhir dengan konsep perawat, namun sebelumnya kita makan siang dulu karena laper dari pagi belum bertemu dengan nasi.
Konsep Perawat ini diambil berhubung karena Irma bekerja sebagai perawat di RSUD di Jakarta (lupa lagi nama RS-nya)…

Tak terasa 8 jam kita melakukan pemotretan Pre Wedding dari pagi sampe sore, dan yang ditunggu-tunggu akhirnya turun juga.

“Yang hujan turun lagi, di bawah payung hitam ku berlindung…”

Kenapa hujan saya tunggu-tunggu, karena hujan adalah rejeki dari Allah dan saya pun menyambut rejeki tersebut, semoga berkah.

Tips untuk Sobat-sobat yang mau melakukan pemotretan di Kota Bandung, cek dulu perkiraan cuaca, persiapkan gear dengan maksimal, bawa juga flash shoe with trigger dan reflektor, jangan lupa memory tambahan atau memory cadangan di persiapkan, bawa kamera cadangan juga (opsional), bawa laptop (opsional), siapkan mental dan jangan lupa sarapan.

Untuk aksesories Sobat bisa bicarakan sebelumnya dengan klien, alangkah lebih baiknya kalau Sobat juga punya aksesories pre wedding supaya dapat digunakan di prewedding selanjutnya.

Dan buat kalian para pasangan yang mau prewedding di Kota Bandung, jangan lupa kalau Bandung itu kadang-kadang cuacanya tidak dapat di prediksi, jadi siap-siap aja konsep cadangan kalau Bandung tiba-tiba di guyur hujan. Prewedding di Jalanan kota Bandung cocok untuk kalian yang senang tantangan dan yang pasti kalian tidak perlu bayar izin lokasi alias GRATIS!.

Itu dia cerita Prewedding di Kota Bandung  (Irma & Yoga) Semoga bermanfaat, salam jepret!

LokasiLokasi Pre Wedding Tadinya Gratis Sekarang Berbayar

Pre Wedding hari ini sepertinya sudah jadi pakem untuk “Pasangan jaman now“, kalau tidak Pre Wedding rasanya kurang gimana gitu! Apalagi perlu buat foto pajangan nanti pas hari pernikahan.

Prewedding Bandung Lembang
Fauzan & Yulia – D’Ranch Lembang

Sebelum tahun 2010-an banyak sekali tempat Pre Wedding yang murah bahkan gratis, walaupun ada beberapa tempat yang memang sudah memasang tarif izin prewedding.

Kebanyakan prewedding saat itu dilakukan oleh pasangan yang dokunya tebal, jadi izin prewedd berapapun tinggal bayar, gak pake cingcay, gak pake lebay 🙂

Tapi sekarang semua pasangan bisa melakukan pre wedding karena boleh di bilang pemotretan pre wedding sekarang cukup murah.

Semenjak banyaknya pasangan yang melaksanakan pre wedding di tempat wisata, maka semakin rame tempat wisata itu dipake prewedding jadinya mereka lambat laun memasang tarif untuk izin prewedding di sana.

Saya sudah beberapa kali melakukan pemotretan pre wedding di satu tempat dengan GRATIS, tpi setelah kesana lagi ternyata sekarang sudah tidak gratis lagi alias harus bayar. 

Prewedding Bandung Gambung Ciwidey
Rio & Fanny – Barusen Hills Gambung

Kalau kita sudah terlanjur bilang ke klien izin Preweddnya gratis, terus kita harus gimana?

Disini Sobat harus bicarakan secara baik-baik dengan klien, berikan dia pengertian bahwa sebetulnya di tempat itu dulunya gratis tetapi sekarang harus bayar. Lalu berikan opsi pada klien, apakah akan terus melakukan pemotretan di sana atau pindah ke tempat lain yang mungkin masih gratis.

Pemotretan Pre Wedding yang paling terlihat adalah pasangan yang memakai gaun dan jas wedding. Jadi siap-siap aja kamu akan diminta untk membayar izin prewedd kalau klien kamu menggunakan gaun.

Design kolase prewedding rancabali ciwidey
Kolase Rio & Fanny – Rancabali Ciwidey

Tapi kalau pasangan yang kita potret hanya menggunakan kaos biasa (couple), biasanya lolos dari pantauan petugas tempat wisata. 

Kolase Rio & Fanny - Rancabali Ciwidey
Kolase Rio & Fanny – Rancabali Ciwidey

Itulah dia Sob lokasi Pre Wedding yang dulunya gratis sekarang berbayar, semoga artikel kali ini bermanfaat.

Prewedding di Barusen Hills, Spotnya Lumayan Banyak!

Halo Sob…. Sudah lama rasanya saya tidak menulis artikel, bukannya karena sudah tidak ada lagi cerita yang mau saya bagikan, tapi karena kesibukan yg lumayan menyita waktu hingga nggak ada waktu buat sekedar blogging.

Kali ini saya mau ngasih informasi mengenai pre wedding di Barusen Hills Gambung Pasirjambu Soreang.

Prewedding barusen hills
Prewedding Yayan & Wulan

Sebetulnya sekitar bulan Maret 2017 kemarin kita pernah motret prewedding disana (Prewedding Rio & Fany) namun saat itu ada beberapa lokasi yang belum rampung pengerjaannya.

Untuk izin lokasi Pre wedding di Barusen Hills per bulan Oktober 2017 mulai dari 350rb sampai 500rb (belum termasuk tiket masuk 25rb/orang, parkir mobil Rp.10rb).

Izin lokasi yang kita bayar sebetulnya untuk biaya sewa kamar (ada tiga jenis kamar: rumah bambu, rumah permanen & camping) tentu saja setiap kamar memiliki harga yang berbeda-beda.

Prewedding Yayan & Wulan

Untuk spot atau titik untuk melakukan prewedding disana ternyata Prewedding di Barusen Hills Spotnya lumayan banyak, mulai dari balkon villa, taman bunga, jembatan cinta, perahu bambu, puncak bambu, taman cinta, danau cinta, atau mau main-main air bisa di kolam renang :).

Prewedding Yayan & Wulan

Kalau Sobat bisa pintar-pintar mencari spot atau angle, sebetulnya masih banyak tempat yang bisa di explore.

Prewedding Yayan & Wulan

Selamat memotret.

Video Tutorial: TIPS MENGGUNAKAN TALI PANCING UNTUK TRIK FOTOGRAFI

 Menjadi seorang fotografer memang harus dituntut kreatif, seorang fotografer harus siap menghadapi situasi apapun yang mungkin akan terjadi pada saat pemotretan. Dan jika Sobat memiliki kreatifitas sebetulnya Sobat tidak perlu memberi peralatan tambahan yang harganya mungkin tidak murah. Contohnya Sobat bisa menggunakan tali pancing yang kokoh untuk membantu Sobat mendapatkan gambar yang luar biasa.

Hah, Tali pancing? Bagaimana membuat foto dengan menggunakan peralatan tambahan tali pancing, untuk apa?.

Supaya Sobat tidak bingung, lebih baik tonton video tips menggunakan tali pancing untuk trik fotografi di bawah ini: Continue reading “Video Tutorial: TIPS MENGGUNAKAN TALI PANCING UNTUK TRIK FOTOGRAFI”