Bagaimana Mengubah Potret Menjadi Objek Patung Dengan Photoshop

Ingin benar-benar kreatif dengan potret Sobat? Seorang ahli Photoshop, fotografer, desainer, dan Seni dari Belanda yang bernama Dracorubio, memiliki cara unik untuk mencapur bentuk seni dengan menggunakan Photoshop untuk membuat gambar luar biasa. Di sini, ia mengubah potret sederhana menjadi objek patung yang menakjubkan:

Proses ini menggunakan Clipping Mask dan Drop Shadow dengan memiliki banyak imajinasi untuk membuat gambar terlihat nyata. Dracorubio menggunakan banyak layer yang berbeda dan men-cat bebas bentuk wajah model sesuai dengan imajinasinya. Read the rest of this entry

TUTORIAL: Membuat Amplop Lebaran Alias Angpau

Tidak terasa tinggal menghitung beberapa hari lagi menuju hari raya Idul Fitri ya Sob? Gimana Lebaran sekarang, sudah punya kamera baru?? Hehehe….

Mungpung masih agak lama ni Sob, gimana kalau kita sedikit berbisnis untuk menambah penghasilan kita di bulan Ramadhan ini, WM ajak sobat untuk membuat amplop lebaran alias angpau. Sobat tertarik?

Amplop Lebaran

Amplop Lebaran

Angpau sebetulnya istilah ini berasal dari Negeri China yang biasanya adalah bingkisan dari amplop merah yang berisikan sejumlah uang sebagai hadiah menyambut tahun baru Imlek atau perayaan lainnya (id.wikipedia.org).

Karena istilah angpau sudah melekat dalam kebudayaan Indonesia selama berabad-abad, maka orang Indonesia pada umumnya menyebut amplop berisi uang sebagai Angpau. Read the rest of this entry

Milad Komunitas Photographer ke-3 di Situ Sipatahunan

Komunitas Photographer Bandung Selatan (KP-BS) akhirnya sukses menyelenggarakan ulang tahunnya yang ke-3 pada Kamis 14 Mei 2015, Komunitas yang tepatnya lahir pada 29 April 2012 ini memang sengaja menunggu moment saat liburan panjang karena hari Kamis ini juga bertepatan dengan hari libur nasional Kenaikan Isa Al-Masih.

Ulang tahun KP-BS kali ini diselenggarakan di Situ Sipatahunan Baleendah Kab. Bandung yang merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Bandung Selatan. Situ Sipatahunan (Danau Sipatahunan) sengaja dipilih karena sesuai dengan visi KP-BS yaitu memperkenalkan potensi pariwisata yang ada di Kab. Bandung terutama Bandung Selatan.

Untuk merayakan hari jadi-nya, selain pemotongan nasi tumpeng, untuk memeriahkan hari ulang tahun yang ke-3 ini KP-BS juga mengadakan hunting bareng. Pihak panitia menyediakan 13 model untuk para fotografer. Dan yang paling penting adalah penggalangan dana untuk korban bencana longsor di daerah Pangalengan.

Foto Bersama Sebelum Hunting (foto By Lilo Armadilo)

Pada saat penggalangan dana, ada sedikit hal yang menarik adalah pada saat kang Irwan dari VISICO melakukakan pelelangan lampu flash dimana hasil pelelangan itu untuk korban bencana longsor di Pangalengan.

Cukup antusias kawan-kawan fotografer yang menghadiri acara ini. Ratusan fotografer dari berbagai kalangan ikut serta dalam ulang tahun KP-BS kali ini. Apalagi pada saat hunting, karena memang saat-saat ini lah yang sangat ditunggu oleh kawan-kawan fotografer, apalagi kalau bukan ngintipin model… xixix :D. Read the rest of this entry

Bagaimana Proses Membuat Album Magazine?

Magazine Album

Album Magazine atau Album kolase memang saat ini sedang trend untuk album wedding/prewedding atau fotografi dokumentasi lainnya, walaupun ada beberapa klien juga sich yang masih meminta foto roll (32-35 foto/ roll) karena untuk paket album magazine harganya lebih mahal :D.

Selain cukup mahal, jika Sobat ada rencana untuk membuat Album Magazine untuk klien Sobat, ada beberapa proses yang harus Sobat ketahui, apa saja proses membuat Album Magazine?

  • Saat memotret: jika Sobat berencana ingin membuat album magazine maka saat memotret adalah hal yang menentukan bagaimana supaya hasil jepretan Sobat nantinya menarik saat dimasukan ke album kolase. Ada istilah “insert” dalam pemotretan untuk album magazine, insert ini sebetulnya di istilahkan untuk foto yang berhubungan langsung ataupun tidak langsung dengan subyek. Misalkan dalam pemotretan wedding, Sobat bisa mencari hal-hal yang berhubungan dengan pernikahan seperti cincin pernikahan, pelaminan, kue, makanan, dll.
  • Saat Memilah file: jangan heran ya Sob, jika hasil jepretan Sobat rencananya mau dibuat album magazine, maka Sobat harus membuat lebih banyak jepretan saat memotret. Bahkan ada beberapa fotografer yang senang menggunakan settingan continues/brust pada kamera. Hasilnya bisa ribuan file foto yang nantinya harus Sobat pilih dan pilah menjadi ratusan atau bahkan kurang :D. bagaimana cara memilah file-file tersebut dengan cepat? Nanti WM bahas di artikel selanjutnya.
  • Proses editing/design: Proses ini juga memakan waktu yang cukup lama lho Sob! Apalagi jika Sobat belum mahir menggunakan photoshop karena kalau WM hamper 90% proses editing menggunakan photoshop, wah bisa berabe..hehe!. Tapi saat ini ada software yang bisa membuat foto kolase secara otomatis dari yang gratis hingga yang berbayar. Salah satu software pembuat foto kolase yang gratis yaitu Picasa, coba ulik sendiri lah bagaimana caranya :D.
  • Proses Pencetakan: ini bisa dibilang proses finishing atau proses paling akhir, bagaimana akhirnya hasil editan Sobat di cetak menjadi album magazine. Jika Sobat belum mempunya percetakan sendiri, ini artinya Sobat harus menyiapkan budget untuk mencetak album magazine. Dan Sobat bisa mencari percetakan album magazine di web atau blog. Atau sobat boleh menggunakan jasa WM untuk Mencetak Album Magazine hingga selesai (ups….jadi promosi :D)

Ya mungkin proses membuat album magazine yang WM tahu sih cuman seperti itu, jika Sobat mau menambahkan silahkan isi di komentar.

Semoga bermanfaat :).

MEMOTRET PERTUNJUKAN PENCAK SILAT

Pencak Silat adalah salah satu seni bela diri yang ada di Nusantara dan diakui dunia, termasuk pencak silat yang ada di tataran Sunda, kebetulan di Kampung WM ada pagelaran seni Pencak Silat dalam salah satu acara Syukuran Khitanan. Biasanya jika ada pertunjukan Pencak SIlat, maka perguruan pencak silat lain akan berbondong-bondong datang untuk ikut menyumbang dan menampilkan kebolehannya.

Seni pencak silat biasanya diiringi 2 sampai 3 kendang, satu terompet dan satu goong kecil, si pendekar akan mengikuti alur dan hentakan sesuai dengan suara kendang, karena memang sudah ada pakem dan tata caranya. Kecuali jika ada dua orang yang seolah-olah bertarung, biasanya suara kendanglah yang mengikuti gerakan si pendekar.

Kesempatan ini tidak WM sia-siakan, WM ambil kamera dan langsung mencari moment yang tepat untuk mendapatkan gambar. Ternyata sulit sekali untuk memotret pertunjukan pencak silat, WM coba menggunakan mode continues supaya bisa mendapatkan setiap gerakan.

Pencak Silat-Tarung (2)

Yang paling seru adalah pada pertunjukan terkahir, ada pertarungan para pendekar hingga berdarah, menggunakan senjata golok, tombak, rantai dan tongkat. ngeri sekali memang! Jeritan para penonton membuat suasana semakin tegang, darah-darah becucuran bahkan tombak pun menusuk kepada salah satu pendekar dan ada pendekar yang digorok… wuiiihhh!!.

Pencak Silat-Berdarah (14)

Namun jangan khawatir, semua itu hanya acting. Para pendekar ini adalah orang-orang professional, layaknya actor mereka bermain serius, dan darah-darah yang berceceran hanya darah palsu. Tapi WM menyarankan, saat memotret moment ini lebih baik Sobat agak jauh dari stage karena bisa saja ada senjata yang tidak sengaja terlempat ke penonton, bahkan ada beberapa penonton yang berdarah karena terkena pecahan genting. Untuk itu gunakan lensa yang memiliki FL panjang, supaya Sobat bisa memotret dari jarak jauh :).

Tidak lupa sebelum WM kembali ke rumah, WM mengambil moment diluar keriuhan pertunjukan pencak silat yaitu seorang pendagang kacang tanah, yup! Pedagang kacang tanah adalah salah satu icon pedagang pada acara-acara akbar seperti pertunjukan wayang dan Pencak silat di kampung. Dimana ada wayang dan pencak silat disitu ada pedagang kacang tanah, hehe..

Penjual Kacang Tanah

Penjual Kacang Tanah (2)

Ok Sob,. sampai disini dulu artikel kali ini, jika Sobat mau lihat hasil hunting pencak silat yang lainnya, silahkan lihat disini https://www.flickr.com/photos/chenlinsar/with/16652511329/

Jasa Photoboot Untuk Wedding Party, Birthday Party & Couple Party

Photoboot memang lagi ngetrend sampai saat ini, bagaimana tidak? Jika dulu kita bisa narsis didepan photoboot di mall-mall, sekarang photoboot bisa Sobat bawa ke tempat Sobat..hehe..

Yup, jasa photoboot – sekarang Sobat bisa mencobanya di rumah, jasa ini bisa dipakai untuk acara resepsi wedding, ulang tahun, bahkan acara kantor. Tamu undangan yang datang ke acara Sobat bisa mendapatkan foto secara instant dan bisa langsung dipajang dirumahnya begitu mereka pulang.

20141222_191738Berapa biaya jasa photboot ini?

  • 100 sesi foto = Rp. 1.500.000
  • 200 sesi foto = Rp. 2.200.000
  • 300 sesi foto = Rp. 2.900.000
  • 400 sesi foto = Rp. 3.600.000
  • 500 sesi foto = Rp. 4.300.000

Harga tersebut sudah termasuk lighting, background (bisa disesuaikan), mesin cetak, laptop, operator.

Sobat juga bisa memesan frame agar photobot Sobat bisa langsung dipajang:

Bahan AK 310 Grm – Fulcolour 4/0 ( 1 muka )

Harga :

@ 250pcs – 300pcs: Rp.2500  / pc ( Minimal order  )

@ 301 -500 : Rp. 2.300/ Pc

@501 – 1000 : Rp. 2.000 / Pc

Sample Frame

Sample Frame

Jika Sobat membutuhkan jasa photoboot, silahkan hubungi WM di 087722539267 atau pin BB: 75D6286E

Bagaimana Cara Memotret Bunga ?

Bunga adalah salah satu ciptaan Tuhan yang paling indah, paling banyak disukai orang-orang, juga banyak disukai fotografer sehingga banyak komunitas fotografi bunga di Indonesia yang bermunculan di sosial media seperti Facebook. Karena fotografi bunga adalah salah satu jenis fotografi favorit , Sobat tidak akan sulit untuk mempelajarinya, Sobat tinggal gabung di komunitas fotografi bunga tersebut dan belajar bersama mereka.

Pink and Bokeh

“Pink and Bokeh” (F/4.0 ISO:320 1/1000) oleh Milana Ryan

Jika dilingkungan Sobat tidak menemukan bunga yang bagus, atau Sobat tidak memiliki kebun sendiri, mulai sekarang cobalah menanam bunga dalam pot atau membuat taman kecil, selain sebagai hiasan rumah juga menjadi taman eksperimen fotografi bunga. Read the rest of this entry

Membuat Montase Dengan Cepat

Prewedding Puji & Anggit @2014

Prewedding Puji & Anggit @2014

Membuat foto montase sebetulnya sangat mudah jika kita sudah menguasai Photoshop. Jadi dasarnya adalah Sobat harus menguasai dulu photoshop, minimal Sobat mengenal tool, layer, effect, masking, channel, dll.

Tutorial kali ini, WM akan coba menggabungkan 6 foto kedalam satu frame. WM terlebih dahulu membuat konsep ketika prewedding berjalan, thanks to Puji & Anggit yang sudah mau diajak bekerjasama untuk membuat konsep ini.

Sobat memerlukan tripod supaya posisi kamera tidak berubah dan sebelum memotret subjek cobalah beberapa kali untuk mendapatkan settingan yang tepat pada kamera.

Untuk menggabungkan ke 6 foto diatas, WM menggunakan photoshop CS3. Caranya: Read the rest of this entry

Hunting KP-BS: We Move Forward

KP-BS mengajak anda semua untuk ikut berpartisipasi di acara hunting amal dalam rangka penggalangan dana untuk pembuatan kantor sekretariat Komunitas Photographer Bandung Selatan yang berlokasi di Miko Mall Kopo.

kegiatan hunting akan di laksanakan pada:


hari : minggu 14 Desember 2014
waktu : 10.00 – selesai

demikian pemberitahuan ini kami buat dengan harapan kawan-kawan semua bisa menghadirinya.

terimakasih.

Cp. Yosa Fiandra 0878 2226 5554
Lilo Armadilo 0813 9451 4747

WORKSHOP KP-BS: Soft Lighting dan Hard lighting

Bandung, Minggu (23/11/2014)- Komunitas Photographer Bandung Selatan kembali mengadakan workshop, yang kali ini mengambil tema Soft Lighting dan Hard Lighting di MikoMall Kopo yang materinya dibawakan oleh Om Irwan K Tanusondjadja (VISICO) seorang fotografer profesional dari Bandung yang sudah malang melintang di dunia lighting photography.

Tema yang dibahas kali ini sangat menarik, karena lighting atau pencahayaan dalam fotografi sangat penting sekali untuk mendapatkan foto yang baik, itu dilihat dari antusiasme peserta yang hadir betul-betul serius memperhatikan bagaimana Om Irwan langsung mempraktekan teknik soft lighting dan hard lighting ini. Read the rest of this entry

Membuat Design Baligo Untuk Bank Sampah

BS Gamprit (Medium) (2)

Membuat design untuk banner atau baligo sebetulnya bukanlah pekerjaan saya sehari-hari, namun kalau ada teman yang minta bantuan untuk bikin baligo saya nggak akan mampu menolaknya. Yup Setidaknya untuk melatih skill Corel Draw supaya tidak terlalu lupa.

Membuat design baligo memang lebih enak pakai Corel Draw karena ukurannya yang presisi  dan gambar vector yang tidak akan pecah pada cetakan ukuran besar. Bukannya pakai Photoshop tidak bisa, memang untuk membuat design baligo yang lebih banyak efek sih enaknya pakai photoshop, suka-suka saja… tidak ada larangan kok mau buat design baligo di Corel atau Photoshop, belum ada Undang-undangnya…hahaha.

Kali ini teman yang minta bantuan dibuatin design baligo adalah kawan saya dari PT.USSI yang  sedang menggalakan Bank Sampah Indonesia secara online menggunakan aplikasi PINBUK dan VIP Mobile, perkenalkan namanya Lupantui Wiguna atau lebih dikenal dengan kang Ovan.

Perkenalan dari kang Ovan ini yang membawa semangat baru untuk saya ikut juga dalam programnya yaitu membuka Bank Sampah di Kampung saya, hingga akhirnya lahirlah Bank Sampah RESMI (Resik Mandiri) di Kampung saya. www.bsresmi.esy.es

Nah saat itu kang Ovan akan melakukan Grand Opening Bank Sampah GAMPRIT di Bekasi, dan dia minta bantuan saya membuat design baligo untuk bank sampah ukuran 3 x 1 meter, saya hanya tinggal mengerjakan saja karena bahan-bahan sudah disipakan melalui email dan whatsapp. Thanks for Internet.

Tidak ada hal yang lebih membanggakan selain membuat design baligo ini, karena siapa sangka hasil cetakan baligo saya yang dipampang di Bank Sampah GAMPRIT ternyata diliput oleh Trans7 dalam acara Redaksi Pagi… Oh..oh.. hahaha lebay, padahal bukan pertama kali juga sih hasil karya saya  masuk TV.

Intinya sih bukan baligo saya masuk TV,tapi ayo kita gabung dengan kang Ovan  untuk menggalakan Bank Sampah, supaya sampah-sampah di Rumah Tangga atau dilingkungan sekitar bukan dibakar tapi dijadikan uang.

Kalau mau  tahu mengenai Bank Sampah RESMI, kunjungi saja websitenya www.bsresmi.esy.es

Sorry ya Sob, artikel kali ini tidak ada hubungannya dengan fotografi atau album magazine, tapi membuat design baligo juga termasuk dalam dalam design grafis lho.  See You! :)

Membedakan Album Magazine dan Real Magazine

image

Sampai saat ini masih banyak Sobat yang masih bingung membedakan Album Magazine dan Real Magazine.
Sebetulnya penamaan Album Magazine terkenal baru-baru ini, karena dulu album magazine lebih terkenal dengan sebutan album hardcover. bahkan di tempat saya bekerja dulu tepatnya di GEMBIRA PHOTO 42E Bandung sekitar tahun 2010-an, nama album magazine di kenal dengan panggilan album Capuccino, entah apa yang membedakan?.

Read the rest of this entry

Resolusi tahun 2016, apa ya resolusi di tahun baru ini?

Terus terang saja, ketika awal terbentuknya blog ini sekitar pertengahan tahun 2010 tidak ada niatan sama sekali untuk saya terjun ke dunia bisnis jasa fotografer atau jasa cetak dan design album magazine.  Saat itu memang saya lagi seneng-senengnya blogging apalagi menulis artikel mengenai pekerjaan yang saya senangi. Tidak ada beban sama sekali.

Sebetulnya sebelum blog tentang fotografi ini lahir, blog pertama di wordpress yang saya buat adalah blog dengan nama saya sendiri www.sovianchoeruman.wordpress.com, dan siapa sangka blog yang isinya tentang kesehatan itu walaupun tidak pernah menghasilkan uang (padahal blog itu sebetulnya blog untuk jualan obat herbal) tapi terbukti blog saya yang satu itu pernah menjadi inspirasi salah seorang produser Trans TV yang memegang acara Nature Life (artikel : Nature Life – Membuka Rahasia Pengobatan Herbal). Walau tidak jadi duit ada bangganya juga jadi inspirasi untuk orang lain :D

Hingga saat ini blog saya yang lain hampir-hampir jarang sekali saya update, karena saya terlalu fokus memperhatikan blog saya yang satu ini. Blog yang awalnya tidak ada niat bisnis yang malah menghasilkan uang lumayan besar untuk sebuah blog gratis hehe….

Namun apa saya tidak punya rasa malu? Udah dapet uang dari blog ini tapi tidak pernah sekalipun menjadikan blog ini menjadi blog yang berbayar. Entahlah, mungkin Tuhan belum mengizinkan saya di tahun kemarin untuk membuat domain web yang lebih professional. Bukannya saya diam, tapi saya pernah membeli domain dan hosting pertengahan tahun 2015 kemarin yang nyatanya hingga hari ini tidak pernah selesai. Perbuatan siapakah itu? Sobat bisa baca sendiri di sini.

Baiklah, tidak perlu pesimis walau sudah mengalami pahit-getir, asam-manis, toh kata motivator hidup itu harus harus selalu optimis apapun yang terjadi :D. Jadi apa resolusi saya di tahun 2016 ini?

Tentu saja yang utama adalah semoga bisnis saya di dunia jasa fotografi  ini bisa lebih baik dari tahun kemarin, bisa bertahan dari persaingan yang semakin ketat, lebih baik lagi melayani konsumen, dan tentu saja bisa isi artikel yang saya tulis bisa lebih bermanfaat untuk Sobat-sobat penyayang fotografi.

Apakah saya akan merambah ke bisnis lain di tahun ini? Entahlah biar waktu yang menjawab, yang jelas blog ini tidak akan saya tinggalkan selama blog milik wordpress ini terus eksist. Tapi tahun 2016 ini saya akan coba hidupkan kembali blog-blog saya yang lain yang sudah lama tidak saya update terutama blog dengan domain nama saya sendiri www.sovianchoeruman.wordpress.com .

By  the way… Happy New Year 2016, New year’s new hope!

Tips Dan Teknik Fotografi Lilin

Zaman dulu sebelum lahirnya lampu baterai, kalau lagi mati lampu cahaya yang paling setia menemani kita adalah lilin. Ada keasikan tersendiri kalau sudah main-main dengan lilin, mulai dari menyentuh lilin yang panas (udah tahu panas tapi terus aja disentuh), tetap belajar walau cahaya lilin yang remang-remang atau main-main dengan bayangan di dinding. Kalau Sobat mengalami hal itu, berarti Sobat seumuran dengan saya hehe…

Namun bukan itu yang mau saya bahas hari ini…. Tapi mengenai fotografi lilin, maksudnya adalah memotret dengan subjek lilin atau memotret dalam cahaya lilin yang remang.

Jangan salah Sob, lilin adalah sumber cahaya yang unik dan dapat menghasilkan foto yang menakjubkan, namun memotret pada cahaya lilin tidak semudah yang kita bayangkan, bahkan memang harus banyak melakukan trial dan error.

Untuk itulah saya googling dan mencari referensi bagaimana tips dan teknik fotografi lilin sehingga lahirlah artikel ini.

Ini dia beberapa ide dasar untuk bereksperimen pada fotografi lilin: Read the rest of this entry

10 Hal Yang Sering Ditanyakan Mengenai Underwater Photography

underwatter

“Underwater Love” oleh Anya Berkut

Dengan hadirnya kamera yang memiliki  kemampuan untuk memotret di bawah air, baik kamera Underwater, atau kamera yang menggunakan alat tambahan seperti pelastik anti air. Apapun bentuknya, hal itu telah memacu kreatifitas fotografer untuk menghasilkan gambar di bawah air, bahkan pre wedding underwater pun mulai banyak ditawarkan oleh para fotografer, karena memotret di bawah air ini memiliki tantangan tersendiri.

“Cinta bawah air” ditangkap oleh Anya Berkut (Klik Gambar untuk melihat lebih dari Anya Berkut)

Berikut adalah 10 hal yang sering ditanyakan mengenai underwater phoography: Read the rest of this entry

ALBUM MAGAZINE OR KOLASE, SUDAH MULAI DILIRIK PARA KONSUMEN

sample Album Magazine

sample Album Magazine

Semakin hari, perkembangan teknologi semakin maju, begitu-pun dalam seni  Photography, semakin hari perkembangan konsep photography tersebut semakin modern.

Berbicara masalah konsep Photography, yang mau sedikit saya bahas adalah mengenai  konsep album Photo, dimana konsep ini sebetulnya adalah konsep inti dari dunia photographer apalagi para wedding  photographer.

Bayangkan saja, seharian Sobat memotret sebuah  acara pernikahan, lalu Sobat mengutak-atik gambar hasil jepretan itu, lalu sobat cetak foto-foto tersebut dengan ukuran 3R (9 x 12cm) dan menempelkannya di album yang sebelumnya telah sobat beli.

Itu adalah gaya dulu, mungkin sebelum tahun 2000-an, bahkan sekarang-pun teknik ini masih menjadi pavorite di beberapa daerah terutama daerah perkampungan.

Mungkin sobat pernah mendengar istilah Album Magazine atau Album Kolase?, Ya, Magazine or Kolase, adalah teknik pengalbuman yang terbilang masih baru di Indonesia, namun teknik ini berkembang dengan cepat. Namun saya kurang tahu siapa yang mengawali pembuatan album seperti ini, mungkin diantara sobat ada yang tahu?

Seperti yang saya ungkapkan diatas  kalau dulu album  pernikahan Ortu Sobat, atau mungkin album pribadi Sobat sendiri biasanya bagian keseluruhannya terpisah, antara foto dan album , biasanya sobat menyiapkan album yang akan diisi foto-foto, lalu Sobat mencetak foto-foto tersebut dengan ukuran standar (biasanya 3R atau 4R),  lalu Sobat memasukan satu per satu foto-foto tersebut ke dalam album (bayangkan ada 1000 foto)  selain itu bentuk penyimpanan fotonya-pun tidak bisa variasi lain. Sudah kurang menarik, pekerjaan tersebut melelahkan bukan?

Lalu, mungkin awalnya semua foto terasa lengkap, namun lama-kelamaan foto-foto tersebut mulai hilang satu per satu karena diambil oleh teman Sobat yang ingin mengkoleksi foto Sobat karena dia ada didalam fotot tersebut :D. Dan selang beberapa tahun, foto-foto sobat yang sangat berarti itu hilang, bahkan hancur terkena air.

Kini dengan adanya teknik kolase, Sobat tidak perlu lagi beli album, sobat tidak perlu lagi capek memasukan foto satu per satu kedalam album sobat, bahkan Sobat tidak perlu takut lagi kehilangan foto-foto penting!, kenapa?

Karena dengan teknik kolase, foto-foto sobat sudah di desain sedemikian rupa oleh para desainer plus sobat mendapatkan album magazine (disebut magazine karena bentuknya lebih menyerupai majalah), artinya setelah semua selesai sobat akan mendapatkan album yang menyerupai majalah (tidak ada tempelan) namun desain-nya lebih menarik lagi.

Biasanya album kolase anti air dan  anti jamur, karena selain dicetak dengan kertas kualitas tinggi, foto-foto tersebut juga dilapisi plastik (laminasi), jadi Sobat tidak perlu takut lagi kalau album Sobat kena banjir hehe… :) (lebih…)

4 Hal Yang Mempengaruhi Harga Jasa Fotografer

dslr

DSLR Gear

 

Alkisah ada seorang klien sebut saja namanya Bunga (nama samaran.. hahaha!!) yang mencari jasa fotografer untuk hari pernikahannya, bertemulah mereka dengan Fotografer I sebut saja namanya Sule:

Bunga: “Mas, kira-kira berapa biaya jasa fotografer untuk pernikahan?”

Deny: “1,5 jt saja!”

Bunga: “dapatnya apa saja?”

Deny : “ satu album dan pembesaran ukuran  40×50

Bunga: “Ok dech, makasih…. Nanti aku Tanya dulu calon suamiku ya!”

Setelah itu bertemulah Bunga dengan fotografer II sebut saja namanya Andry:

Bunga: “Mas, kira-kira berapa biaya jasa fotografer untuk pernikahan?”

Andry: “3,5 jt saja!”

Bunga: “dapatnya apa saja?”

Andy : “ satu album dan pembesaran ukuran  40×50”

Bunga: “Wow.. mahal  banget ya? Kok aku nanyain tadi ke fotografer lain dia cuman ngasih 1,5 jt. Dapat satu album sama pembesaran juga!” Read the rest of this entry

Surat Terbuka Untuk NAREMACAMP

Saat itu tanggal 28 Mei 2015, saya sedang semangat mencari referensi jasa pembuatan website yang bagus baik dari segi kualitas maupun harganya. Memang banyak sekali jasa pembuatan website yang saya jadika referensi saat itu, lalu saya mulai membanding-bandingkan. Dan akhirnya pilihan saya jatuh ke jasa pembuatan website NaremaCamp (www.naremacamp.com) karena menurut saya perusahaan ini cukup credible dilihat dari tampilannya, website yang pernah dibuatnya, dan tentu saja harganya sesuai dengan budget saya saat itu.

tanggal 13 Juni 2015 jam 14.02 WIB saya transfer ke pihak NaremaCamp ke no rekening BCA 3911339844 atas nama MARCO LAU SANTOS sebesar Rp.400.000 (sesuai dengan paket yang saya pesan). Lalu saya diberi no invoice yaitu #18586.

Setelah mendapatkan invoice, saya lengkapi semua informasi dan persyaratan yang dibutuhkan pihak NaremaCamp untuk mempermudah mereka saat membuat website yang saya pesan. setelah itu saya tinggal tunggu minimal 14 hari kerja atau 30 hari kerja. Jika lebih dari 30 hari kerja maka katanya saya bisa melakukan refund atau saya akan diberikan hosting gratis selama setahun. Tentu saja saya pilih yang kedua :D

Karena sudah lebih dari dua minggu, maka tanggal 3 Juli 2015 saya coba hubungi Naremacamp melalui aplikasi whatsapp dan menanyakan kapan website saya selesai, lalu pihak NaremaCamp menjawab : “Kami mengalami kendala sehingga mengalami keterlambatan pemesanan dan telah kami sampaikan pada tanggal 28 Juni 2015 melalu email. Kami akan segera menghubungi Anda jika website sudah bisa dilihat. Terima kasih atas perhatiannya.” (dan saya cek email saya untuk tanggal 28 Juni 2015 dan memang ada pemberitahuan)

Lalu saya bertanya lagi : “Boleh tahu kira-kira berapa lama lagi?

NaremaCamp: “ Paling lambat sebelum libur Lebaran, sekitar tanggal 15/16 (Juli) Bu.” (pihak NaremaCamp mengira saya Ibu-ibu :D padahal saya laki-laki)

OK, menurut saya karena mungkin saat itu NaremaCamp sedang kewalahan melayani kliennya. Dan saya memaklumi karena saya juga sering mengalami itu.

Pada tanggal 15 Juli 2015, saya masih belum menerima informasi jika website saya telah selesai, untuk itu saya kembali menghubungi NaremaCamp melalui Whatsapp dan kali ini tidak ada tanggapan.

Saya coba lihat pemesanan saya di Aplikasi LINE namun ternyata ketika saya melakukan pengecekan yang keluar adalah “Mohon Maaf fitur cek pemesanan sedang mengalami gangguan kami sedang memperbaiki fitur ini agar segera bisa digunakan kembali.”… “Silahkan SMS atau Whatsapp ke 089688870027 untuk menanyakan status pemesanan Anda.”

Lalu saya SMS ke no tersebut dan tidak ada balasan. Karena penasaran saya coba telepon dan ternyata nomornya di alihkan, lalu saya tunggu dan “NO RESPON”.

Saat itu saya masih bersabar, karena mungkin server NaremaCamp terjadi hang atau ada masalah.

Akhirnya pada tanggal 29 Juli 2015 saya mengirimkan email ke manajemen NaremaCamp (manajemen@naremacamp.com) kira-kira isinya : ”selamat siang, maaf mau tanya, untuk invoice #18586 kira-kira kapan bisa selesai? Saya sudah coba tanya melalui sms atau whatsapp tapi tidak ada tanggapan. Saya yakin Narema adalah perusahaan yang profesional.”

Saya tunggu beberapa hari Namun tidak ada jawaban dari pihak manajemen!! Bahkan kini website www.naremacamp.com tidak bisa dibuka (pada saat saya membuat surat terbuka ini website NaremaCamp bisa terbuka, cuman tetep saja NO RESPON, bahkan kini menu log in sudah tidak ada)

OMG…. Bagaimana ini?? Kok NaremaCamp yang saya anggap perusahaan credible bisa seperti ini? Lalu saya googling dengan kata kunci “NaremaCamp Penipu” dan yang saya dapatkan paling atas adalah website NaremaCamp sendiri dengan huruf tebal NaremaCamp tidak pernah melakukan penipuan.

Lalu di baris ke 4 atau ke 5 baru saya mendapatkan website aduan dari klien Naremacamp yang kecewa dan itu ada di forum KASKUS :(http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=5&cad=rja&uact=8&ved=0CDoQFjAEahUKEwic2uyf6YXIAhUDGZQKHeLMAtg&url=http%3A%2F%2Fkaskus.fashionhappen.com%2Fthread%2F555ecf100d8b467b3b8b4569%2Fmasalah-quot-naremacamp-penipu-quot-telah-diselesaikan%2F1&usg=AFQjCNFtb0ktkQ9Z3fH8dIdY-Yo8pyS2DA&sig2=o1gTZABRN9QiwHNz5PtErA)

Saya coba masuk kesana dan membaca-baca keluhan teman-teman yang senasib dengan saya dan ternyata juga banyak. Mugkin dari mereka ada yang bingung bagaimana melaporkan yang mereka anggap “penipuan” ini ada juga teman-teman yang sudah melukan surat terbuka dan katanya ada yang sudah di refund atau dikembalikan uangnya.

Untuk itulah saya mencoba untuk membuat surat terbuka ini yang saya tujukan kepada pengelola NaremaCamp.

Saya mohon pihak NaremaCamp dapat menjelaskan kepada saya, kenapa NaremaCamp yang menurut saya sangat hebat ini, bahkan hampir minim kritikan negative tidak bisa memberikan kepuasan kepada pelanggan. Terutama respon saat pelanggan bertanya kepada Anda.

Menurut saya lebih baik NaremaCamp jujur apa adanya. Apakah karena sedang terjadi masalah pada server, atau kekurangan pegawai, atau mungkin ada masalah pribadi. Yang penting jawablah pertanyaan atau keluhan pelanggan apalagi yang sudah membayar kepada Anda secara lunas.

Saya tunggu jawaban dari pihak NaremaCamp..

Dan saya akan hapus postingan saya ini jika pihak NaremaCamp sudah memberikan penjelasan melalui surat terbuka juga atau melalui blog-nya.

Salam saya

Sovian Choeruman

Design Album 20×30 (Anto-Makasar)

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Terima kasih untuk Mas Anto-Makasar sudah menggunakan jasa WM untuk mencetak Album Magazine nya.

Silahkan Download pricelist Album Magazine terbaru di link Download di bawah ini:

DOWNLOAD

atau ini:

Harga & Sample Album 2015