Bentuk Film Negatif

Dua Roll Atau Dua Album?

Bentuk Film Negatif

Bentuk Film Negatif

Mungkin artikel kali ini WM hanya mau berbagi cerita pengalaman WM saat menghadapi klien yang tidak tahu mana dua roll dan mana dua album.

Suatu hari, WM mendapat telepon dari klien yang membutuhkan jasa fotografi untuk mengabadikan acaran pernikahan anaknya. Namun Klien kali ini meminta WM hanya memotret dua roll saja. Oh iya.. istilah roll biasanya digunakan pada kamera analog untuk film negatif (satu roll biasanya berisi 24 atau 35 film negatif), walaupun sekarang kamera analog sudah hampir punah bahkan di daerah WM sudah tidak ada lagi namun istilah roll ini masih digunakan oleh orang tua yang belum tahu bahwa sekarang sudah era digital😀

SLR (Kamera analog tampak belakang)

SLR (Kamera analog tampak belakang)

Standar satu roll yang digunakan WM adalah 35 file foto, itu artinya jika klien meminta dua roll maka WM akan mencetak file foto sebanyak 70 lembar plus bonus ukuran 20×30/roll. Biasanya 70 lembar foto bisa masuk kedalam satu album tempel 30×30 yang berisi 15 sheet (30 halaman). Jadi klien hanya mendapatkan satu buah album ditambah CD backup file-file foto.

Namun apa yang terjadi? Setelah pemotretan selesai dan seperti biasa WM mulai memproses foto-foto tersebut hingga selesai yaitu satu album, ternyata klien komplain karena dia berfikir dua roll itu adalah dua album.

Saya coba tanyakan sekali lagi saat order pertama disertai dengan formulir yang sudah disetujui antara pihak WM dan Klien, dan memang disana tertulis bahwa klien memang meminta 2 roll bukan dua album.

WM mencoba untuk menjelaskan kepada klien mengenai hal ini, apakah dua roll atau dua album?, WM coba menjelaskan perbedaan roll dan album. Apalagi dicetak di album magazine yang tentunya lebih mahal (mau cetak Album Magazine? klik disini!)

Akhirnya, setelah diberi penjelasan secara rinci, Klien mengerti dan menerima hasil satu album yang berisi 2 roll.

Disini WM hanya ingin memberi tahu untuk Sobat-sobat yang sedang atau akan berkecimpung dalam dunia jasa fotografi, selalu siapkan formulir kerjasama antara fotografer dan Klien agar jika ada ketidak puasan diantara kedua belah pihak, maka formulir kerjasama ini sebagai penengah atau bahkan penolong Sobat:)

Semoga bermanfaat…..

foto patung

Bagaimana Mengubah Potret Menjadi Objek Patung Dengan Photoshop

Ingin benar-benar kreatif dengan potret Sobat? Seorang ahli Photoshop, fotografer, desainer, dan Seni dari Belanda yang bernama Dracorubio, memiliki cara unik untuk mencapur bentuk seni dengan menggunakan Photoshop untuk membuat gambar luar biasa. Di sini, ia mengubah potret sederhana menjadi objek patung yang menakjubkan:

Proses ini menggunakan Clipping Mask dan Drop Shadow dengan memiliki banyak imajinasi untuk membuat gambar terlihat nyata. Dracorubio menggunakan banyak layer yang berbeda dan men-cat bebas bentuk wajah model sesuai dengan imajinasinya. Baca lebih lanjut

Menggunakan Fungsi Create Clipping Mask (CTRL+ALT+G)

TUTORIAL: Membuat Amplop Lebaran Alias Angpau

Tidak terasa tinggal menghitung beberapa hari lagi menuju hari raya Idul Fitri ya Sob? Gimana Lebaran sekarang, sudah punya kamera baru?? Hehehe….

Mungpung masih agak lama ni Sob, gimana kalau kita sedikit berbisnis untuk menambah penghasilan kita di bulan Ramadhan ini, WM ajak sobat untuk membuat amplop lebaran alias angpau. Sobat tertarik?

Amplop Lebaran

Amplop Lebaran

Angpau sebetulnya istilah ini berasal dari Negeri China yang biasanya adalah bingkisan dari amplop merah yang berisikan sejumlah uang sebagai hadiah menyambut tahun baru Imlek atau perayaan lainnya (id.wikipedia.org).

Karena istilah angpau sudah melekat dalam kebudayaan Indonesia selama berabad-abad, maka orang Indonesia pada umumnya menyebut amplop berisi uang sebagai Angpau. Baca lebih lanjut

IMG_5552 copy

Milad Komunitas Photographer ke-3 di Situ Sipatahunan

Komunitas Photographer Bandung Selatan (KP-BS) akhirnya sukses menyelenggarakan ulang tahunnya yang ke-3 pada Kamis 14 Mei 2015, Komunitas yang tepatnya lahir pada 29 April 2012 ini memang sengaja menunggu moment saat liburan panjang karena hari Kamis ini juga bertepatan dengan hari libur nasional Kenaikan Isa Al-Masih.

Ulang tahun KP-BS kali ini diselenggarakan di Situ Sipatahunan Baleendah Kab. Bandung yang merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Bandung Selatan. Situ Sipatahunan (Danau Sipatahunan) sengaja dipilih karena sesuai dengan visi KP-BS yaitu memperkenalkan potensi pariwisata yang ada di Kab. Bandung terutama Bandung Selatan.

Untuk merayakan hari jadi-nya, selain pemotongan nasi tumpeng, untuk memeriahkan hari ulang tahun yang ke-3 ini KP-BS juga mengadakan hunting bareng. Pihak panitia menyediakan 13 model untuk para fotografer. Dan yang paling penting adalah penggalangan dana untuk korban bencana longsor di daerah Pangalengan.

Foto Bersama Sebelum Hunting (foto By Lilo Armadilo)

Pada saat penggalangan dana, ada sedikit hal yang menarik adalah pada saat kang Irwan dari VISICO melakukakan pelelangan lampu flash dimana hasil pelelangan itu untuk korban bencana longsor di Pangalengan.

Cukup antusias kawan-kawan fotografer yang menghadiri acara ini. Ratusan fotografer dari berbagai kalangan ikut serta dalam ulang tahun KP-BS kali ini. Apalagi pada saat hunting, karena memang saat-saat ini lah yang sangat ditunggu oleh kawan-kawan fotografer, apalagi kalau bukan ngintipin model… xixix😀. Baca lebih lanjut

Magazine Album

Bagaimana Proses Membuat Album Magazine?

Magazine Album

Album Magazine atau Album kolase memang saat ini sedang trend untuk album wedding/prewedding atau fotografi dokumentasi lainnya, walaupun ada beberapa klien juga sich yang masih meminta foto roll (32-35 foto/ roll) karena untuk paket album magazine harganya lebih mahal😀.

Selain cukup mahal, jika Sobat ada rencana untuk membuat Album Magazine untuk klien Sobat, ada beberapa proses yang harus Sobat ketahui, apa saja proses membuat Album Magazine?

  • Saat memotret: jika Sobat berencana ingin membuat album magazine maka saat memotret adalah hal yang menentukan bagaimana supaya hasil jepretan Sobat nantinya menarik saat dimasukan ke album kolase. Ada istilah “insert” dalam pemotretan untuk album magazine, insert ini sebetulnya di istilahkan untuk foto yang berhubungan langsung ataupun tidak langsung dengan subyek. Misalkan dalam pemotretan wedding, Sobat bisa mencari hal-hal yang berhubungan dengan pernikahan seperti cincin pernikahan, pelaminan, kue, makanan, dll.
  • Saat Memilah file: jangan heran ya Sob, jika hasil jepretan Sobat rencananya mau dibuat album magazine, maka Sobat harus membuat lebih banyak jepretan saat memotret. Bahkan ada beberapa fotografer yang senang menggunakan settingan continues/brust pada kamera. Hasilnya bisa ribuan file foto yang nantinya harus Sobat pilih dan pilah menjadi ratusan atau bahkan kurang😀. bagaimana cara memilah file-file tersebut dengan cepat? Nanti WM bahas di artikel selanjutnya.
  • Proses editing/design: Proses ini juga memakan waktu yang cukup lama lho Sob! Apalagi jika Sobat belum mahir menggunakan photoshop karena kalau WM hamper 90% proses editing menggunakan photoshop, wah bisa berabe..hehe!. Tapi saat ini ada software yang bisa membuat foto kolase secara otomatis dari yang gratis hingga yang berbayar. Salah satu software pembuat foto kolase yang gratis yaitu Picasa, coba ulik sendiri lah bagaimana caranya😀.
  • Proses Pencetakan: ini bisa dibilang proses finishing atau proses paling akhir, bagaimana akhirnya hasil editan Sobat di cetak menjadi album magazine. Jika Sobat belum mempunya percetakan sendiri, ini artinya Sobat harus menyiapkan budget untuk mencetak album magazine. Dan Sobat bisa mencari percetakan album magazine di web atau blog. Atau sobat boleh menggunakan jasa WM untuk Mencetak Album Magazine hingga selesai (ups….jadi promosi :D)

Ya mungkin proses membuat album magazine yang WM tahu sih cuman seperti itu, jika Sobat mau menambahkan silahkan isi di komentar.

Semoga bermanfaat:).

16652511329_63703f069d_o

MEMOTRET PERTUNJUKAN PENCAK SILAT

Pencak Silat adalah salah satu seni bela diri yang ada di Nusantara dan diakui dunia, termasuk pencak silat yang ada di tataran Sunda, kebetulan di Kampung WM ada pagelaran seni Pencak Silat dalam salah satu acara Syukuran Khitanan. Biasanya jika ada pertunjukan Pencak SIlat, maka perguruan pencak silat lain akan berbondong-bondong datang untuk ikut menyumbang dan menampilkan kebolehannya.

Seni pencak silat biasanya diiringi 2 sampai 3 kendang, satu terompet dan satu goong kecil, si pendekar akan mengikuti alur dan hentakan sesuai dengan suara kendang, karena memang sudah ada pakem dan tata caranya. Kecuali jika ada dua orang yang seolah-olah bertarung, biasanya suara kendanglah yang mengikuti gerakan si pendekar.

Kesempatan ini tidak WM sia-siakan, WM ambil kamera dan langsung mencari moment yang tepat untuk mendapatkan gambar. Ternyata sulit sekali untuk memotret pertunjukan pencak silat, WM coba menggunakan mode continues supaya bisa mendapatkan setiap gerakan.

Pencak Silat-Tarung (2)

Yang paling seru adalah pada pertunjukan terkahir, ada pertarungan para pendekar hingga berdarah, menggunakan senjata golok, tombak, rantai dan tongkat. ngeri sekali memang! Jeritan para penonton membuat suasana semakin tegang, darah-darah becucuran bahkan tombak pun menusuk kepada salah satu pendekar dan ada pendekar yang digorok… wuiiihhh!!.

Pencak Silat-Berdarah (14)

Namun jangan khawatir, semua itu hanya acting. Para pendekar ini adalah orang-orang professional, layaknya actor mereka bermain serius, dan darah-darah yang berceceran hanya darah palsu. Tapi WM menyarankan, saat memotret moment ini lebih baik Sobat agak jauh dari stage karena bisa saja ada senjata yang tidak sengaja terlempat ke penonton, bahkan ada beberapa penonton yang berdarah karena terkena pecahan genting. Untuk itu gunakan lensa yang memiliki FL panjang, supaya Sobat bisa memotret dari jarak jauh:).

Tidak lupa sebelum WM kembali ke rumah, WM mengambil moment diluar keriuhan pertunjukan pencak silat yaitu seorang pendagang kacang tanah, yup! Pedagang kacang tanah adalah salah satu icon pedagang pada acara-acara akbar seperti pertunjukan wayang dan Pencak silat di kampung. Dimana ada wayang dan pencak silat disitu ada pedagang kacang tanah, hehe..

Penjual Kacang Tanah

Penjual Kacang Tanah (2)

Ok Sob,. sampai disini dulu artikel kali ini, jika Sobat mau lihat hasil hunting pencak silat yang lainnya, silahkan lihat disini https://www.flickr.com/photos/chenlinsar/with/16652511329/

20141222_191738

Jasa Photoboot Untuk Wedding Party, Birthday Party & Couple Party

Photoboot memang lagi ngetrend sampai saat ini, bagaimana tidak? Jika dulu kita bisa narsis didepan photoboot di mall-mall, sekarang photoboot bisa Sobat bawa ke tempat Sobat..hehe..

Yup, jasa photoboot – sekarang Sobat bisa mencobanya di rumah, jasa ini bisa dipakai untuk acara resepsi wedding, ulang tahun, bahkan acara kantor. Tamu undangan yang datang ke acara Sobat bisa mendapatkan foto secara instant dan bisa langsung dipajang dirumahnya begitu mereka pulang.

20141222_191738Berapa biaya jasa photboot ini?

  • 100 sesi foto = Rp. 1.500.000
  • 200 sesi foto = Rp. 2.200.000
  • 300 sesi foto = Rp. 2.900.000
  • 400 sesi foto = Rp. 3.600.000
  • 500 sesi foto = Rp. 4.300.000

Harga tersebut sudah termasuk lighting, background (bisa disesuaikan), mesin cetak, laptop, operator.

Sobat juga bisa memesan frame agar photobot Sobat bisa langsung dipajang:

Bahan AK 310 Grm – Fulcolour 4/0 ( 1 muka )

Harga :

@ 250pcs – 300pcs: Rp.2500  / pc ( Minimal order  )

@ 301 -500 : Rp. 2.300/ Pc

@501 – 1000 : Rp. 2.000 / Pc

Sample Frame

Sample Frame

Jika Sobat membutuhkan jasa photoboot, silahkan hubungi WM di 087722539267 atau pin BB: 75D6286E

Pink and Bokeh

Bagaimana Cara Memotret Bunga ?

Bunga adalah salah satu ciptaan Tuhan yang paling indah, paling banyak disukai orang-orang, juga banyak disukai fotografer sehingga banyak komunitas fotografi bunga di Indonesia yang bermunculan di sosial media seperti Facebook. Karena fotografi bunga adalah salah satu jenis fotografi favorit , Sobat tidak akan sulit untuk mempelajarinya, Sobat tinggal gabung di komunitas fotografi bunga tersebut dan belajar bersama mereka.

Pink and Bokeh

“Pink and Bokeh” (F/4.0 ISO:320 1/1000) oleh Milana Ryan

Jika dilingkungan Sobat tidak menemukan bunga yang bagus, atau Sobat tidak memiliki kebun sendiri, mulai sekarang cobalah menanam bunga dalam pot atau membuat taman kecil, selain sebagai hiasan rumah juga menjadi taman eksperimen fotografi bunga. Baca lebih lanjut

Prewedding Puji & Anggit @2014

Membuat Montase Dengan Cepat

Prewedding Puji & Anggit @2014

Prewedding Puji & Anggit @2014

Membuat foto montase sebetulnya sangat mudah jika kita sudah menguasai Photoshop. Jadi dasarnya adalah Sobat harus menguasai dulu photoshop, minimal Sobat mengenal tool, layer, effect, masking, channel, dll.

Tutorial kali ini, WM akan coba menggabungkan 6 foto kedalam satu frame. WM terlebih dahulu membuat konsep ketika prewedding berjalan, thanks to Puji & Anggit yang sudah mau diajak bekerjasama untuk membuat konsep ini.

Sobat memerlukan tripod supaya posisi kamera tidak berubah dan sebelum memotret subjek cobalah beberapa kali untuk mendapatkan settingan yang tepat pada kamera.

Untuk menggabungkan ke 6 foto diatas, WM menggunakan photoshop CS3. Caranya: Baca lebih lanjut

Banner we move forward

Hunting KP-BS: We Move Forward

KP-BS mengajak anda semua untuk ikut berpartisipasi di acara hunting amal dalam rangka penggalangan dana untuk pembuatan kantor sekretariat Komunitas Photographer Bandung Selatan yang berlokasi di Miko Mall Kopo.

kegiatan hunting akan di laksanakan pada:


hari : minggu 14 Desember 2014
waktu : 10.00 – selesai

demikian pemberitahuan ini kami buat dengan harapan kawan-kawan semua bisa menghadirinya.

terimakasih.

Cp. Yosa Fiandra 0878 2226 5554
Lilo Armadilo 0813 9451 4747

IMG_3834 copy (Large)

WORKSHOP KP-BS: Soft Lighting dan Hard lighting

Bandung, Minggu (23/11/2014)- Komunitas Photographer Bandung Selatan kembali mengadakan workshop, yang kali ini mengambil tema Soft Lighting dan Hard Lighting di MikoMall Kopo yang materinya dibawakan oleh Om Irwan K Tanusondjadja (VISICO) seorang fotografer profesional dari Bandung yang sudah malang melintang di dunia lighting photography.

Tema yang dibahas kali ini sangat menarik, karena lighting atau pencahayaan dalam fotografi sangat penting sekali untuk mendapatkan foto yang baik, itu dilihat dari antusiasme peserta yang hadir betul-betul serius memperhatikan bagaimana Om Irwan langsung mempraktekan teknik soft lighting dan hard lighting ini. Baca lebih lanjut

Panduan untuk Mengganti Shutter Kamera DSLR Sobat

Panduan untuk Mengganti Shutter Kamera DSLR Sobat [VIDEO]

Shutter kamera Sobat tiba-tiba mati rasanya menyakitkan bukan? Itulah yang terjadi pada fotografer Myles Dunphy ketika perjalanan ke Fiji. Shutter pada Canon 5D Mark II tiba-tiba berhenti dan matot alias mati total, Informasi yang dia dapatkan dari bengkel kamera bahwa harga untuk memperbaikinya sebesar $500 atau sekitar Rp.6.000.000. Wow mahal benar!. Mengetahui bahwa shutter pengganti harganya hanya $90, Dunphy memutuskan untuk memperbaikinya sendiri. Namun itu juga setelah tanya kesana-kemari sekitar 6 bulan hingga ia memiliki keberanian untuk membongkar kameranya.

Proses pembongkaran kamera dan ribuan komponen yang berbeda menjadi masalah yang sedikit rumit, tapi tidak serumit ketika meletakan komponen-komponen tersebut pada tempatnya, karena salah menempatkan komponen kecil seperti baut resikonya Kamera kesayangan Sobat tidak akan berfungsi, Dunphy menunjukan agar komponen yang dibongkar berada pada urutan rangka jarum jam dengan sekrup ditempatkan di lokasi aslinya. Dengan begitu ketika dia menyusun kembali segala sesuatunya tinggal berlawanan dengan arah jarum jam, terdengar mudah padahal sangat sulit.

Panduan untuk Mengganti Shutter Kamera DSLR Sobat

Cara Mengganti shutter  5D Mark III

Peringatan!: Jangan mencoba perbaikan apapun tanpa mempertimbangkan risiko terhadap keselamatan dan fungsi kamera serta garansi!

Sobat membutuhkan sejumlah alat untuk berhasil memperbaiki kamera DSLR seeprti yang digunakan Dunphy berikut ini:

  • obeng “Phillips # 00
  • obeng Torx T7: diperlukan untuk 3 sekrup – untuk membuka unit sensor
  • Pinset atau tang jarum yang sangat kecil
  • Sepotong selotip
  • Double tipe atau lem (untuk memasang kembali grip karet)
  • Solder besi: jika shutter pengganti tidak datang dengan kabel yang terhubung ke motor Sobat akan perlu untuk men-solder kabel dari unit yang lama dan solder ke unit yang baru
  • Rasa keberanian😀

Setelah Sobat berhasil mengganti shutternya dan kamera bisa berjalan normal, itu artinya Sobat bisa membuka usaha untuk memperbaiki shutter kamera yang mati, dan ini bisa menghasilkan uang tambahan J

Apakah Sobat berani mencoba untuk memperbaiki kamera Sobat sendiri? Bagi pengalaman Sobat dibawah ini.

 

10 Tips & Trik untuk Fotografi Portrait Yang Baik

10 Tips & Trik untuk Fotografi Portrait Yang Baik

Portrait adalah salah satu jenis dalam fotografi dari sekian banyak jenis fotografi. Fotografi Portrait biasanya memotret wajah seseorang dalam satu adegan foto. Jika Sobat senang memotret teman, anggota keluarga, model atau orang lain, mungkin Sobat termasuk dalam kategori fotografi ini.

Sebuah portrait yang baik adalah portrait yang memiliki cerita, dapat menciptakan sesuatu yang unik atau portrait yang berisi kenangan. Portrait yang baik juga mengungkapkan kepribadian sejati dari seseorang. Jadi bagaimana memotret portrait dengan baik?

10 Tips & Trik untuk Fotografi Portrait Yang Baik

Foto yang diambil oleh Daniel L

  1. Background

Background memainkan peranan penting dalam semua jenis fotografi, namun…seperti yang WM jelaskan tadi karena portrait adalah mengenai tentang wajah seseorang, maka sangat penting untuk menggunakan background yang tidak menganggu subjek. Gunakan background yang sederhana saja. Tapi kadang-kadang background lingkungan diperlukan juga untuk menonjolkan kepribadian dari subjek yang kita potret.

Misal, jika Sobat akan memotret seorang guru, Sobat mungkin bisa melakukannya di di dalam kelas, dimana Sobat dapat menambahkan tumpukan buku atau pensil sebagai penguat karakter subjek dan background papan tulis dimana itu menggambarkan bahwa subjek adalah seorang guru. Namun sekali lagi, background jangan terlalu terlihat menonjol ya Sob!. Buatlah background menjadi blur atau mungkin sedikit lebih gelap daripada subjek. Untuk membuat background menjadi blur, Sobat bisa menggunakan lensa zoom dan memotret dari jarak dekat atau dengan pengaturan manual pada wide aperture

  1. Pencahayaan

Jika Sobat memotret dengan cahaya alami, Sobat akan mendapatkan warna-warna yang natural. Namun hati-hati, pemotretan outdoor bisa menjadi rumit jika Sobat tidak dapat mengontrol cahaya dalam beberapa situasi. Misalkan, Sobat jangan menempatkan Subjek tepat di depan matahari, karena hal ini dapat menyebabkan hasil portrait terlalu terang atau terjadi backlight dimana subjek menjadi gelap. Pemotretan di tengah hari juga sebaiknya dihindari sebisa mungkin karena akan banyak sekali bayangan keras di area muka.

Untuk hasil terbaik, arahkan posisi subjek agar berada disalah satu sisi arah cahaya matahari sehingga cahaya matahari menyorot pada bagian samping wajah. Sobat juga bisa menggunakan reflector atau flash eksternal untuk menerangi bagian lain dari wajah. Jika sobat memotret di dalam ruangan, pastikan Sobat menggunakan sumber cahaya yang merata dan lembut untuk menerangi subjek.

  1. Aperture

Coba-cobalah bermain dengan aperture. Aperture dengan bukaan lebar (dengan angka yang lebih rendah) akan mengaburkan (blur) background sehingga membuat subjek terlihat lebih menonjol. Sebaliknya, Aperture dengan bukaan kecil (dengan angka yang lebih tinggi) akan membuat seluruh scene menjadi jelas. Biasanya untuk jenis fotografi portrait gunakan aperture f/2.0 sampai f/5.0.

Pribahasa mengatakan, “Mata adalah adalah cermin pikiran.” Dalam portrait hal ini berlaku. Itulah kenapa Saat memotret, Sobat harus fokus pada mata subjek, kenapa? Karena mata memiliki banyak cerita, dan Sobat sebagai fotografer portrait harus bisa memunculkan kesan pada mata. Tidak harus melulu memunculkan ekspresi wajah dalam portrait, cobalah fokus pada mata subjek untuk mendapatkan kesan yang lain.

.

10 Tips & Trik untuk Fotografi Portrait Yang Baik

“Julianna dan Ilya – oleh Olesia Kliots

 

  1. Angle (Sudut Pandang) dan Pose.

Pose dan angel memainkan peranan penting dalam dunia portrait. Ekspresi subjek yang sadar kamera sudah terlalu umum kita liat. Cobalah gaya lain yang lebih menyentuh, misalkan sedikit senyuman agar terlihat misterius, ekspresi menggoda, memiringkan dagu ke bawah atau ke atas, seolah menengok sambil berjalan atau pose duduk tapi sambil melihat ke atas. Lakukan banyak eksperiment hingga Sobat mendapatkan portrait yang luar biasa!

  1. Buat Model Nyaman.

Untuk membuat portrait agar terlihat natural sehingga bisa memunculkan kepribadian model yang Sobat potret, Sobat harus membuat model senyaman mungkin. Dia harus merasa berada di rumah sendiri agar bebas dan spontan. Pastikan sebelum melakukan pemotretan, Sobat sudah mengenal model lebih jauh dan model pun mengenal Sobat, sehingga model akan merasa nyaman. Juga, jangan lupa untuk selalu tersenyum dan buat beberapa lelucon atau berbicara sesuatu yang dapat menarik model.

  1. Ambil Banyak Jepretan.

Sekarang sudah era digital ya Sob!, tidak seperti kamera yang masih menggunakan film konvensional sehingga setiap jepretan harus diperhitungkan karena harus membeli film. Dengan kamera digital, Sobat tidak perlu melakukan semua itu. Jadi, kenapa Sobat tidak memotret sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan banyak angel, pose dan ekspresi? Sobat bisa memotret di dalam ruangan, diluar ruangan, di area taman, ganti pakaian atau mengganti makeup. Lakukan banyak kreativitas, teruslah memotret. Ini tidak hanya akan membuat koleksi portrait Sobat menjadi lebih banyak dan bervariasi, juga bisa membuat model lebih nyaman dengan Sobat; Ia akan terbiasa dengan style Sobat sehingga akan terjadi ikatan kepribadian sehingga portrait Sobat akan terlihat lebih alami.

  1. Posisi Kamera.

Memotret portrait tidak harus selalu sejajar dengan mata subjek. Posisi kamera lebih tinggi atau lebih rendah sambil menjaga fokus pada mata akan membuat sebuah portrait yang menarik dan unik. Jadi biarkan model duduk, berdiri, naik ke atas bangku atau tangga, atau Sobat yang melakukannya.

  1. Makeup.

Makeup merupakan elemen penting bagi sebagian besar portrait, dengan makeup subjek akan terlihat lebih bercahaya dan tentu saja akan terlihat memiliki kesan. Beberapa makeup kreatif juga bisa Sobat lakukan sesuai dengan model atau yang sedang trend hari ini, atau Sobat juga bisa menyesuaikan makeup berdasarkan kepribadiannya. Dengan Makeup Subjek akan merasa lebih percaya diri.

10 Tips & Trik untuk Fotografi Portrait Yang Baik

Foto oleh Alexei Jurchenko

 

  1. Gunakan Asisten

Asisten bisa Sobat kerjakan untuk membantu memegang reflector atau membantu memberikan ide yang baik untuk pose-pose model yang sedang Sobat potret. Sobat mungkin bisa bertanya kepada model Sobat untuk membawa teman atau anggota keluarganya yang dapat membantunya untuk menjadi asisten, sehingga membuat model lebih nyaman. Atau Sobat bisa membayar orang yang sudah berpengalaman untuk pekerjaan sebagai asisten fotografer. Atau mungkin Sobat bisa cari seseorang yang sedang magang dari sekolah jurusan fotografi, jadi Sobat bisa juga sharing ilmu kepadanya.

Sumber: photographerschool.com

Komposisi Foto

10 Elemen Untuk Mendapatkan Komposisi Yang Baik

Komposisi Foto

Sobat mungkin sudah ahli dalam memilih alat fotografi atau sudah tahu settingan mana yang bagus untuk memotret sesuatu, tapi jika Sobat belum menguasai komposisi foto, hasil jepretan Sobat akan terlihat biasa-biasa. Komposisi berfungsi agar orang yang melihat hasil jepretan kita tertuju pada apa yang akan kita sampaikan dalam fotografi.

Begita banyak ide, konsep dan aturan ketika membicarakan komposisi. Aturan-aturan tersebut bisa jadi membuat Sobat bingung ketika Sobat akan melakukan pemotretan, tapi sesungguhnya untuk mendapatkan komposisi yang baik adalah mengetahui persis adegan apa yang akan di potret.

Lalu apa aturan utama komposisi? Lakukan apa yang menurut sobat paling baik.

Aturan dirancang untuk memandu Sobat ke tempat yang mengesankan pada otak dan mata manusia. “Tujuan dari komposisi adalah untuk mengurangi kompleksitas dalam adegan”. Sebuah komposisi yang baik dapat mengurangi hasil jepretan yang kurang bagus.

Dalam salah satu adegan (scene) setidaknya ada 10 Elemen Untuk Mendapatkan Komposisi Yang Baik dan memahami mengapa mata Sobat tertuju padanya (subjek) dan cari tahu apa yang benar-benar penting dan apa yang dapat mengalihkan perhatiannya. Setelah Sobat melakukannya, Sobat tahu apa yang Sobat potret.

  1. Jika Sobat sudah menemukan apa yang akan Sobat potret, pastikan subjek tersebut tidak bergoyang sedikitpun
  2. Semakin besar sesuatu, semakin penting didalam frame. Objek yang lebih besar dari lingkungannya akan mendominasi adegan dan memberitahu subjek utama dalam frame.
  3. Buat sesuatu yang berbeda. Manusia adalah mahluk yang jeli. ketika melihat sesuatu yang menonjol mereka akan melihatnya. Ketika Sobat memotret sesuatu yang unik, tonjolkan keunikannya.
  4. Lihat pencahayaan secara hati-hati dan gunakan kecerahan untuk menyorot subjek yang Sobat inginkan. Kita sering melihat dalam sebuah foto atau apapun yang terlihat terang… area terang ini kadang mengganggu atau ini bisa dijadikan seuatu yang menarik perhatian.Landscape indah dan misterius
  5. Manusia suka dengan bentuk. Bentuk bisa membantu Sobat untuk menarik perhatian dari sebuah foto,
  6. Warna menarik perhatian kita. Manusia memiliki hubungan dengan warna yang eye-catching dan berani. Itu sebabnya kita menyukai matahari terbenam, cuaca yang cerah atau warna-warna bunga.
  7. Usahakan focus pada subjek agar hasilnya bisa tajam dan akan menarik perhatian orang yang melihatnya.
  8. Memiliki kontras dalam sebuah foto adalah hal yang baik. Sobat bisa menambahkan level kontras pada saat editing foto. Memotret pada level kontras yang sesuai akan membuat foto lebih hidup dan menarik.landscape, Australia
  9. Cari sesuatu yang tidak biasa, sesuatu yang berdiri terpisah dari segala sesuatu yang lain.
  10. Buat seolah-olah kita berada dalam foto tersebut. Pernahkah Sobat melihat foto dan seolah-olah Sobat berada di tempat itu. Coba Sobat teliti bagaimana bisa para fotografer tersebut menempatkan komposisinya sehingga seolah-olah kita berada di dalam foto tersebut.

Itulah 10 Elemen untuk mendapatkan kompoisi yang baik, jika Sobat akan menambahkan silahkan isi di kolom komentar di bawah ini.

 

Prewedding Andy & Vika | Lokasi : Curug Tilu-Ciwidey Bandung

Prewedding di Curug Tilu-Ciwidey

Kali ini WM dapet Job motret Prewedding lagi di daerah Ciwidey….Walau di bulan Ramadhan, tentu saja WM tetep semangat untuk melakukan pemotretan prewedding. Lumayan lah, berkah Ramadhan… hehe.

Rencananya WM akan melakukan pemotretan prewedding di Kawah Putih-Ciwidey, namun karena klien WM kali ini datangnya langsung dari Tanggerang, jadinya agak telat ke Bandung. Karena kalau motret di Kawah Putih itu tidak bisa terlalu sore, biasanya lewat pukul 15.00 WIB kawasan Kawah Putih sudah ditutup karena kabut sudah mulai turun.

Klien yang harusnya datang jam 09.00 WIB, baru datang jam 11.30 WIB. Jadi lumayan molor waktunya banyak ya Sob, hehe!. Belum lagi harus terpotong dengan make-up sekitar 1 jam, dan jarak dari tempat make-up ke lokasi sekitar 2 jam perjalanan. Jadi sudah pasti prewedding di Kawah Putih sudah tidak meyakinkan.

Oh iya, Klien WM kali ini namanya Andy dan Vika. Andy yang menghubungi WM dua minggu sebelum pemotretan, katanya dia sudah searching di Google harga tiket masuk ke Kawah Putih sekitar Rp.150.000. WM sih ketawa aja karena itu baru tiket masuk mobil saja, belum termasuk tiket masuk per orang dan tiket izin prewedding (gak usah di bahas lagi, silahkan aja baca Prewedding Kawah Putih-Tarif Mahal Fasilitas Minim)

Btw, kalau klien sanggup bayar no problem untuk WM mah! Karena tugas WM adalah melayani klien untuk memotret prewedding, Sip!. Harga sudah OK! Tinggal booking tanggal dan tentu saja uang muka sebagai tanda penjadi.

Kita lanjutkan perjalanan prewedding lagi ya Sob!, karena matahari sudah condong ke arah Barat itu artinya hari sudah sore, WM liat jam sudah menunjukan pukul 14.00WIB. karena takut tidak akan kesampaian untuk memotret di Ciwidey (karena cuaca disana tidak dapat di prediksi), jadi WM putuskan untuk berhenti sejenak di Jembatan Karat (jembatan bekas rel kereta api Bandung-Ciwidey) yang memang cukup jadi pavorite untuk pemotretan prewedding. Namun sayang, kini jembatan kereta api-nya sudah di beton, jadi kesan rel kereta apinya jadi agak memudar. Allhamdulillah kita mendapatkan beberapa spot disana.

Prewedding di Bandung

Prewedding Andy & Vika | Lokasi : Jembatan Karat-Ciwidey Bandung

Prewedding di Bandung

Prewedding Andy & Vika | Lokasi : Jembatan Karat-Ciwidey Bandung

Karena waktu sudah lebih dari jam 15.00WIB jadi tidak mungkin kita melakukan pemotretan di Kawah Putih, hingga akhirnya kita putuskan untuk memotret di Situ Patengan, siapa tahu disana viewnya bagus dan mudah-mudahan tidak turun kabut.

Namun dalam perjalanan menuju Situ Patengan, tiba-tiba WM melihat tempat wisata yang rada unik di sebelah kanan jalan setelah Pemandian Air Panas Cimanggu, nama tempatnya Curug Tilu (curug=air terjun, Tilu =tiga). Wah! Tempat baru ni buat foto-foto prewedding!!

Tiket masuknya hanya Rp. 10.000, karena WM pikir disana tidak ada biaya tambahan untuk prewedding, tapi setalah beberapa menit motret ternyata ada petugas yang datang juga akhirnya minta biaya tambahan untuk prewedding.

Petugas tersebut minta untuk izin prewedding sebesar Rp.350.000, tapi WM coba-coba nego siapa tahu bisa turun… hehehe. Dan akhirnya dengan beberapa perjanjian WM hanya harus bayar Rp.150.000, ya gak terlalu mahal lah kalau segitu mah.

Prewedding di Bandung

Prewedding Andy & Vika | Lokasi : Curug Tilu-Ciwidey Bandung

IMG_0901 re

Prewedding Andy & Vika | Lokasi : Curug Tilu-Ciwidey Bandung

Fasilitas di Curug Tilu cukup lumayan, disana banyak air terjun kecil, batu-batu, saung dan  kolam ikan, area parkirnya juga lumayan luas.

Pemotretan di Curug Tilu berlangsung sampai pukul 18.00WIB, karena kondisi alamnya juga agak gerimis jadinya sesi pemotretan banyak kepotong, itulah resiko kalau motret prewedding di daerah tropis apalagi sore-sore, motret pagi-pagi aja terkadang turun hujan. Tapi, hujan jangan jadi halangan justru kita jadikan tantangan sebagai pengalaman kita sebagai fotografer, supaya bisa memotret kapan saja dan dimana saja tidak mengenal cuaca😀.

Prewedding di Bandung

Prewedding Andy & Vika | Lokasi : Curug Tilu-Ciwidey Bandung

Foto-foto lainnya silahkan liat DISINI!

Oh Iya Sob, Kalau Sobat atau temen Sobat ada yang mau prewedding di Bandung, silahkan hubungi WM ya di 087722539267 (whatsapp mode on), atau kirim email ke weddingkumagazine@yahoo.com

TREND BISNIS ONLINE FOTOGRAFI 2016 MENINGKAT

style-vision-photo5

“the world upside down” oleh Kelli Ahern

Trend bisnis online sepertinya meningkat hampir di semua lini bisnis, tidak terkecuali dalam bisnis fotografer, Trend Bisnis Online Fotografi 2016 meningkat. Kepercayaan konsumen terhadap bisnis online sepertinya sekarang berubah drastis dari yang asalnya takut untuk melakukan transaksi , sekarang justru mereka lebih suka berbisnis online daripada offline.

Saat awal-awal berbisnis online sekitar tahun 2003, sangat sulit sekali mendapatkan kepercayaan dari konsumen karena kebanyakan mereka takut tertipu. Saat itu media blog juga belum sepenuhnya digunakan untuk berbisnis online, karena trend blog saat itu adalah tempat curhat para blogger layaknya diary. Walaupun ada beberapa teman-teman blogger juga yang sudah berbisnis online dan berhasil.

Karena saat itu sosial media yang saya tahu belum ada, saat itu belum ada facebook, twitter, Instagram, dll. (mungkin Mark Zurgberg juga masih nongkrong di KASKUS kali hehe…),  forum chatting seperti Yahoo! Messenger, mIRC, Friendster,  menjadi salah tempat tongkrongan yang paling asik untuk berkomunikasi dengan teman-teman dari seluruh dunia, bahkan hampIr-hampir selalu begadang jika mau liburan.. Hmmm.. nostalgia banget!.

Selain karena susahnya bertransaksi saat itu, banyaknya SCAM atau penipuan online sangat merebak dan yang masih eksist hingga saat ini adalah SCAM Nigeria. Berbagai cara penipuan pernah meraka lakukan kepada saya atau kepada teman-teman melalui email, dan karena mereka itu mungkin banyak juga yang tertipu sehingga banyak yang menganggap bahwa jual beli online itu sangat riskan penipuan.

Namun itu dulu ya Sob!!.. yang saya perhatikan sekarang justru sebaliknya. Konsumen itu lebih senang berbelanja online daripada offline. Itulah kenapa sekarang merajalela online shopping bahkan yang sudah punya mall pun gak mau ketinggalan😀.

Bagaimana dengan bisnis fotografi?. Tentu saja bisnis fotografi online juga sekarang sedang merebak, banyak situs-situs fotografi professional yang menampilkan hasil jepretan mereka yang ciamik nan indah, selain jasa photographer wedding atau prewedding, ada juga bisnis retouching foto, jasa design foto, jasa percetakan foto, hingga jasa manipulasi foto. Bukan cuman lokal Sob, kita semua sudah bersaing dengan dunia.

Karena persaingan jasa fotografer online ini semakin berat, maka para owner bisnis fotografer ini bukan cuman harus mahir dalam menawarkan jasa tetapi mereka juga harus mahir dalam bidang SEO (search Engine Optimization), atau gampangnya mereka harus menjadikan situs jasa fotografer mereka selalu nongkorng di tingkat paling atas pada mesin pencarian, terutama mesin pencarian Google. Bagi yang punya modal, mungkin mereka bisa menyewa Google Adwords, atau memasang iklan di media sosial supaya situs fotografi nya banyak didatangi calon konsumen.

Pengalaman berbisnis online terutama dalam dunia fotografi, menurut saya sekarang sudah mulai meningkat. Terbukti banyak klien-klien yang datang dari luar pulau Jawa seperti dari Jambi, Makasar, Samarinda, Balikpapan, Bali, Lombok, bahkan sampai Irian Jaya yang sebagian sudah menjadi pelanggan tetap Weddingku Magazine untuk mencatak album foto wedding-prewedding mereka.

Untuk jasa fotografi, ternyata kita juga bisa mendatangkan klien dari luar Jawa, WM sudah beberapa kali mendatangkan klien dari Makasar dan Samarinda yang ingin melakukan pemotretan di Bandung dimana WM menjalankan bisnis ini.

Banyak pahit-manis dalam menjalankan bisnis fotografi ini, namun jika kita mau tetap fokus dan berusaha, Insya Allah akan datang saatnya bisnis kita menjadi bisnis yang besar, Aamin!

 

“Untuk Sobat-sobat yang ingin menawarkan jasa fotografernya di blog ini, mari kita bekerja sama untuk meningkatkan bisnis jasa fotografi kita. Silahkan hubungi team Weddingku Magazine melalui email weddingkumagazine@yahoo.com atau telp/WA: 0877 2253 9267 (no SMS), via Telkomsel: 0812 1467 6120. Blog ini setiap harinya dikunjungi minimal 700 viewer dan terus meningkat!.”

 

IMG_0069

Opening New Concept deMoss Hijab Store

Menyambut Bulan Suci Ramadhan, deMoss Hijab Store menciptakan konsep belanja baru yaitu konsep deMoss Wisata Berbelanja. Konsep ini menurut WM cukup menarik, karena selain kita bisa berbelanja sekaligus kita bisa berwisata ria. Haah…Berwisata ria??

Yup.. berwisata ria!, karena kini di deMoss kita tidak hanya shopping pakaian Muslim saja, kita juga bisa hunting kuliner dan mambawa anak-anak untuk bermain di playground. Jadi jika Sobat main-main ke deMoss, Sobat tidak perlu khawatir membawa anak-anak. Biarkan anak-anak bermain sekenyangnya di arena bermain/playground disana ada  Rumah Kelinci, Rumah Pohon, Mandi Bola, Arena Naik Kuda, Train Adventure, Arena Sepeda dan Becak, dan masih banyak lagi.

arena bermain deMoss

Mamanya bisa santai shopping, udah capek shopping dan anak-anak juga udah pada laper? Langsung aja hunting kuliner di deMoss Food Truck, pilih makanan atau minuman sesuai selera.

Opening deMoss New Concept ini dihadiri oleh Ibu-ibu Majelis Ta’lim yang ada di Kota Bandung dan juga mengundang anak-anak panti asuhan. Tidak tanggung-tanggung untuk memeriahkan acara ini deMoss mengundang Umi Pipik untuk mengisi tausyah dan artis Instagram nan lucu pemenang Social Award Ria Ricis sebagai bintang tamu, juga dibuka oleh Ibu Walikota Atalia Kamil istri dari Bapak Ridwan Kamil. WM juga melihat beberapa crew TV Nasional  yang meliput acara ini diantaranya dari TRANS7 dan MNC TV.

 

 

Oh iya… WM juga sempat berkenalan dengan pemilik salah satu store yang ada di deMoss, yaitu Pak Adrian Mali beliau adalah owner dari NAYARA.  Dengan slogan “Ingat Keluarga ingat NAYARA!”,  store ini terletak di lantai 2 deMoss, juga membuka cabangnya di beberapa store yang ada di Jakarta dan Bandung. Jadi kalau Sobat sedang belanja di deMoss, sempatkan ya ke lantai 2 untuk lihat-lihat koleksi dari NAYARA.

Owner NAYARA

Pak Adrian Mali (owner NAYARA) dan Ria Ricis

Jika Sobat sedang mencari-cari pakaian Muslim, langsung aja datang ke deMoss Hijab Store Jl. Buah Batu No.149 Bandung, cari pakaian Muslim yang cocok untuk Sobat, biarkan anak-anak bermain di playground.

Selamat menjalankan ibadah Shaum ya Sob!