TUTORIAL : Menghilangkan Pantulan Kacamata Mudah dan Cepat

WeddingkuMagazine – Jika Sobat seorang fotografer, sudah pasti sering dong memotret orang yang memakai kacamata, namun terkadang kacamata tersebut memantulkan cahaya dari flash sehingga memunculkan pantulan warna diantara mata.

 

Sebagian fotografer jarang memperhatikan hal ini, padahal jika dibiarkan ini malah membuat foto yang nantinya  akan dicetak tidak menghasilkan foto yang maksimal karena pada mata objek yang memakai kacamata terlihat pantulan warna, dan terkadang mata objek tertutup oleh pantulan tersebut.

Ada tips yang sangat sederhana untuk mengakali ini, dan tentu saja ini tidak akan menyulitkan editing untuk menghapus atau menghilangkan pantulan itu dengan menggunakan clone stamp tool pada photoshop.

Akarnya adalah ada pada fotografer, sebelum fotografer mengakhiri sesi pemotretan, ada baiknya hasil jepretan dilihat kembali apakah ada pantulan pada mata objek atau tidak (ada sebagian kacamata yang tidak memantul jika kena paparan flash). Atau fotografer yang jeli akan memotret dua kali dimana salah satunya membuka kaca mata namun dengan posisi yang tetap (tidak bergerak) sehingga nantinya mempermudah editing untuk mengedit mata yang terkena pantulan kacamata.

Nah…sekarang bagian editing yang bekerja dengan menggunakan Photoshop, caranya:

Buka terlebih dahulu kedua file (yang satu dengan kacamata memantul, yang satu tidak menggunakan kacamata). Lalu seleksi mata (yang tidak menggunakan kacamata) dengan menggunakan Rectangular Marquee Tool (M).

Copy (ctrl+c) lalu paste (ctrl+v) pada foto yang satu lagi, sehinga akan muncul layer baru (layer 1).

 

pada contoh yang saya buat karena foto yang tidak menggunakan kacamata menggunakan zoom lebih besar, sehingga ketika dipindahkan pada foto yang menggunakan kacamata potongan terlihat lebih besar maka Sobat dapat menggunakan move tool (V) untuk memindahkan dan mengecilkan area mata tersebut.

Berikan opacity 50% pada Layer 1, agar penempatan mata dapat sesuai.

Setelah terlihat pas, jangan lupa kembalikan opacity ke 100%, lalu Masking layer 1  dan lakukan invert (ctrl+i) untuk menyembunyikan mata, brush dengan menggunakan brush tool (B), pastikan foreground colour berwarna putih.

Sekarang Sobat sudah berhasil menghilangkan pantulan pada kacamata.

Selamat mencoba! 🙂 (ch)

 

Artikel lain:

          RETOUCHING MENGGUNAKAN POTRAIT PROFESSIONAL v.10

          ADOBE PHOTOSHOP ELEMENTS 9 UNTUK DESAINER FOTO PEMULA DAN PROFESIONAL

          Album DS Desain Software, Mendesain Album Secara Otomatis

          10 Tips Jitu Mencari Fotografer Wedding/Prawedding

 

 

2 respons untuk ‘TUTORIAL : Menghilangkan Pantulan Kacamata Mudah dan Cepat

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...