Pra Uji Kompetensi Fotografer Yang Diselenggarakan APFI

apfi

Apa itu sertifikasi fotografer? Sertifikasi fotografer adalah lisensi yang harus dimiliki seorang fotografer agar diakui profesi dan keahliannya baik ditingkat nasional bahkan tingkat internasional. Nah, siapa yang berhak mengeluarkan lisensi profesi fotografer di negara kita?

Ternyata negara kita sudah mempunyai wadah atau tempat untuk mendapatkan sertifikat profesi fotografer  yang bernama Asosiasi Profesi Fotografi Indonesia (APFI), Asosiasi ini bertugas untuk mengadakan uji kompetensi fotografi yang di selenggarakan di seluruh Indonesia, sertifikatnya sendiri disahkan oleh negara; itu artinya sertifikat yang di dapatkan oleh fotografer yang telah lulus uji kompetensi dianggap sertifikat yang sah secara internasional.

Di Indonesia sendiri belum banyak yang mempunyai sertifikat fotografer ini, dan baru-baru ini (18-19 November) APFI mengadakan pra-uji kompetensi yang di adakan di Bandung, tepatnya di Universitas Telkom Fakultas Industri Kreatif (FIK) lantai 5.

Pra-ujian ini diharapkan dapat menyaring para fotografer yang berhak ikut uji kompetensi yang akan diadakan tanggal 29-30 November 2016 di Hotel Harris Cimbuleuit sebagai kontingen dari Bandung, karena rencananya tanggal 29-30 November tersebut akan datang fotografer yang lulus pra-uji dari berbagai daerah, dan hanya dibatasi untuk 100 fotografer di seluruh Indonesia. Asiknya Uji Kompetensi yang diadakan oleh Kementrian Industri kreatif ini Gratis, Hanya bayar untuk menjadi anggota APFI saja yang tidak gratis😀

Pre-Uji, Ujikom, Ujian Fotografi

Suasana Pra-Uji kompetensi di Gedung Fakultas Industri Kreatif Universitas Telkom

WM coba ikut juga pra-uji ini, ya siapa tahu WM beruntung termasuk dari 100 orang itu hehe… WM dikasih kabar oleh temen WM dari Komunitas Photographer Bandung Selatan (Om Yosa Fiandra). Pra-ujian dimulai jam 13.00 WIB dan team pengawasnya pun bukan orang biasa-biasa, Yups kang Ari Angin seorang fotografer professional di Bandung yang sudah malang melintang di dunia fotografi bahkan sudah mempunyai sekolah fotografi (Angin Photography School).

Biaya registrasi untuk pra-ujian ini adalah Rp.50.000,- sudah termasuk konsumsi tentunya. Ada 100 soal pilihan ganda yang harus WM selesaikan dalam waktu 30 Menit, dan tentunya itu tidak mudah Sob!.

Karena ternyata menjadi seorang fotografer bukan hanya harus memiliki skill dalam praktek di lapangan saja, namun ternyata kita juga harus menguasai semua teori tentang fotografi. Ya, mungkin karena WM masih kurang dalam memahami teori dalam dunia fotografi jadinya agak sulit juga mengisi soal yang padahal adalah pilihan ganda.

Dari 100 soal tersebut dibagi menjadi 5 bagian sub-soal fotografi (Dasar Fotografi, Pencahayaan, Olah Digital, Bisnis Fotografi & Keselamatan Kerja), ke empat teori ini harus benar-benar dikuasai. WM sih berharap lulus, agar WM bisa ikut uji komptensi fotografer dan mendapatkan ilmu yang lain dari fotografi. Do’ain ya!🙂

 

Satu pemikiran pada “Pra Uji Kompetensi Fotografer Yang Diselenggarakan APFI

  1. Ping balik: Ini Dia Daftar Yang Lulus Pre Test Sertifikasi Fotografi | Weddingku Magazine

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s