Album DS Desain Software, Mendesain Album Secara Otomatis

Jika Sobat mencari solusi desain album yang terintegrasi dengan Photoshop, maka Sobat wajib memiliki Album DS Desain Software. Ada beberapa alasan kenapa Photographer Profesional pada saat Hot One Award menjadikan Album DS (versi 6.1.1) sebagai pemenang untuk Album Desain / Layout.


Ketika Sobat pertama kali menginstal Album DS, installer akan meminta Sobat untuk memilih template (Ada lebih dari 700 tamplate), masker (ada 200 macam), frame (lebih dari 570 macam frame), Background (kurang lebih 326 macam) dan clipart. Sobat dapat menginstal per bagian, atau menginstal semuanya sekaligus. Meskipun ini akan memakan resources yang cukup besar pada hardisk, namun ini tidak terbatas pada template. Album DS memungkinkan Sobat untuk mengkonversi template yang sudah Sobat miliki, atau bahkan membuat template Sobat sendiri dengan cepat.

 

Album DS dapat beroperasi di dalam Photoshop, seperti palet atau panel. Dari antarmuka DS Album, Sobat dapat mengelola foto, melihat desain dan browsing template. Selain antarmuka dasar yang ditunjukkan di bawah ini, Sobat dapat mengaktifkan pada bagian panel preview untuk desain template, gambar, clip-art, latar belakang, masker dan halaman yang sedang dirancang.

 

Keterbatasan dari beberapa aplikasi software template lain adalah Sobat hanya dapat merancang sebuah album ukuran tunggal. Namun dengan Album DS, Sobat akan terbebas dari hal itu karena Album DS secara otomatis akan mengubah ukuran desain agar sesuai dengan ukuran album apapun yang Sobat pilih. Saat Sobat mulai desain album baru, Sobat dapat menggunakan salah satu dari preset yang ada, atau membuat preset baru sesuai spesifikasi laboratorium Sobat.

Ketika Sobat sedang mendesain, Album DS menyimpan link ke foto Sobat sehingga Sobat dengan mudah dapat mengedit dan mengubah ukuran berbagai komponen desain Sobat tanpa perlu khawatir dengan penurunan kualitas gambar. sumber gambar Sobat tidak akan terpotong atau ter-edit dengan cara apa pun; Album DS akan membuat kopian yang mengakses selama fase desain dan dapat diedit kembali di lain waktu jika mungkin Sobat akan pergi atau istirahat dari pekerjaan Sobat.

Jika Sobat tahu mana gambar yang ingin Sobat sertakan dalam spread tertentu, dan ingin melihat template yang biasa Sobat gunakan, Album DS memiliki alat penyaring template yang indah. Cukup pilih jumlah gambar, menunjuk berapa banyak gambar horisontal dan berapa banyak gambar vertikal, kemudian biarkan Album DS menemukan template yang sesuai kebutuhan Sobat. ini dapat menghemat waktu yang lebih banyak kan?.

Setelah Sobat menemukan template yang ingin Sobat gunakan, cukup klik dua kali, dan Album DS akan memuat template, ubah ukurannya agar sesuai dengan desain album Sobat. Menambahkan gambar pada desain cukup mudah dengan memilih bidang gambar pada template, kemudian dobel-klik pada gambar untuk mengisi pembukaan itu.

Agar proses desain berjalan lebih lancar, saya merekomendasikan pengaturan alat pilihan Sobat pada Auto-Select dan Show Transform Controls.

Jika template tampaknya tidak cukup pada apa yang Sobat butuhkan, Sobat bisa memodifikasi tata letak setiap saat Sobat bekerja pada desain (desain Sobat simpan sebagai template untuk digunakan kemudian). Beberapa program album desain dibatasi hanya untuk bujursangkar, tetapi Album DS bisa memasukan gambar ke dalam bentuk apapun yang Sobat inginkan: kotak, lingkaran, bahkan bentuk yang tidak beraturan.

Jelas, Album DS melakukan pekerjaan yang besar yang memungkinkan Sobat untuk membuat desain yang unik secara manual, tetapi jika Sobat sedang mencari otomatisasi, ada fitur auto-desain. Album DS bisa mendesain secara otomatis pada seluruh album untuk Sobat, Sobat juga dapat menggunakan Album DS untuk membuat bukti dan paket gambar.

Jika Sobat sedikit bingung atau tidak mengerti bagaimana menggunakan Album DS. Sobat dapat melihat tutorial atau sign up secara gratis pada webinar mereka sebelum memulai. Untuk mempercepat belajar, Album DS juga memiliki fitur Live Help pada antarmuka. Bila diaktifkan, akan memberikan penjelasan bagi mana alat atau fitur yang Sobat gunakan dalam Album DS.

Ada satu kelemahan pada software desain ini yaitu Window Tetap Pada modus Top, ketika diaktifkan, secara harfiah tetap di atas semua program yang aktif (bahkan jika Sobat tidak sedang menggunakan  Photoshop). Namun ada penjelasan dari Pengembang bahwa Album DS tidak memonitor program mana yang aktif karena akan memakan sumber daya CPU jauh lebih besar (dapat memperlambat komputer). Masuk akal … kan? Sebuah solusi cepat adalah dengan menggunakan hotkey untuk mematikan Stay On Top (Windows: F2). Cmd + M akan menyembunyikan jendela pada Mac.

Untuk beberapa hal, Album DS memberikan Sobat kebebasan dan fleksibilitas dari Photoshop, untuk kenyamanan dan pilihan otomatis yang Sobat butuhkan untuk membantu studio Sobat berjalan efisien.

Album DS kompatibel dengan Mac dan Windows, dan bekerja dengan Adobe Photoshop CS untuk versi CS4. Harga untuk Album DS dimulai pada $ 349 untuk lisensi tunggal; lisensi tambahan $ 125 per lisensi dan pengguna bisa mendapatkan salah satu secara gratis dengan menghadiri Free DS webinar. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi AlbumDS.com ; versi demo gratis juga tersedia untuk di-download.

2 pemikiran pada “Album DS Desain Software, Mendesain Album Secara Otomatis

  1. Ping balik: TUTORIAL : Menghilangkan Background Biru Dengan Color Range « Weddingku Magazine

  2. Ping balik: TUTORIAL : Menghilangkan Pantulan Kacamata Mudah dan Cepat « Weddingku Magazine

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s