10 Tips Jitu Mencari Fotografer Wedding/Prawedding


Jika Sobat sedang membutuhkan seorang fotografer untuk Wedding atau Prawedding, tidak ada salahnya Sobat mengetahui terlebih dahulu tips-tips berikut ini, agar Sobat tidak menyesal seumur hidup karena ternyata fotografer yang Sobat pakai adalah fotografer yang amatiran, karena bagaimana tidak acara wedding adalah moment yang sangat penting dan tidak dapat diulang kembali.

Sebelum Sobat memberikan uang muka, ada baiknya Sobat memperhatikan hal-hal berikut :

  1. Tentukan budget yang akan Sobat keluarkan untuk acara wedding Sobat, tidak perlu mengeluarkan uang yang besar jika sobat tahu dan jitu memilih fotografer, walaupun uang menentukan kualitas, namun tidak sedikit fotografer amatir yang memberikan harga tinggi hanya untuk iseng-iseng berhadiah, “jika ada yang mau ya monggo, jika tidak ya tidak apa-apa, wong saya bukan fotografer profesional!”.
  2. Tentukan daftar fotografer yang sesuai dengan impian Sobat, misalnya Apakah fotografer tersebut mau memotret Sobat di gedung mewah, atau apakah dia siap untuk memotret di luar (outdoor), karena jika tidak, dikhawatirkan nanti hasilnya tidak sesuai dengan apa yang Sobat impikan.
  3. Jika Sobat sering beselancar di dunia maya, carilah referensi di situs/blog fotografer yang ada di daerah Sobat atau di daerah dimana Sobat akan melaksanakan acara resepsi. Jika sudah dapat, carilah informasi selengakap-lengkapnya tentang situs fotgrafer tersebut.
  4. Berapa harga yang ditawarkan? Apa yang Sobat dapat dari harga tersebut? Apakah sobat mendapatkan hak atas foto tersebut, karena ada beberapa fotografer yang mengharuskan konsumennya membayar kembali untuk file-file foto. Jangan sampai “membeli kucing di dalam karung”.
  5. Jika Sobat berkenan, buatlah jadwal pertemuan dengan beberapa fotografer wedding agar Sobat dapat membadingkan antara satu fotografer dengan fotografer lainnya.
  6. Buat janjian dengan fotografer wedding yang sudah Sobat pilih disaat mereka sedang bekerja (biasanya hari minggu para fotografer wedding bekerja di tempat resepsi). Ini tujuannya agar Sobat dapat melihat perlengkapan apa saja yang dipakai oleh fotografer wedding tersebut. Atau jika Sobat tahu alamat rumah/toko mereka, datang saja langsung ke alamat tersebut sambil melihat-lihat sample desain atau album yang sudah  jadi.
  7. Lihatlah peralatan yang mereka gunakan, jika kamera yang mereka gunakan adalah kamera yang banyak dijual di kaki lima sudah tentu mereka adalah fotografer amatir, namun jika kamera yang mereka gunakan layaknya kamera yang sering Anda lihat di iklan-iklan televisi kemungkinan memang ini yang Sobat cari karena kamera yang bagus menentukan kualitas yang bagus, walaupun sebetulnya penentu terakhir adalah seorang desainer, tetap kualitas foto tetap harus Sobat perhatikan.
  8. Pastikan sebelum hari H Sobat sudah ngobrol-ngobrol dulu dengan fotografer wedding mengenai techincal meeting, apa yang harus dilakukan fotografer, kapan mereka datang, apa saja yang harus dipotret, dsb.
  9. Sebelum hari H, Undanglah fotografer wedding tersebut ke rumah sobat untuk mengetahui spot-spot yang paling bagus untuk diambil ketika sesi pemotretan, karena fotografer wedding yang bagus adalah fotografer yang cepat tanggap memilih spot-spot yang baik untuk memotret.
  10. Siapkan budget seminim mungkin untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, untuk itu pilih-pilihlah fotografer yang menurut sobat paling baik, setelah itu lihat testimoninya, kalau perlu tanyakan latar belakang fotografer tersebut apakah dulunya mereka kursus atau pernah bekerja di studio foto.

Itulah tips-tips yang harus Sobat lakukan sebelum menentukan fotografer wedding yang akan sobat pergunakan jasanya. (ch)

Baca Juga:

–          Outdoor Paling Murah Di Kota Bandung

–          3 Tempat Prewedding Yang Ada Di Bandung Selatan

–          PAKET PHOTOGRAPHY

9 pemikiran pada “10 Tips Jitu Mencari Fotografer Wedding/Prawedding

    • cari kamera dSLR yg bagus dengan dana terbatas emang susah Sob…tapi untuk pemula Sobat bisa beli CANON 1100D atau NIKON D5000, harganya dibawah 5jt..

  1. Ping balik: 10 Tips untuk Menjadi Fotografer Slebor « Weddingku Magazine

  2. Ping balik: 7 Teknik Memegang Kamera Yang Baik Dan Benar « Weddingku Magazine

  3. Ping balik: Halaman tidak ditemukan « Weddingku Magazine

  4. Ping balik: 10 Tips Memotret Sunset Dan Sunrise « Weddingku Magazine

  5. Ping balik: TUTORIAL : Menghilangkan Pantulan Kacamata Mudah dan Cepat « Weddingku Magazine

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s