RETOUCHING MENGGUNAKAN POTRAIT PROFESSIONAL v.10

Retouching, atau me-retouch dalam dunia fotografi digital berarti memperbaiki (menambahkan atau mengurangi) sesuatu pada gambar objek yang dinilai kurang artistik. Namun sebagian teman saya sering menyebut kata retouching dengan kata ‘tursir’ karena kata itu katanya lebih cocok untuk bahasa sehari-hari yaitu bahasa Indonesia.

Kali ini saya akan membahas mengenai retouching potret, yaitu memuluskan kulit pada gambar potret, namun software yang saya gunakan kali ini adalah Potrait Professional v.10 terbaru yaitu perangkat lunak milik anthropics technology yang diprogram khusus untuk me-retouch wajah.

Setelah Sobat membuka Potrait Professional 10 (PP v.10), Sobat akan disuguhkan dengan tampilan yang menurut saya sangat mudah fahami bahkan untuk orang awam sekalipun, karena tampilannya cukup bersahabat.

PP v.10 menggunakan jendela Control Panel (di sebelah kanan pada jendela tampilan) dimana hampir semua pengaturan untuk retouching ada disini.

Tahap 1. Tampilan depan Potrait Professional 10

Klik Open Image (yg di lingkar merah) untuk membuka file potret Sobat

Setelah Sobat membuka potret yang akan sobat retouch, kita akan lihat pada Control Panel dimana ada dua alternatif pilihan untuk jenis kelamin (Female untuk potret wanita dan Male untuk potret Pria) saya senang sekali karena kali ini PP v.10 tidak lupa memberikan fitur baru yaitu pilihan centang untuk anak-anak (child) yang posisinya berada di bagian atas pilihan jenis kelamin, dimana di versi sebelumnya fitur ini tidak ada.

Kali ini Potrait Proffesional memberikan fitur tambahan yaitu pilihan centang untuk potret anak-anak (child)


Fix Orentation untuk memutarkan Image yang miring

Seperti yang Sobat lihat pada gambar diatas, PP v.10 juga menyediakan Fix Orentation (di Control Panel bagian paling bawah) tool ini berguna untuk memutarkan potret Sobat yang miring atau terbalik.

OK, sekarang saya akan menggunakan model seorang perempuan keturunan China yg cantik jelita, Entah siapa namanya namun sepertinya dia cocok dijadikan model untuk retouching karena dimukanya ada sedikit bintik-bintik merah yang nanti akan saya hilangkan atau rapihkan menggunakan PP v.10 terbaru ini!

Tahap 2. Model perempuan yang cantik.

Setelah sobat memilih jenis kelamin dari potret yang Sobat pilih, sekarang sobat diminta menentukan point-point di beberapa sudut muka untuk menemukan bentuk muka dari potret Sobat.

Tahap 3. Untuk menemukan point-point yg tepat, Sobat bisa melihat pada preview di sebelah kanan.

Tahap 4. Point-point nantinya berguna untuk menentukan bentuk muka agar lebih simetris (lihat garis-garis biru), perjalanan menentukan point ini sebetulnya panjang (dimulai dari penentuan titik mata, alis, hidung, mulut dan gigi hingga titik pada bentuk muka) hanya saja gambar diatas adalah hasil akhir dari penentuan point-point tersebut.

Untuk berpindah dari satu point ke point yang lainnya, Sobat cukup menekan spacebar (next) pada keyboard sobat, sehingga kerja Sobat akan lebih cepat.

Setelah semuanya dirasa telah cukup, dan Sobat telah menentukan point-point kita masuk ke tahap selanjutnya, yaitu tahap paling akhir (finishing retouch).

Klik next untuk masuk ke tahap selanjutnya (tahap 5) dimana kini potret kita kelihatan rapi, sekarang Sobat bisa lihat muka model saya menjadi mulus😀. Tapi itu belum cukup. Coba kita lihat view Before and After (jendela review ada di sebelah kiri atas) supaya kita bisa lihat sebelum dan sesudahnya.

Hmmm..cukup mulus tapi saya lebih senang kalo bentuk mukanya tetap seperti aslinya, ntar marah yang punya foto kalo mukanya saya ubah hehe…:D.

Untuk mengaktifkan dan meng-non aktifkan bentuk muka Sobat bisa lihat di Control Panel pada pilihan Show Face Sculpt Controls, kalau mau di non-aktifkan tinggal klik aja tombol ‘on’ supaya berubah jadi ‘off’

Tahap 5. View Before and After, agar Sobat bisa melihat sebelum dan sesudah potret yang di Retouch kalau dirasa kurang mulus atau tidak rapi, sobat bisa menambah slider Master Fade.

Sobat boleh utak atik semua slider disini sampai Sobat merasa puas dengan pilihan  Sobat

Klik on/off di Show Face Sculpt Controls (lingkaran merah) untuk mengaktifkan dan meng non-aktifkan bentuk muka


Klik View/Edit Skin Area untuk masuk ke area kulit, disini sobat bisa menambah dan mengurangi area kulit dengan menggunakan Extend dan Cut Back.

Oh iya Sobat juga dapat menambah dan mengurangi area kulit  dengan menggunakan Touch Up Brush dan Restore Brush (di bagian tengah atas pada jendela PP)

Kalau semuanya dirasa telah cukup, sobat bisa masuk ke next face untuk me-retouch muka lainnya (kalau foto sobat lebih dari satu orang) atau langsung men-save file retouch Sobat (file>save / ctrl+s). Setelah itu saya edit foto hasil retouching di Photoshop untuk mengganti background biru menjadi sebuah desain yg cantik dan elegan.

Inilah hasilnya:

Hasil akhir setelah di desain..ck..ck..ck…!

Sobat boleh mencoba dahulu Potrait Professional v.10 (free trial) sebelum membeli, sobat bisa  masuk ke situs resminya di www.portraitprofessional.com

Sebetulnya saya juga punya Potrait Profesional v.9  full+plug in Photoshop, Sobat mau? silahkan DOWNLOAD DISINI (34,4 MB). Kalau gagal terus downloadnya email saya aja nanti saya kirimin CD, sobat siapin buat ganti CD ama Ongkirnya aja ya!🙂

Nanti saya akan bahas juga cara mengganti background dengan SUPER CEPAT!!, bayangkan hanya dengan waktu kurang dari 60 detik..check it up!

Semoga bermanfaat🙂

 

Original By: Chen

10 pemikiran pada “RETOUCHING MENGGUNAKAN POTRAIT PROFESSIONAL v.10

  1. Ping balik: TUTORIAL : Menghilangkan Background Biru Dengan Color Range « Weddingku Magazine

  2. Ping balik: TUTORIAL : Menghilangkan Pantulan Kacamata Mudah dan Cepat « Weddingku Magazine

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s