21 Contoh Pose untuk Memotret Subjek Anak-anak

style with

Setelah sebelumnya WM membahas mengenai pose pada subyek perempuan, kali ini kita akan sama-sama belajar mengenai pose pada subyek anak-anak. Anak kecil pasti senang jika dijadikan subyek untuk dipotret! Dari mereka kita akan mendapatkan emosi yang nyata yang ditampilkan melalui gambar ceria dari anak-anak sehingga menghasilkan perasaan hangat dan tulus.

Jangan dikira memotret anak kecil itu mudah ya!, terkadang berurusan dengan anak-anak memiliki tantangan tersendiri. Sobat harus siap dengan mereka yang terkadang semaunya dan Sobat dituntut untuk bersabar dan beradaptasi dengan perilaku alami mereka.

Jangan berasumsi bahwa mereka akan mendengarkan dengan seksama dan mengikuti instruksi Sobat dengan tepat. Itulah kenapa Sobat sangat mungkin tidak akan dapat menggunakan sampel ini sebagai pose “contekan”. Pose dibawah ini hanya referensi untuk ide-ide dan skenario yang berbeda untuk pemotretan anak-anak.

1. Ketika memotret anak-anak, ingatlah untuk memotret sejajar dengan mata mereka! Mengenai pose, biarkan mereka menjadi “apa adanya” dan cobalah untuk memotret ekspresi alami, emosi dan perilaku mereka.

2. Salah satu pose manis untuk anak-anak. Cobalah suruh subjek Sobat untuk berbaring di tanah dan potret dari sudut yang sangat rendah.

 

3. Variasi lain jika subjek Sobat berbaring di tanah.

 

4. Sangat manis untuk memotret pose bayi. Tempatkan bayi di tempat tidur dan menutupinya dengan selimut. Untuk hasil terbaik, Pakailah seprai yang hanya memiliki satu warna. Putih akan lebih baik.

 

5. Memotret anak yang sedang memeluk benda kesayangannya akan terlihat lucu. Tidak perlu memaksakan mereka untuk memeluk boneka, apapun benda yang mereka sukai bisa dijadikan aksesories tambahan untuk memotret subjek Sobat.

 

6. Cobalah memotret anak-anak di lingkungan mereka sehari-hari, misalnya, saat mereka sendang bermain game, melakukan pekerjaan rumah atau seperti contoh dibawah ini, melukis dengan cat air. Menjaga mereka sibuk dalam suasana akrab adalah cara yang baik untuk mendekati mereka sehingga mereka dapat diajak bekerja sama untuk mendapatkan pose yang Sobat inginkan.

 

7. Ini merupakan ide yang baik untuk mengatur anak agar terlihat sibuk dengan kegiatan mereka sendiri dan bahkan tidak melihat tindakan Sobat (Candid Photography). Melihat buku gambar favorit hanyalah salah satu contoh bagaimana untuk menjaga mereka agar “berpose” untuk Sobat.

 

8. Jadilah Sobat sebagai seorang yang  penuh perhatian dan jangan lewatkan tertawa anak-anak atau teriakan keras mereka. Situasi seperti ini selalu menghasilkan gambar yang sangat emosional dan dengan demikian menguntungkan Sobat! Tapi, tolong, jangan paksa mereka dengan menyurunya untuk ‘cheese’!  Hindari emosi palsu di semua pose.

 

9. Gunakan beberapa makanan lezat sebagai alat peraga. Sobat  mungkin dapat menangkap momen yang sangat menarik ketika anak-anak makan permen, es krim, buah-buahan dll.

 

10. Gelembung sabun hanya salah satu aksesori yang harus dimiliki untuk fotografi anak. Pertama, beri mereka gelembung karena  anak-anak sangat senang untuk meniup gelembung. Kedua, Sobat dapat bekerja secara kreatif dan menemukan pengaturan pencahayaan yang akurat untuk mendapatkan moment indah dimana gelembung sebagai pengait visual yang luar biasa dalam foto Sobat.

 

11. Ketika memotret di luar ruangan, Sobat dapat melibatkan subyek Sobat dalam permainan petak-umpet. Suruh anak bersembunyi di balik beberapa objek – pohon besar misalnya – dan mintalah dia untuk mengintip keluar dari persembunyian. Ini adalah saat yang bagus untuk mengambil gambar.

 

12. Bermain di pasir adalah pengaturan yang sangat bagus untuk memotret anak-anak. Mereka dapat bermain dan menjaga diri mereka sibuk sementara Sobat hanya mengamati dan mengambil gambar sementara Sobat tidak mengganggu mereka.

 

13. Cobalah beberapa take. Berikan subjek Sobat bola untuk dimainkan. Kemudian untuk mendapatkan perspektif yang menarik: Tembak dari permukaan tanah sambil mengenai bola sebagai objek foreground (latar depan) dominan.

 

14. Dalam hal imajinasi anak-anak, terkadang mereka menganggap hewan peliharaan merupakan salah satu anggota keluarga, sehingga anak-anak dan hewan peliharaanya terlihat sangat akrab. Libatkan hewan peliharaan ini untuk Sobat potret bersama majikannya (anak), dan Sobat akan melihat banyak sukacita dan emosi yang mereka ciptakan.

 

15. Taman bermain anak adalah tempat yang sangat baik untuk pemotretan di luar ruangan, memberikan variasi tak terbatas untuk foto.

 

16. Jika anak laki-laki atau perempuan senang dengan olahraga (basket, sepak bola, tenis dll), Sobat dapat mengambil potret yang sangat khusus kepadanya dengan alat peraga yang sesuai.

 

17. Seorang ibu dan bayi sangat bagus saat berpose. Ibu berbaring di tanah dengan bayi di dadanya. Atau tidak harus selalu ibu, ayah pun dapat berpose dengan bayi-nya atau bahkan kedua orang tua berpose bersama-sama dengan bayi mereka.

18. Pose yang Sangat sederhana dan alami: Ibu memegang anaknya di pinggul. Coba dengan posisi kepala yang berbeda.

 

19. Sebuah pose yang benar-benar menyentuh. Hanya meminta anak untuk memeluk ibunya. Menangkap emosi alami mereka untuk mendapatkan foto bernilai tinggi.

 

20. Sebuah pose yang menarik, menyenangkan dan mudah, namun jarang dilakukan. Minta ibu untuk berbaring di tanah, kemudian suruhlan anak untuk duduk dan berpegang pada punggung ibu.

 

21. Pengaturan ini benar-benar indah untuk potret keluarga. Mungkin diatur di dalam ruangan seperti tempat tidur. Bekerja sangat baik dalam kombinasi yang berbeda dan dengan perbedaan jumlah subjek, orang dewasa atau anak-anak

 

Dan pada catatan terakhir, hal pertama dan terpenting yang perlu diingat – anak-anak bergerak sangat cepat! Bukan hanya gerakan fisik, tetapi juga kepala, arah mata dan ekspresi wajah – semuanya berubah terus-menerus dengan cepat! Itu berarti Sobat harus memilih shutter speed cukup cepat untuk menghindari gambar gerak kabur. Pertimbangkan memaksa satu atau dua ISO berhenti di atas “normal” untuk mendapatkan shutter speed yang lebih cepat. Dan selalu memotret dalam mode continuous , mengambil beberapa frame berturut-turut. Dengan mode ini diharapkan Sobat mendapatkan pilihan gambar yang baik. Baca kembali Tips Cara Menggunakan Mode Continuous Shooting Pada Kamera Digital.

Selamat memotret :)

Sumber & Kredit gambar : digital-photography-school.com

About these ads

About Sovian Choeruman

Weddingku Magazine of Art Photography Office : Kmp. Mengger RT.02 RW.04 Ds. Rancatungku, Pameungpeuk - Bandung 40376 Phone : 087722539267| Website: www.weddingkumagazine.web.id | Email : weddingkumagazine@yahoo.com | Follow Us on Twitter : @TweetWeddingku

Posted on 20 Juni 2012, in Tips & Trik, Tips Photographer and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 5 Komentar.

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s