Berkiprah di Fotografi Candid

Smile, you are in candid camera!, masih ingat nggak Sobat dengan acara TV tersebut?🙂. Salah satu bentuk yang paling menarik dari fotografi adalah fotografi candid yaitu memotret orang yang melakukan tindakan alami dalam situasi publik. Candid fotografi sebagian besar diambil di jalan-jalan, di tempat-tempat ramai seperti mal, klub malam atau dimanapun tempat orang selalu berkumpul.

 "Fruitseller" oleh Thomas Jeppesen

Untuk menjadi seorang fotografer candid, Sobat tidak perlu mencari orang untuk berpose di depan Sobat, yang harus Sobat lakukan adalah mencari orang yang melakukan hal-hal alami. Usahakan mereka untuk tidak menyadari bahwa Sobat sedang memotret mereka. Foto candid sering juga disebut sebagai foto dokumenter.

Foto candid atau dokumenter adalah bentuk paling hebat dari fotografi karena Sobat dapat mendapatkan gambar dari situasi yang mungkin hanya terjadi sekali dalam seumur hidup, foto dokumenter memiliki  Gambar yang natural dan murni. Cobalah Sobat lihat di situs web berita dan Sobat akan melihat koleksi foto candid.

Dalam foto candid Sobat akan sering melihat gambar terang dalam warna B/W (hitam dan putih) dan gambar yang diambil kebanyakan dengan lensa wide agar dapat menangkap seluruh lingkungan.

Fotografi Candid mencatat beberapa momen paling berharga dalam waktu. Beberapa fotografer candid mengkhususkan diri dalam mengambil foto dalam pengaturan tertentu seperti acara olahraga, konser atau hingga fotografi yang khusus memotret kecelakaan mobil.

Keindahan fotografi candid adalah, Sobat mungkin memotret sesuatu yang tidak pernah Sobat harapkan. Ketika Sobat sedang berhadapan dengan orang sebagai subjek Sobat, apa pun bisa terjadi pada saat pemotretan.

Misalkan, seperti Om Budi Juwono seorang fotografer kapanlagi.com, yang dulunya ketika beliau mengambil gambar, tidak pernah terpikirkan bahwa subjek yang beliau ambil ternyata bisa menjadi barang bukti pada persidangan korupsi, ya siapa lagi kalau bukan kasus Black Berry-nya Angeline Sondakh yang tanpa sengaja ada dalam foto-foto beliau.

Untuk menjadi seorang fotografer candid tidak diperlukan keahlian khusus. Yang terpenting adalah Sobat ambil kamera digital dan mulai memotret apapun yang ada di depan Sobat. Namun tentu saja Sobat harus faham terlebih dahulu basic untuk menjadi seorang fotografer terutama menggunakan kamera yang Sobat pegang, agar hasilnya bisa mantaps!.

 "DJ" doleh Levi Tijerina

Fotografi Candid hanyalah satu dari sekian banyak jenis fotografi yang ada di dunia. Fotografi candid sangat menarik dan menyenangkan terutama untuk Sobat-sobat yang baru pertama kali memotret, cobalah fotografi candid dijamin Sobat akan ketagihan😀 .

Kredit Gambar:

2 pemikiran pada “Berkiprah di Fotografi Candid

  1. Ping balik: Tips Fotografi Candid « Weddingku Magazine

  2. Ping balik: 21 Contoh Pose untuk Memotret Subjek Anak-anak « Weddingku Magazine

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s