PERBEDAAN SLR/DSLR DAN KAMERA SAKU (POKET)

Suatu hari ketika saya sedang chatting di Facebook, salah satu teman saya bertanya apa perbedaan kamera SLR/DSLR dengan dengan kamera saku (poket)?

Sebetulnya saya sudah memberikan jawaban, namun katanya sih kurang jelas. Lalu apa yang harus diperjelas lagi, lihat aja di wikipedia atau artikel-artikel yang berserakan di internet. Sayangnya teman saya ini males browsing sana sini, jadinya minta saya yang rangkumin.

Tapi nggak apalah sob!, saya rangkumin artikel ini untuk ente, tapi dibaca ya!

Kamera SLR singkatan dari Single Lens Reflex atau kalau di bahasa Indonesiakan kurang lebih artinya Kamera Refleks Lensa Tunggal. Nah kalau DSLR tinggal kamu tambah aja di depannya kata Digital jadinya Digital Single Lens Reflex atau Kamere Refleks Lensa Tunggal Digital.

Nah, kalau kamera saku (poket) apa? Kalau kamera saku sih bukan singkatan😀 kamera saku itu adalah kamera yang berukuran kecil yang bisa kamu bawa kemana saja dan masuk ke dalam kantong sakumu. Kamera saku-pun sekarang sudah banyak yang berjenis digital malah yang analog sekarang udah nggak jaman Sob!

Lalu apa yang membedakan kamera SLR/DSLR dengan kamera saku?

Jelas aja banyak perbedaanya, bahkan dari beberapa faktor muali dari faktor kualitas, faktor fungsi hingga faktor harga.

Faktor Kualitas

Kalau kamera SLR/DSLR itu istilahnya “What You See is What You Get” yang artinya apa yang kamu lihat akan sama dengan aslinya, kalau kamera poket ya sebaliknya; apa yang kamu lihat hasilnya belum tentu sama dengan aslinya.

Kalau menurut versi Wikipedia sih gini; Kamera refleks lensa tunggal‎ (en:single-lens reflex (SLR) camera) adalah kamera yang menggunakan sistem jajaran lensa jalur tunggal untuk melewatkan berkas cahaya menuju ke dua tempat, yaitu Focal Plane dan Viewfinder, sehingga memungkinkan fotografer untuk dapat melihat objek melalui kamera yang sama persis seperti hasil fotonya. Hal ini berbeda dengan kamera non-SLR, dimana pandangan yang terlihat di viewfinder bisa jadi berbeda dengan apa yang ditangkap di film, karena kamera jenis ini menggunakan jajaran lensa ganda, 1 untuk melewatkan berkas cahaya ke Viewfinder, dan jajaran lensa yang lain untuk melewatkan berkas cahaya ke Focal Plane (sorry saya Copas aja langsung dari sumbernya tanpa diutak-atik :D)

Faktor Fungsi

Kalau SLR/DSLR biasanya dipakai oleh para fotographer profesional, dengan kamera SLR/DSLR-nya mereka dapat menghasilkan income yang lumayan besar, seperti fotographer Wedding/Prewedding. Setiap ada acara wedding fotographer pasti menggunakan sejelek-jeleknya kamera SLR/DSLR, karena kalau motretnya pake kamera saku wah…. nggak punya harga diri dong😀

Kalau kamera saku (poket) biasanya cuman buat iseng-iseng mengabadikan moment-moment yang penting, selain itu karena kamera saku itu mungil sehingga mudah dibawa kemana saja, beda dengan kamera SLR/DSLR yang besar dan berat.

Namun jangan salah, kamera saku-pun dapat menjadi income yang lumayan besar. Nanti saya ceritakan di artikel yang lainnya kalau saya nggak lupa. Ingetin saya ya sob!

Faktor Harga

Kamera SLR/DSLR harganya lebih mahal dibandingkan dengan harga kamera saku, dan tentu saja harga menentukan kualitas semakin mahal harga sebuah kamera maka fiturenya akan semakin lengkap. Dan harga kamera saku-pun bervariasi mulai dari yang mahal sampai yang murah🙂.

Sobat, silahkan kamu tinggal pilih yang mana? mau kamera SLR/DSLR atau kamera saku tergantung bujet kamu, terus tujuan kamu beli kamera buat apa? Buat iseng-iseng atau buat cari uang?.

Kamu yang menentukan saya hanya memberi kabar.😀

Oh iya Sob!, kalau keluarga sobat atau sobat sendiri mau melaksanakan pernikahan jangan lupa hubungi kami, dijamin harganya cocok!, Sobat bisa langsung telephone ke 022-76757250 atau email chenlinsar@yahoo.com lihat sample dan pricelist-nya disini

94 pemikiran pada “PERBEDAAN SLR/DSLR DAN KAMERA SAKU (POKET)

  1. Ping balik: Tantangan Menggunakan Kamera Murah Dengan 0,3 Megapixel | Weddingku Magazine

  2. It can be therefore defeating, so desperately to know
    where you can turn when you’ve got a financial crisis that comes from nowhere as
    well as takes you abruptly Synopsis: In the field of obtaining adjustable rates via the choices of most
    effective adjustable loan rates available in the marketplace,
    people are joining in the field of personal loan seeking fearlessly. http://google.net/contrar32/

  3. Ping balik: Kepanjangan Dslr | Caramanfaat.net

        • boleh dibilang sama, walaupun banyak keterbatasan, terutama dalam tampilan menu untuk setting lebih sedikit dibandingkan dSLR. kalau untuk shuttercount pada kamera compact tidak menggunakan shutter mekanik tapi shutter elektronik, jadi boleh dibilang tidak perlu risau dengan shuttercountnya…🙂

  4. Maaf gan..
    Tolong dunk rekomendasikan untuk kamera pocket d bawah satu jutaan, mana yg sip,dan tolong spesifikasi kelebihannya dan kekuranganya..
    Hehehe..
    Terima kasih..

  5. Maaf gan mau tanya..
    Antara kamera pocket canon,nikon,sony,casio bagusan mana ya,?
    Terus apa kelemahan dan keunggulan dari merk2 tersebut,?
    Terima kasih sebelumnya dan maaf jika.ada salah2 kata..
    Hew..

    • Wah..kalau bicara masalah merk sya gak bisa jawab Sob, masalahnya dari setiap merk tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing…jadi kalau Sobat mau pilih-pilih kamera, tentuin dulu Sobat sukanya merk yg mana…kalau untuk kamera saya pribadi sih senengnya Canon atau Nikon, karena kedua kamera ini sudah sering saya pegang..hehehe

      • kalau kita beli kamera Dslr yang 5 megapixel naaah,, kalau kita beli lensa apakah ukuran pixel nya bisa tambah???

        dan satu lagi misal nya kalau kamera digital atau kamera sarung kita pake dalam suatu acara kita paling belakang nie kalau kita foto sampai ke panggung apa kah gambar nya pecah ?

        mana lebih bagus handicam atau kamera digital ???

        terima kasih

        • kalau kita beli kamera Dslr yang 5 megapixel naaah,, kalau kita beli lensa apakah ukuran pixel nya bisa tambah???
          >>>
          Lensa tidak mempengaruhi pixel pada kamera, jadi kalau kameranya 5MP tetap saja ukurannya segitu, fungsi lensa salah satunya adalah untuk mengatur ukuran tangkapan gambar dan variasi foku s(koreksi kalau salah ya hehe)
          ———————————————————–
          2.dan satu lagi misal nya kalau kamera digital atau kamera sarung kita pake dalam suatu acara kita paling belakang nie kalau kita foto sampai ke panggung apa kah gambar nya pecah ?
          >>>
          tergantung kamera dan pengaturan pada kamera (ISO, shutter speed, Exposur, dll) ,
          ——————————————————
          3.mana lebih bagus handicam atau kamera digital ???
          >>>
          fungsinya beda Sob, kalau handicam fungsinya untuk merekam video, kalau kamera fungsinya untuk memotret, walaupun sekarang banyak kamera digital yang menyediakan perekam video, tapi tentu saja kualitas dan fungsinya terbatas.

    • Canon Powershoot bisa dibilang kamera poket..tapi kayaknya terlalu besar juga untuk disebut kamera saku…namun yang pasti Canon Poweshoot adalah kamera pocket hybrid..campuran antara SLR dan DSLR..hehe..

  6. Nikon kak, bgusnya SLR,DSLR,atau apa ya kak untuk fotografer gtu??dan harganya brp kak yg paling murah??wkwk😄

  7. Selamat malam, bolehkah saya minta saran? Saya mau membeli lensa tele macro yg harga 5 juta kebawah yg cocok untuk Canon eos 60d.. Kira” bagusnya apa ya?

  8. Saya mau tanya , merk kamera yg bagus untuk fotografer apa ya??
    Trus jenis kamera yg bgus apa??(Kea SLR / DSLR atau ada yg diatas lg???)Yg bagus tp harganya dibawah 6 jt gtu.wkwk🙂

    • Kalau merk kamera tergantung senangnya pakai merk apa…mau CANON, NIKON, SONY, dsb. Bebas-bebas aja milih.
      Kalau yg harganya 6 jt kebaewah tpi bagus.. merk apa ya?? Sya pribadi jga bingung..

  9. Saya skrg udah punya nikon d3000 , tp saya blm puas dgn lensa kit nya .
    Minta rekomendasi nya , lbh baik beli lensa fix atau lensa tele ?

    • merk SLR itu banyak sekali Sob. mulai dari CASIO, SONY, KODAK, NIKON, PENTAX,dll. dan harganyapun bervariasi, mulai dari 5jt sampai puluhan bahkan ratusan juta juga ada Sob…

  10. Permisi gan .
    Saya mau beli kamera DSLR bekas , tp saya ga tau kameranya msh bagus apa engga .
    Gmn sih caranya supaya kita tau kamera bekas itu bagus atau udah bnyak rusaknya ?
    Makasih ..

  11. Terimakasih…bermanfaat sekali!!! Semoga amal yg nulis plus yg ikut berkomentar, mendapat amal berlipat dr Allah SWT. Amiiin….

  12. missi gan, ane mau tnya nih.
    ane lagi mau tnya nih, kra2 klo untuk new by kya gw nih bagus nya beli type apa yak?? bugjetnya 4 jti gan. mohon recomedasinya. therengkyu gan

    • tergantung kamera poket yang Sobat gunakan… jika kamera poket tersebut menyediakan untuk speed rendah, tentu saja Sobat bisa membuat seni cahaya.

  13. gan ane masih baru,baru,baru dan baru pengen jajal hobi fotograph….kamera DSLR tuh kan banyk lensanya,nah ane mau tanya lensa-lensa itu support sama semua merk ato jenis kamera DSLR ga??? ato emang ada lensa tersendiri buat merk dan jenisnya???? ane ada budget 4 jt,bisa di kasi rekomendasi gak kamera DSLR yang cocok buat newbie akya ane di bidang ini tapi yang top markotop pokoke…kalo bisa sama lensa2 tambahanya..>!!

    • lensa dari merk tertentu tidak dapat dipakai pada kamera dengan merk lain… misalnya lensa NIKON tidak dapat dipakai pada kamera CANON, kecuali menggunakan adaptor ( namun tentu saja hasilnya tidak dapat maksimal). Baiknya, gunakan lensa sesuai dengan merk kamera.
      Budget 4jt, kalau Sobat cari DSLR baru pasti susah..tapi kalau mau cari yang bekas, Sobat bisa cari kamera CANON 1000D, harganya kisaran 2,5-4jt..

  14. Ping balik: Mengenal Warna, Exposure dan blurriness di Fotografi « Weddingku Magazine

  15. Ping balik: Mengenal Warna, Exposure dan blurriness di Fotografi « Weddingku Magazine

    • SLR & dSLR cara kerjanya sama hanya saja yang menjadi pembeda adalah SLR masih menggunakan film (negative) dan dSLR sudah menggunakan digital itulah kenapa didepannya ada tambahan huruf ‘d’ kepanjangan dari digital.
      jika ditanya mahalan mana antara SLR dan dSLR, tentu saja yang lebih mahal adalah dSLR karena perangkatnya lebih modern namun itu juga tergantung merek.

      • Ad rekomendasi camera DSLR yang hrga di bawah 3,5jt gak?tq…
        ———————————————————————–

        Untuk dSLR dibawah 3,5 juta cukup sulit apalagi membeli kamera dSLR yang baru… mungkin merk2 tertentu ada yg menjual di bawah 3 juta namun saya tidak rekomendasikan karena selain kualitas yang tidak bagus namun kamera2 ini umurnya tidak lama.

        Jika Sobat serius ingin membeli kamera dSLR dibawah 3,5 juta mungkin Sobat bisa mencari Canon EOS 1000D (second) di internet, Kamera ini cukup bagus untuk pemula.

    • kalau kamera poket SLR/DSLR seperti belum ada, tapi kalau kamera poket namun memiliki kualitas layaknya kamera SLR/DSLR kini banyak beredar di pasaran seperti Canon S100 IS, Canon SX210 IS, Canon D10 IS, dll. silahkan di cek di toko kamera terdekat atau surfing di internet🙂

  16. mau nanya nih,,,apa gambar dari kamera SLR bisa di simpan di komputer/flashdisk/memory card atau sejenisnya….
    trimssss…………………………

    • SLR biasanya masih menggunakan film (negative), untuk mengubahnya menjadi file, Sobat tinggal REPRO/SCAN aja menggunakan scanner yang telah menyediakan fitur scan film, dan Sobat bisa menyimpan hasil scan tersebut baik di komputer, flashdisk atau memory card.🙂

  17. Ping balik: Tips Singkat Stage Photography (Fotografi Panggung) « Weddingku Magazine

  18. Ping balik: Peralatan Yang Harus Digunakan Untuk Foto Wedding « Weddingku Magazine

  19. Ping balik: Pentax Q Kamera Terkecil dan Paling Ringan di dunia « Weddingku Magazine

  20. Terima kasih atas informasinya.
    Sangat membantu saya untuk memahami dengan cepat mengenai NON-SLR Camera.

    Salam Sukses !!!

    Senang berkenalan dengan Anda.

    Sampai jumpa.

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s