Proses Membuat Design Kolase Untuk Album Magazine

Sebelumnya WM pernah membahas Bagaimana Proses Membuat Album Magazine?. Kali ini WM akan bahas bagaimana proses membuat design kolase untuk album magazine. Kira-kira apa saja yang pertama harus Sobat lakukan jika akan membuat design kolase untuk album magazine?

  • Yang pertama tentu saja Software pengolahan foto; sebetulnya banyak software pengolahan foto yang bisa Sobat gunakan, kalau WM sih menggunakan Adobe Photoshop, karena Photoshop ini memang sudah banyak digunakan oleh para editing foto mulai dari yang masih belajar sampai professional. Agar Sobat mahir menggunakan Photoshop, sering-seringlah mencari tutorial di web. Semakin Sobat sering belajar, maka WM yakin Sobat akan semakin mahir dalam menggunakan photoshop
  • Yang kedua adalah pemilihan foto; seperti yang pernah WM bahas sebelumnya dalam Proses Membuat Album Magazine, bahwa file foto untuk album magazine bisa ratusan bahkan ribuan, nah! Tugas Sobat adalah memilah foto-foto tersebut agar bisa disesuaikan dengan layout album magazine yang akan Sobat gunakan.
  • Yang ketiga adalah Layout untuk album magazine (baca: Cara Membuat Album Magazine); berapa ukuran album yang akan Sobat cetak? apakah uk. 20×25, 20×30, 25×30, 30×30 atau 30×40. Lalu posisi album yang akan Sobat buat? Apakah portrait (berdiri) atau landscape (memanjang). Sobat bisa menggunakan fitur Action di Photoshop untuk menyimpan layout Album Magazine yang sudah Sobat buat.
  • Selanjutnya adalah Ornament; Sobat memerlukan banyak sekali ornament untuk mempercantik design album magazine yang Sobat buat, Sobat bisa mencari ornament gratis atau yang berbayar di internet. Ornament sebaiknya tidak berformat JPG tetapi carilah yang memiliki format *.psd, *.ai, *.cdr, *.tiff, *.png. karena format JPG gambar antara ornament dan background tidak dapat dipisahkan.
  • Yang terakhir adalah font; font juga adalah bagian dalam membuat kolase, font berfungsi untuk mempercantik tulisan dalam album magazine agar terlihat lebih menarik, dengan banyak memiliki referensi font maka Sobat bebas berekspresi untuk membuat design album kolase.

Agar Sobat lebih mudah untuk membuat album kolase, Sobat harus banyak melihat referensi kolase di internet. Lihatlah bagaimana mereka dapat mengatur posisi foto-foto agar terlihat cantik. Semakin Sobat memiliki banyak referensi, WM yakin Sobat akan semakin mahir.

Selamat mencoba.

2 pemikiran pada “Proses Membuat Design Kolase Untuk Album Magazine

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s