10 Tips untuk Menjadi Fotografer Slebor

Menjadi fotografer yang hebat tidak selalu harus  memiliki peralatan mewah atau lensa mahal. Bahkan, itu semua bermuara pada banyak latihan dan sedikit trial and error seperti yang ditulis pada artikel www.photoble.com mengenai tips to become a better photographer. Tips-tips sederhana ini hanya sebagai pedoman agar Sobat merasa terdorong untuk belajar fotografi.

1. Ambil foto dari hal-hal yang jelek

Cobalah Sobat Cari tempat –tempat yang menjijikkan, tidak nyaman dan kotor – lalu coba untuk membuatnya terlihat menarik dalam sebuah foto. Jika Sobat bisa membuat kantong sampah terlihat artistik, maka Sobat dapat membuat apapun akan menjadi menarik.

Garbage Day oleh Jeff_Werner 

 2. Juling

Dalam fotografi, pencahayaan memainkan peran utama. Sobat tidak ingin kan gambar yang Sobat buat terlihat datar?. Selalu waspadai dari mana sumber cahaya datang karena itu akan menentukan kontras dalam shadow dan highlight. Sebuah tip sederhana yaitu dengan sedikit menjulingkan mata dan Sobat akan segera bisa melihat pencahayaan dan kontras warna. Jika yang Sobat lihat berwarna abu-abu blur, maka hasil jepretan Sobat kemungkinan besar tidak akan menarik.

High Contrast Asymmetrical by RandyA38 

 3. Sering-seringlah menggunakan lensa standar

Lensa standar  sangat baik karena benar-benar mendorong Sobat untuk melihat dan menyusun hal-hal yang berbeda. Ini juga berguna untuk memotret orang yang lewat tanpa terlihat menakutkan daripada jika Sobat  menggunakan lensa zoom yang terkadang membuat beberapa orang merasa takut atau tidak nyaman.

Primes by barnoid  

4.)Gunakan  posisi konyol

Jangan takut untuk melakukan posisi yang aneh di depan umum. Berdiri, berlutut, berbaring atau melompat jika perlu. Cobalah setiap hari untuk melihat hal-hal dari perspektif yang berbeda.

Shooting from the hip by Matti 

 5. Simpanlah foto buruk Sobat

Ketika memotret, Seringnya kita langsung menghapus foto yang terlihat buruk namun kali ini cobalah untuk tidak menghapusnya, terutama ketika Sobat sedang melakukan serangkaian pemotretan. Jika dilihat lagi pada komputer, Sobat akan memperoleh pemahaman tentang mengapa foto terlihat buruk dibandingkan dengan yang lain. Sobat akan belajar dari kesalahan lebih cepat dan lebih mudah dengan cara ini.

Worst Band Photo Ever by SumlinFoto  

 6.  Memotretlah seperti Sobat tidak memiliki Photoshop

Beberapa fotografer terlalu mengandalkan pasca-pengolahan digital dan seringnya memang menggunakan photoshop. Tapi tahukah Sobat? ada banyak hal yang dapat Sobat lakukan dengan foto yang benar-benar buruk. Waktu yang dihabiskan di ruang gelap digital bisa lebih berharga untuk mendapatkan gambar yang baik. Investasikan waktu Sobat untuk melakukan pengaturan kamera secara manual. Baca lagi tips bagaimana mempertajam foto

7. Bawa Kamera kemanapun Sobat pergi

 Temukan inspirasi dalam rutinitas sehari-hari dan bawa kamera Sobat kemanapun Sobat pergi. Sobat akan mendapatkan banyak hal yang sering terlewatkan saat Sobat melakukan rutinitas, so jangan sampai itu terlewat untuk mampir di kamera Sobat😀.

This old chair by Darwin Bell 

 8. Baca buku manual walaupun membosankan

Membaca buku manual memang sangat, sangat, sangat membosankan.. Namun, jika Sobat dapat meluangkan waktu untuk membaca buku tersebut, Sobat akan terkejut dengan banyaknya fitur-fitur dan fungsi-funsig diluar sepengetahuan Sobat, nggak percaya? Coba saja.

9. Jangan hanya menggunakan satu kamera

Jangan terpaku pada  satu kamera. Cobalah melakukan percobaan dengan menggunakan ponsel, point-and-shoot, kamera mainan plastik atau bahkan kamera yang sudah usang. Sobat akan menemukan hasil yang berbeda pada setiap kamera.

Fish eyed Henri Julien by diebmx 

10. Lupakan sejenak fotografer profesional

Kita seringnya menikmati melihat foto-foto luar biasa yang diambil oleh para fotografer profesional yang sangat berpengalaman. Namun, ini tidak akan banyak memotivasi Sobat, karena hal yang sebenarnya ada dalam diri Sobat. Lebih seringlah untuk mencari spot sambil berjalan-jalan di taman, dari pada hanya melihat foto-foto zona perang atau pulau tropis terpencil.

Everyday is gonna be alright by FotoRita [Allstar maniac] 

Apakah Sobat memiliki tips lain untuk berbagi?

Sumber: www.photoble.com

Artikel lainnya:

          TIPS MEMPERPANJANG UMUR KAMERA SLR

          7 Teknik Memegang Kamera Yang Baik Dan Benar

          10 Tips Memotret Sunset Dan Sunrise

          10 Tips Jitu Mencari Fotografer Wedding/Prawedding

 

3 pemikiran pada “10 Tips untuk Menjadi Fotografer Slebor

  1. akhirnya dapat juga pencerahan,thank’s tipsnya…..oh yah bang ada saran gak soal lensa tele apa yg tepat untuk dipasangkan dgn body canon 1000D,( maklum baru bisa punya yg itu he..he..he…)

  2. Ping balik: 5 Tips Memotret Camera Candid « Weddingku Magazine

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s