Video Tutorial: TIPS MENGGUNAKAN TALI PANCING UNTUK TRIK FOTOGRAFI

 Menjadi seorang fotografer memang harus dituntut kreatif, seorang fotografer harus siap menghadapi situasi apapun yang mungkin akan terjadi pada saat pemotretan. Dan jika Sobat memiliki kreatifitas sebetulnya Sobat tidak perlu memberi peralatan tambahan yang harganya mungkin tidak murah. Contohnya Sobat bisa menggunakan tali pancing yang kokoh untuk membantu Sobat mendapatkan gambar yang luar biasa.

Hah, Tali pancing? Bagaimana membuat foto dengan menggunakan peralatan tambahan tali pancing, untuk apa?.

Supaya Sobat tidak bingung, lebih baik tonton video tips menggunakan tali pancing untuk trik fotografi di bawah ini:

Video diatas menceritakan bagaimana Jay P. Morgan menggunakan alat-alat yang kita fikir tidak lazim digunakan dalam pemotretan.

Jika Sobat ingin mencoba, diusahakan jangan menggunakan tali pancing yang tipis dan bening. Morgan mengungkapkan bahwa sebenarnya ia lebih sering menggunakan tali berwarna coklat dibandingkan berwarna bening. Ini karena tali pancing yang bening dapat dengan cepat ditransformasikan menjadi cahaya reflektif yang mengganggu saat pemotretan menggunakan strobe. Sobat bisa menggunakan berbagai warna tali pancing sesuai dengan kebutuhan atau yang paling mudah untuk berkamuflase.

Sobat juga membutuhkan gunting untuk memotong sisa-sisa pada simpul agar tidak terlalu terlihat mencolok pada hasil jepretan, ingat! Jangan terlalu mengandalkan photoshop untuk melakukan itu semua.

Dalam fotografi, tali pancing dapat digunakan juga untuk membuat benda-benda agar terlihat seolah-olah melayang. Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki tali pancing yang sesuai agar dapat menggantung benda-benda sesuai dengan beratnya. Ini adalah praktik yang sangat baik untuk Sobat agar dapat melakukan berbagai pilihan agar tahu mana yang lebih cocok.

morgan

Salah satu cara untuk mengamankan tali selain menggunakan simpul adalah dengan menggunakan lem. Gunakan lem yang kuat dan cepat kering, Sobat bisa menggunakan lem panas.

Atau, Sobat juga bisa menggunakan peniti untuk menggantung kain atau benda yang tidak mungkin menggunakan lem. Tali pancing dapat digunakan untuk menggantung bagian rok atau syal untuk membuat ilusi gerakan.

morgan 2

Terakhir, Sobat memerlukan spidol dengan berbagai ukuran dan warna. Seperti yang kita tahu dalam fotografi semuanya serba detail, bahkan penyesuaian terkecil seringkali dapat mengakibatkan perubahan pada hasil jepretan. Jika ada tali yang tertangkap cahaya pada saat pemotretan, coba gunakan spidol untuk melukis pada tali sesuai dengan background untuk membuat kamuflase.

Dan itulah tips menggunakan tali pancing untuk trik fotografi! Benda-benda yang kita anggap tidak bermanfaat di sekitar kita ternyata dapat membuat sesuatu yang luar biasa. Selamat mencobat!

“In the beginning of my career, we suspended everything. There was no Photoshop. There was no retouching, so every single object we had in the shot was suspended.”(Jay P. Morgan)

Sumber: picturecorrect.com

Iklan

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s