Bunga: Subjek Fotografi Yang Sempurna

Bunga adalah subjek yang selalu indah untuk diportret, kapan saja dan dimana saja bunga-bunga selalu tumbuh dengan warna-warna yang menarik. Untuk itulah kenapa Bunga bagus untuk dijadikan bahan eksperimen dalam fotografi

bunga indah
“Musim Semi Blooms” oleh anggota PictureSocial Tommy Cox

Seperti memotret subjek yang lain, untuk memotret bunga pun Sobat perlu menyiapkan peralatan kamera dan aksesoris. Jika Sobat berencana untuk pergi ke suatu tempat seperti arboretum atau taman bunga, Sobat perlu menyiapkan tripod, lensa, filter dan aksesoris lainnya. Mungkin Sobat akan mengabiskan waktu seharian untuk memotret bunga, untuk itu jangan lupa bawa baterai dan kartu memori  tambahan.

Tripod benar-benar merupakan alat penting saat memotret bunga. Karena memotret bunga biasanya akan lebih dekat dengan subjek, sedikit saja gerakan pada kamera akan sangat mempengaruhi hasil gambar. Untuk itu gunakanlah tripod untuk mengurangi guncangan pada kamera. Jika Sobat belum punya tripod, belilah sekarang tripod yang kecil saja.

Dalam memotret bunga juga Sobat harus memperhatikan titik focus. Dalam subjek bunga tersebut apa yang akan Sobat tonjolkan apakah mungkin kelopaknya, butiran air atau mungkin serangga kecil yang ada di atasnya. Lihatlah dengan teliti pada subjek Sobat mana yang menarik untuk dijadikan titik focus.

kupu-kupu
“Butterfly set Canon 60D EF 100mm – 400mm FL 300mm” oleh anggota PictureSocial Christopher Okano

Pencahayaan bisa saja rumit, tergantung dimana dan kapan Sobat memotret. Akan lebih baik jika Sobat memotret bunga pada pagi hari. Embun masih terlihat diatas bunga, sehingga Sobat bisa mendapatkan beberapa gambar makro yang sangat indah dengan air embun. Matahari belum tinggi, sehingga pencahayaan akan lebih ideal, bayangan sedikit keras. Jika Sobat harus memotret di tengah hari, gunakan diffuser untuk melunakan efek bayangan keras dari terik matahari.

gelembung di kelopak
“The ….” oleh anggota PictureSocial Steve Barr

Hati-hati dengan sudut pandang saat memotret bunga.  Sobat dapat memotret di bagian atas, atau berbaring di tanah. Cobalah dengan sekreatif mungkin untuk memotret bunga, lakukan hal-hal yang mungkin tidak biasa dalam memotret bunga atau Sobat bisa melihat referensi fotografer bunga yang lebih mahir untuk mendapatkan sudut pandang yang pas.

Taman bunga, bunga indah
“Untitled” oleh anggota PictureSocial John

Lakukan eksperimen, bersenang-senanglah. Ingatlah, bunga adalah subjek yang sangat menarik, Yang Sobat butuhkan adalah kamera dengan peralatan yang tepat, waktu yang luang dan musim yang tepat.

Bagaimana Cara Memotret Bunga?

Iklan

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s