Untung-Rugi Jasa Design dan cetak Album Magazine Online

Album Kabinet

Sudah hamper 6 tahun WM menjalankan usaha Jasa Design dan cetak Album Magazine Online, tentu saja banyak manis-pahitnya dalam menjalankan bisnis ini, karena berjualan secara online itu sungguh tidak mudah, ada untung-ruginya.

Di artikel kali ini WM mau berbagi mengenai untung dan rugi dalam berbisnis online, terutama dalam jasa design dan cetak album yang sedang WM geluti saat ini, mungkin ada Sobat-sobat yang mau membuka jasa design dan cetak album online.

Kita mulai dari untungnya memiliki bisnis jasa design dan cetak album secara online:

  1. Tidak perlu memiliki toko atau tempat yang besar; Yup dengan berbisnis online, Sobat tidak perlu memiliki Toko atau tempat yang besar, cukup memiliki workshop dengan ukuran 2×2 meter saja sudah cukup untuk menampilkan sample-sample album yang pernah Sobat buat, tata sedemikian rupa dengan rapi dan semenarik mungkin.
  2. Tidak harus di pinggir jalan besar; Jika Sobat tinggal di perkampungan pun, Sobat sudah bisa membuka toko online, bahkan jika rumah Sobat berada di dalam gang yang jauh dari jalan raya pun Sobat masih bisa jualan online, jadi jangan jadi alasan ya kalau Sobat mau mulai berbisnis online… hehe
  3. Tidak perlu CS (Costumer Service) fisik; Jika Sobat punya toko fisik atau offline, tentu Sobat memerlukan Costumer Service manusia yang tugasnya selain menerima tamu yang datang juga harus bisa menarik konsumen agar membeli barang kita. Nah! Dengan bisnis online, Costumer service-nya adalah website atau blog, hanya dengan sewa domain dan hosting secara tahunan, bahkan banyak juga yang gratis, Sobat sudah bisa mempromosikan barang dagangan Sobat.
  4. Bisa menjangkau semua orang di dunia; Yups, tentu saja dengan berjualan online, Sobat bisa menjual jasa atau dagangan Sobat selain secara lokal juga secara internasional
  5. Buka 24 jam; dengan berbisnis online, Sobat bisa buka toko selama 24 jam… tidak jarang jam-jam tengah malam ada yg mau order juga lho Sob… ini mah pengalaman WM, hehehe…
  6. Kapan saja, dimana saja; Sobat sedang liburan?, atau sedang diluar kota?, atau sedang di dalam WC (haha..), disaat ada order, Sobat bisa langsung menanggapinya dengan cepat, karena seperti jargonnya pak JK : “Lebih cepat, lebih baik!”

Nah itu beberapa untung berbisnis jasa atau barang secara online. Sekarang apa ruginya berbisnis jasa atau barang secara online?. Ini dia yang WM rasakan selama WM bergelut dalam bisnis jasa design dan album magazine online.

  1. Kredibilitas; yups, itu dia kredibilitas… jika Sobat masih awal-awal dalam berbisnis jasa atau barang secara online, jangan harap tiba-tiba banyak yang nyerbu beli dagangan Sobat. Perlu waktu untuk membangun kredibilitas, saran WM perbanyaklah teman atau relasi, ikutilah komunitas yang sesuai dengan bisnis Sobat, lakukan blog walking jika Sobat seorang blogger, jangan pelit dengan ilmu yang Sobat punya… Insya Allah kalau kredibilitas Sobat sudah meningkat akan berbondong-bondong konsumen yang menggunakan jasa atau membeli barang dagangan Sobat.
  2. Trust; Trust atau kepercayaan, jika kredibilitas Sobat sudah matang atau bahkan menjadi superstar, jangan lakukan hal-hal yang bisa membuat konsumen Sobat kecewa, misalkan yang paling sering terjadi nih, barang yang dipesan tidak sesuai dengan yang dijanjikan. Don’t do that! Ya Sob kalau Sobat bener-bener bisnis online Sobat berjalan. Jika barang yang dipesan tidak ada, lebih baik Sobat jujur saja bilang tidak ada daripada memaksakan mengirim barang yang tidak sesuai pesanan.
  3. Estimasi; waktu adalah uang, jika estimasi tidak tepat maka Sobat bisa merugikan bisnis orang lain terutama reseller, usahakan tepat waktu walau memang terkadang banyak hal-hal yang tidak terduga seperti yang pernah WM alami sendiri, misalkan: barang yang dikirim nyasar padahal alamat sudah jelas, barang rusak padahal sudah di packing dengan sempurna. Dan itu semua diluar perkiraan. Saran WM, gunakan asuransi pada saat pengiriman jika barang yang Sobat jual harganya lebih dari Rp,500.000, dan asuransi itu bisa Sobat tawarkan terlebih dahulu kepada konsumen atau klien Sobat

Nah itu dia Untung-Rugi Jasa Design dan cetak Album Magazine Online, jika Sobat  mau menambahkan, silahkan isi di kolom komentar.

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s