10 Elemen Untuk Mendapatkan Komposisi Yang Baik

Komposisi Foto

Sobat mungkin sudah ahli dalam memilih alat fotografi atau sudah tahu settingan mana yang bagus untuk memotret sesuatu, tapi jika Sobat belum menguasai komposisi foto, hasil jepretan Sobat akan terlihat biasa-biasa. Komposisi berfungsi agar orang yang melihat hasil jepretan kita tertuju pada apa yang akan kita sampaikan dalam fotografi.

Begita banyak ide, konsep dan aturan ketika membicarakan komposisi. Aturan-aturan tersebut bisa jadi membuat Sobat bingung ketika Sobat akan melakukan pemotretan, tapi sesungguhnya untuk mendapatkan komposisi yang baik adalah mengetahui persis adegan apa yang akan di potret.

Lalu apa aturan utama komposisi? Lakukan apa yang menurut sobat paling baik.

Aturan dirancang untuk memandu Sobat ke tempat yang mengesankan pada otak dan mata manusia. “Tujuan dari komposisi adalah untuk mengurangi kompleksitas dalam adegan”. Sebuah komposisi yang baik dapat mengurangi hasil jepretan yang kurang bagus.

Dalam salah satu adegan (scene) setidaknya ada 10 Elemen Untuk Mendapatkan Komposisi Yang Baik dan memahami mengapa mata Sobat tertuju padanya (subjek) dan cari tahu apa yang benar-benar penting dan apa yang dapat mengalihkan perhatiannya. Setelah Sobat melakukannya, Sobat tahu apa yang Sobat potret.

  1. Jika Sobat sudah menemukan apa yang akan Sobat potret, pastikan subjek tersebut tidak bergoyang sedikitpun
  2. Semakin besar sesuatu, semakin penting didalam frame. Objek yang lebih besar dari lingkungannya akan mendominasi adegan dan memberitahu subjek utama dalam frame.
  3. Buat sesuatu yang berbeda. Manusia adalah mahluk yang jeli. ketika melihat sesuatu yang menonjol mereka akan melihatnya. Ketika Sobat memotret sesuatu yang unik, tonjolkan keunikannya.
  4. Lihat pencahayaan secara hati-hati dan gunakan kecerahan untuk menyorot subjek yang Sobat inginkan. Kita sering melihat dalam sebuah foto atau apapun yang terlihat terang… area terang ini kadang mengganggu atau ini bisa dijadikan seuatu yang menarik perhatian.Landscape indah dan misterius
  5. Manusia suka dengan bentuk. Bentuk bisa membantu Sobat untuk menarik perhatian dari sebuah foto,
  6. Warna menarik perhatian kita. Manusia memiliki hubungan dengan warna yang eye-catching dan berani. Itu sebabnya kita menyukai matahari terbenam, cuaca yang cerah atau warna-warna bunga.
  7. Usahakan focus pada subjek agar hasilnya bisa tajam dan akan menarik perhatian orang yang melihatnya.
  8. Memiliki kontras dalam sebuah foto adalah hal yang baik. Sobat bisa menambahkan level kontras pada saat editing foto. Memotret pada level kontras yang sesuai akan membuat foto lebih hidup dan menarik.landscape, Australia
  9. Cari sesuatu yang tidak biasa, sesuatu yang berdiri terpisah dari segala sesuatu yang lain.
  10. Buat seolah-olah kita berada dalam foto tersebut. Pernahkah Sobat melihat foto dan seolah-olah Sobat berada di tempat itu. Coba Sobat teliti bagaimana bisa para fotografer tersebut menempatkan komposisinya sehingga seolah-olah kita berada di dalam foto tersebut.

Itulah 10 Elemen untuk mendapatkan kompoisi yang baik, jika Sobat akan menambahkan silahkan isi di kolom komentar di bawah ini.

 

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s