TREND BISNIS ONLINE FOTOGRAFI 2016 MENINGKAT

style-vision-photo5

“the world upside down” oleh Kelli Ahern

Trend bisnis online sepertinya meningkat hampir di semua lini bisnis, tidak terkecuali dalam bisnis fotografer, Trend Bisnis Online Fotografi 2016 meningkat. Kepercayaan konsumen terhadap bisnis online sepertinya sekarang berubah drastis dari yang asalnya takut untuk melakukan transaksi , sekarang justru mereka lebih suka berbisnis online daripada offline.

Saat awal-awal berbisnis online sekitar tahun 2003, sangat sulit sekali mendapatkan kepercayaan dari konsumen karena kebanyakan mereka takut tertipu. Saat itu media blog juga belum sepenuhnya digunakan untuk berbisnis online, karena trend blog saat itu adalah tempat curhat para blogger layaknya diary. Walaupun ada beberapa teman-teman blogger juga yang sudah berbisnis online dan berhasil.

Karena saat itu sosial media yang saya tahu belum ada, saat itu belum ada facebook, twitter, Instagram, dll. (mungkin Mark Zurgberg juga masih nongkrong di KASKUS kali hehe…),  forum chatting seperti Yahoo! Messenger, mIRC, Friendster,  menjadi salah tempat tongkrongan yang paling asik untuk berkomunikasi dengan teman-teman dari seluruh dunia, bahkan hampIr-hampir selalu begadang jika mau liburan.. Hmmm.. nostalgia banget!.

Selain karena susahnya bertransaksi saat itu, banyaknya SCAM atau penipuan online sangat merebak dan yang masih eksist hingga saat ini adalah SCAM Nigeria. Berbagai cara penipuan pernah meraka lakukan kepada saya atau kepada teman-teman melalui email, dan karena mereka itu mungkin banyak juga yang tertipu sehingga banyak yang menganggap bahwa jual beli online itu sangat riskan penipuan.

Namun itu dulu ya Sob!!.. yang saya perhatikan sekarang justru sebaliknya. Konsumen itu lebih senang berbelanja online daripada offline. Itulah kenapa sekarang merajalela online shopping bahkan yang sudah punya mall pun gak mau ketinggalan😀.

Bagaimana dengan bisnis fotografi?. Tentu saja bisnis fotografi online juga sekarang sedang merebak, banyak situs-situs fotografi professional yang menampilkan hasil jepretan mereka yang ciamik nan indah, selain jasa photographer wedding atau prewedding, ada juga bisnis retouching foto, jasa design foto, jasa percetakan foto, hingga jasa manipulasi foto. Bukan cuman lokal Sob, kita semua sudah bersaing dengan dunia.

Karena persaingan jasa fotografer online ini semakin berat, maka para owner bisnis fotografer ini bukan cuman harus mahir dalam menawarkan jasa tetapi mereka juga harus mahir dalam bidang SEO (search Engine Optimization), atau gampangnya mereka harus menjadikan situs jasa fotografer mereka selalu nongkorng di tingkat paling atas pada mesin pencarian, terutama mesin pencarian Google. Bagi yang punya modal, mungkin mereka bisa menyewa Google Adwords, atau memasang iklan di media sosial supaya situs fotografi nya banyak didatangi calon konsumen.

Pengalaman berbisnis online terutama dalam dunia fotografi, menurut saya sekarang sudah mulai meningkat. Terbukti banyak klien-klien yang datang dari luar pulau Jawa seperti dari Jambi, Makasar, Samarinda, Balikpapan, Bali, Lombok, bahkan sampai Irian Jaya yang sebagian sudah menjadi pelanggan tetap Weddingku Magazine untuk mencatak album foto wedding-prewedding mereka.

Untuk jasa fotografi, ternyata kita juga bisa mendatangkan klien dari luar Jawa, WM sudah beberapa kali mendatangkan klien dari Makasar dan Samarinda yang ingin melakukan pemotretan di Bandung dimana WM menjalankan bisnis ini.

Banyak pahit-manis dalam menjalankan bisnis fotografi ini, namun jika kita mau tetap fokus dan berusaha, Insya Allah akan datang saatnya bisnis kita menjadi bisnis yang besar, Aamin!

 

“Untuk Sobat-sobat yang ingin menawarkan jasa fotografernya di blog ini, mari kita bekerja sama untuk meningkatkan bisnis jasa fotografi kita. Silahkan hubungi team Weddingku Magazine melalui email weddingkumagazine@yahoo.com atau telp/WA: 0877 2253 9267 (no SMS), via Telkomsel: 0812 1467 6120. Blog ini setiap harinya dikunjungi minimal 700 viewer dan terus meningkat!.”

 

Satu pemikiran pada “TREND BISNIS ONLINE FOTOGRAFI 2016 MENINGKAT

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s