Cara Mengendalikan Cahaya untuk Meningkatkan Keahlian Fotografi Sobat

Banyaknya cahaya dalam satu ruangan tidak berarti akan mendapatkan pencahayaan yang lebih baik. Kita perlu banyak bereksperimen agar dapat membuat hasil jepretan yang indah. Untuk itulah kali ini WM ajak Sobat-sobat untuk melihat tayangan video dibawah ini yang dibuat oleh fotografer profesional Cliff Mautner, Mautner akan menunjukan bagaimana cara mengendalikan dan mengarahkan cahaya agar terlihat lebih indah:

Jika Sobat sudah tonton video diatas, Sobat akan lebih faham bagaimana mengendalikan cahaya sepanjang waktu. Bahkan jika Sobat berada di luar ruangan misalnya; Sobat masih bisa mengontrol cahaya dengan menggunakan penyekat atau alat lainnya untuk memblokir cahaya, reflektor untuk memantulkan, flash untuk menambah cahaya, dsb.

Menurut Mautner setiap kali Sobat masuk kedalam suatu ruangan untuk melakukan pemotretan, Sobat harus bisa menilai dan memahami kondisi cahaya lalu kemudian mengubah pencahayaan tersebut sesuai dengan kebutuhan Sobat. Seperti yang Sobat lihat di video bagaimana Mautner mendekorasi ulang kamar hotel agar cahaya yang masuk dapat sesuai dengan scene yang dibutuhkannya. Sobat dapat melakukanya untuk sesi pemotretan Sobat.

Tips Pencahayaan

Sobat bisa benar-benar kreatif memodifikasi cahaya sesuai dengan yang Sobat inginkan. Mautner menggunakan tirai gelap untuk menghalangi cahaya, namun jika Sobat membutuhkan cahaya lembut melalui jendela, Sobat dapat menggunakan tirai putih transparan untuk menyaring cahaya. Pada dasarnya Sobat akan membuat jendela softbox. Itu baru contoh. Ada banyak cara untuk memodifikasi cahaya yang ada. Jadi banyak-banyaklah bereksperimen.

Walaupun Mautner menggunakan gear yang cukup mahal, itu tidak berarti bahwa Sobat tidak dapat mengontrol cahaya  dengan peralatan yang lebih murah. Ini semua tentang perencanaan dan kreatifitas.

“Banyak cahaya bukan berarti pencahayaan yang baik. Setelah Sobat memahami bahwa Sobat dapat mengontrol cahaya bahkan cahaya yang sedikit-Apakah saat  memotret pernikahan atau memotret anak-anak di rumah, Sobat akan melihat perbedaan besar jika Sobat sudah memahami bagaimana cara mengendalikan cahaya.”

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s