4 Hal Yang Mempengaruhi Harga Jasa Fotografer

dslr

DSLR Gear

 

Alkisah ada seorang klien sebut saja namanya Bunga (nama samaran.. hahaha!!) yang mencari jasa fotografer untuk hari pernikahannya, bertemulah mereka dengan Fotografer I sebut saja namanya Sule:

Bunga: “Mas, kira-kira berapa biaya jasa fotografer untuk pernikahan?”

Deny: “1,5 jt saja!”

Bunga: “dapatnya apa saja?”

Deny : “ satu album dan pembesaran ukuran  40×50

Bunga: “Ok dech, makasih…. Nanti aku Tanya dulu calon suamiku ya!”

Setelah itu bertemulah Bunga dengan fotografer II sebut saja namanya Andry:

Bunga: “Mas, kira-kira berapa biaya jasa fotografer untuk pernikahan?”

Andry: “3,5 jt saja!”

Bunga: “dapatnya apa saja?”

Andy : “ satu album dan pembesaran ukuran  40×50”

Bunga: “Wow.. mahal  banget ya? Kok aku nanyain tadi ke fotografer lain dia cuman ngasih 1,5 jt. Dapat satu album sama pembesaran juga!”

Jika Sobat simak perbincangan di atas, mungkin ada juga  yang pernah mengalaminya ya? Hehe…

Yang menjadi pertanyaan kok bisa ya dapet jasanya sama tapi harganya jauh berbeda?

Sebetulnya jika hanya melihat angka mungkin Sobat akan sama dengan saya, pastinya pilih yang lebih murah, wong dapetnya juga sama.

Tapi tunggu dulu, jika yang Sobat maksud adalah mencari jasa fotografer, sebelum Sobat memilih paket yang murah ada baiknya dulu ditanyakan kepada fotogafer tersebut mengenai beberapa hal yang tentu saja dapat mempengaruhi hasil akhir dari sebuah fotografi.

sajakah itu??  Ini dia beberapa hal yang dapat mempengarui harga jasa fotografer, sehingga Sobat dapat mendapatkan hasil jepretan secara  memuaskan:

  1. Gear/Peralatan fotografer

Ada baiknya Sobat Tanya dulu kepada fotografer, gear  apa saja yang akan Sobat dapatkan di saat pemotretan nanti, karena tentu semakin  gear-nya bagus dan lengkap maka akan semakin mahal. Coba Sobat tanyakan kamera dan lensa yang akan mereka gunakan dan gear tambahan lainnya seperti pencahayaan (apakah menggunakan lampu dengan payung atau hanya flash shoe?).

  1. Fotografer backup dan asisten

Harga jasa fotografer juga dapat dipengaruhi banyaknya pegawai pada saat pemotretan, Sebelum Sobat mengambil paket ada baiknya ditanyakan misalnya; ada berapa fotografer nanti pada saat pemotretan? Atau apakah ada asisten fotografer?. Karena tentu saja semakin banyak yang membantu pada saat pemotretan akan semakin mahal pada harga fotografer.

  1. Album

Jika Sobat lihat perbincangan diatas, kedua fotografer sama-sama menawarkan satu album dan pembesaran 40×50 right?. Sebelum Sobat memutuskan untuk memilih jasa fotografer, ada baiknya Sobat tanya apa jenis album yang akan diberikan?, karena hari ini kita kenal ada berbagai jenis album yang sering diberikan oleh fotografer, mulai dari album tempel biasa sampai album eklusif seperti album magazine. Tentu saja, album tempel akan berbeda harganya dengan album magazine. Dan ini mempengaruhi pada harga jasa fotografi.

  1. Skill fotografer

Jangan salah Sob, Skill atau keahlian fotografer juga mempengaruhi harga pada jasa fotografi, namanya juga jasa fotografi ya pasti keahlian fotografer juga jadi pertimbangan. Nah, bagaimana mengetahui fotografer tersebut sudah mahir atau belum?. Cara yang paling mudah adalah melihat hasil jepretannya, baik yang masih mentah atau sudah di edit. Karena ada juga lho fotografer yang skill-nya biasa-biasa tapi hasil editannya luar binasa…. Hehehe.

OK Sobat! Mungkin Itu 4 Hal Yang Mempengaruhi Harga Jasa Fotografer untuk Sobat yang sedang mencari jasa fotografer. Ada istilah dalam dunia pemasaran “Ada uang ada barang”, jadi diatas. Kalau Sobat mau tambah silahkan isi di ruang komentar.

Kalau Sobat butuh jasa edit dan cetak album magazine, sobat bisa lihat disini

2 pemikiran pada “4 Hal Yang Mempengaruhi Harga Jasa Fotografer

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s