Dua Roll Atau Dua Album?

Bentuk Film Negatif

Bentuk Film Negatif

Mungkin artikel kali ini WM hanya mau berbagi cerita pengalaman WM saat menghadapi klien yang tidak tahu mana dua roll dan mana dua album.

Suatu hari, WM mendapat telepon dari klien yang membutuhkan jasa fotografi untuk mengabadikan acaran pernikahan anaknya. Namun Klien kali ini meminta WM hanya memotret dua roll saja. Oh iya.. istilah roll biasanya digunakan pada kamera analog untuk film negatif (satu roll biasanya berisi 24 atau 35 film negatif), walaupun sekarang kamera analog sudah hampir punah bahkan di daerah WM sudah tidak ada lagi namun istilah roll ini masih digunakan oleh orang tua yang belum tahu bahwa sekarang sudah era digital😀

SLR (Kamera analog tampak belakang)

SLR (Kamera analog tampak belakang)

Standar satu roll yang digunakan WM adalah 35 file foto, itu artinya jika klien meminta dua roll maka WM akan mencetak file foto sebanyak 70 lembar plus bonus ukuran 20×30/roll. Biasanya 70 lembar foto bisa masuk kedalam satu album tempel 30×30 yang berisi 15 sheet (30 halaman). Jadi klien hanya mendapatkan satu buah album ditambah CD backup file-file foto.

Namun apa yang terjadi? Setelah pemotretan selesai dan seperti biasa WM mulai memproses foto-foto tersebut hingga selesai yaitu satu album, ternyata klien komplain karena dia berfikir dua roll itu adalah dua album.

Saya coba tanyakan sekali lagi saat order pertama disertai dengan formulir yang sudah disetujui antara pihak WM dan Klien, dan memang disana tertulis bahwa klien memang meminta 2 roll bukan dua album.

WM mencoba untuk menjelaskan kepada klien mengenai hal ini, apakah dua roll atau dua album?, WM coba menjelaskan perbedaan roll dan album. Apalagi dicetak di album magazine yang tentunya lebih mahal (mau cetak Album Magazine? klik disini!)

Akhirnya, setelah diberi penjelasan secara rinci, Klien mengerti dan menerima hasil satu album yang berisi 2 roll.

Disini WM hanya ingin memberi tahu untuk Sobat-sobat yang sedang atau akan berkecimpung dalam dunia jasa fotografi, selalu siapkan formulir kerjasama antara fotografer dan Klien agar jika ada ketidak puasan diantara kedua belah pihak, maka formulir kerjasama ini sebagai penengah atau bahkan penolong Sobat🙂

Semoga bermanfaat…..

Satu pemikiran pada “Dua Roll Atau Dua Album?

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s