MANCING MANIA!

Mancing Mania

Mancing adalah hobby yang paling banyak diminati oleh kaum pria, apalagi di perkampungan seperti kampung dimana WM tinggal. Yup, salah satu kampung di Desa Rancatungku dimana ada salah satu aliran sungai yang membelah Desa, namun sungai ini menjadi tulang punggung warga yang mayoritas adalah para petani, nama sungai tersebut adalah Ciherang.

Sungai Ciherang adalah sungai yang membentang dari Cangkuang hingga Citarum, sungai ini adalah bagian dari sungai Cisangkuy yang dibagi di daerah Hantap-Cangkuang. Ciherang sendiri berasal dari Bahasa Sunda yang berasal dari dua suku kata Ci = Cai = Air dan Herang = Bening, mungkin karena dulu sungai Ciherang ini memang bening walaupun yang WM liat sekarang warnanya Coklat hehe…

Tapi kalau WM mendengar cerita dari orang tua, memang dahulu sungai Ciherang ini dipakai warga warga bantaran sebagai tambak ikan bahkan di sungai ini banyak sekali hurang= udang air tawar, ikan benteur, betok dan jenis ikan air tawar lainnya, bahkan banyak juga Haremis/Kijing = nama sejenis kerang sungai.

Namun setelah warga mengenal portas (racun yang fungsinya untuk membunuh tikus) dan mencemari air sungai Ciherang maka saat itu banyak sekali ikan dan hurang yang mati sampai telur-telurnya sehingga berkuranglah populasi ikan yang ada di sungai Ciherang saat itu.

Kini sungai Ciherang tetap menjadi tumpuan para Petani di Desa Rancatungku untuk mengairi sawahnya, mudah-mudahan saja jangan tercemari air limbah pabrik seperti sungai Induknya (Cisangkuy) yang kini berwarna hitam pekat dan sangat bau karena sudah tercemari limbah pabrik.

Dan para mincing mania adalah salah satu ciri bahwa di sungai tersebut populasinya masih terjaga. Semoga saja!

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s