Mengembalikan File di SD-Card Yang Hilang (fix)

Kejadian ini berawal saat keponakan meminjam kamera, dia katanya mau foto-foto di Alun-Alun Kota Bandung sambil menikmati pemandangan Kota Bandung di saat malam. Siapa yang mau tega kehilangan moment yang indah dan jarang ini? Apalagi di bulan Ramadhan, biasanya di pusat kota itu ramai sekali dengan orang-orang yang sekedar jalan-jalan atau berselfy ria.

Pagi-pagi, Di saat keponakan mengembalikan kamera dan meminta file hasil jepretan semalam, terjadilah kasus yang tidak biasa buat saya. Saat memasukan SD card, memang sempat terjadi lost connected alias card reader yang saya pakai error. Biasanya ini terjadi karena kabel penghubung antara card reader dan USB ada masalah. Lalu saya ganti kabel tersebut dan akhirnya card reader bisa membaca SD card saya dengan mulus.

Namun… apa yang terjadi?? File-file di SD card semuanya ilang, yang keluar hanya file ekstensi yang tidak saya kenal… OMG!!! Ada apa ini?? Padahal banyak file-file foto saya yang belum saya sempat copy ke hardisk

SD-Card Corrupt-1

“Jangan panik….. jangan panik!!.. tarik nafas dalam-dalam!, pasti ada solusinya!!”

Itulah perasaan saya saat itu.

Saya coba klik kanan-properties pada directory SD card dan ternyata ukuran file dalam kartu sesuai dengan file-file yang ada sekitar 3.5GB. itu artinya file-file foto saya masih ada di dalam kartu memory hanya saja mungkin di hidden oleh virus jahat?

Saya coba cek kartu memory tersebut dengan anti-virus dan hasilnya? Nihil! File saya tidak kembali.

Saya coba masuk ke Tools-folder option-view pada explorer dan coba untuk memunculkan file yang di hidden dengan cara memindahkan ‘radio’ ke show hidden files, folders and drivers. lalu menghilangkan centang pada pilihan Hide protected Operating System files (Recommended) dengan maksud supaya file-file system bisa terlihat di explorer. Karena biasanya VIRUS senang merubah file-file biasa menjadi file system. Hasilnya???? Juga nihil alias gak berhasil…… hahahaha! (sambil nangis)

Akhirnya jalan terakhir adalah mencari artikel di internet siapa tahu ada teman-teman saya yang mengalami hal serupa dan dapat memperbaikinya. Hasilnya?? Ternyata banyak yang menjadi korban serupa dengan saya….. dan mereka telah menemukan solusi.

Yup SOLUSI…. Trus bagaimana?

Ternyata caranya tidak terlalu susah juga, masuk ke Windows Explorer, klik kanan pada directory Kartu Memory (di komputer saya adalah K: ), pilih properties, pilih Tools, lalu klik Check now… pada pilihan Error-checking.

Tampilan Properties pada Win7

Tampilan Properties pada Win7

Lalu akan keluar tampilan Check Disk Data, centang/checklist kedua pilihan pada tampilan tersebut lalu klik Start.

Tampilan Check Disk Data pada Win7

Tampilan Check Disk Data pada Win7

Tunggu berberapa saat, dan TARA!!!!

Semua file saya kembali… ternyata kartu memory saya error karena kabel datanya bermasalah.

Tapi TUNGGU!!

Ada yang janggal! Ternyata file yang dikembalikan bukan file foto saya tapi file yang memiliki ekstensi *.CHK.

But don’t worry Sob, karena artikel hasil saya googling juga udah ngasih tahu gimana caranya mengembalikan file *.CHK tersebut kembali menjadi file *.jpg atau *.raw. hanya saja ya agak ribet juga kalau dalam satu folder ada file *.jpg dan ada file-file lainnya.

Untungnya file-file saya semuanya *.JPG jadi masalah ini cukup gampang buat saya. Tinggal buat file batch (*.bat). caranya:

  • Buka notepad
  • Lalu ketik : ren*.CHK*.jpg
  • Save dengan nama bat
  • Simpan file batch tersebut di folder yang akan dirubah ekstensionnya
  • Klik dua kali file batch tersebut, dan otomatis semua file *.CHK akan berubah menjadi *.jpg

PERHATIAN!: File batch ini tidak berhasil pada Win7 64 bit dan Win8, jadi kalau ada Sobat-sobat yang jago programing system tolong ya kasih tahu solusinya😀 .

Akhir kata, semua file saya kembali seperti semula dan kejadian ini menjadi pelajaran yang sangat penting, bahwa kita harus selalu membackup data-data pada SD-card, jangan membiarkan SD-card penuh. Untung saja cara diatas berhasil dan itupun bukan file yang terlalu penting. Bagaimana jika dalam SD-Card itu adalah file penting seperti file foto-foto wedding atau prewedding klien Sobat?.

Semoga artikel ini bermanfaat ya Sob🙂

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

