TUTORIAL: Membuat Amplop Lebaran Alias Angpau

Tidak terasa tinggal menghitung beberapa hari lagi menuju hari raya Idul Fitri ya Sob? Gimana Lebaran sekarang, sudah punya kamera baru?? Hehehe….

Mungpung masih agak lama ni Sob, gimana kalau kita sedikit berbisnis untuk menambah penghasilan kita di bulan Ramadhan ini, WM ajak sobat untuk membuat amplop lebaran alias angpau. Sobat tertarik?

Amplop Lebaran

Amplop Lebaran

Angpau sebetulnya istilah ini berasal dari Negeri China yang biasanya adalah bingkisan dari amplop merah yang berisikan sejumlah uang sebagai hadiah menyambut tahun baru Imlek atau perayaan lainnya (id.wikipedia.org).

Karena istilah angpau sudah melekat dalam kebudayaan Indonesia selama berabad-abad, maka orang Indonesia pada umumnya menyebut amplop berisi uang sebagai Angpau.

Bisnis angpau Lebaran juga sekarang sedang ngetrend lho Sob!, makanya jangan ketinggalan Sobat-sobat untuk membuat angpau ini, selain dipakai untuk pribadi (ngasih angpau ke sanak-family) Sobat juga bisa menjualnya.

Pertama-tama kita buat layoutnya dulu Sob:

Preview layout Angpau di Photoshop

Preview layout Angpau di Photoshop

Layout amplop yang WM buat adalah untuk ukuran 7cm x 9cm, Sobat bebas memilih ukuran amplop sesuai keinginan Sobat:

Layout Angpau

Layout Angpau

Oh iya Sob, Sobat mungkin lihat di tengah ada Logo Tokkita.com, Sobat bisa ubah logo tersebut sesuai dengan logo perusahaan Sobat, by the way! Tokkita.com adalah situs belanja online yang sedang WM rancang, mudah-mudahan cepat selesai ya Sob, jadi Sobat bisa belanja Ampau juga disana… hehehe!

Setelah Sobat bikin layout, sekarang pilih gambar-gambar yang mau dijadikan gambar pada angpau lalu masukan kedalam layout.

Kebetulan WM menggunakan photoshop untuk mengedit angpau ini jadi WM tinggal menggunakan fungsi Create Clipping Mask pada layer gambar. Caranya gampang, posisikan layer gambar untuk angpau, simpan diatas layout angpau (layout harus sudah terpisah dengan background) lalu pilih layer pada menu, dan pilih create clipping mask. Atau jika menggunakan fungsi keyboard, Sobat bisa menggunakan fungsi CTRL+ALT+G.

Menggunakan Fungsi Create Clipping Mask (CTRL+ALT+G)

Menggunakan Fungsi Create Clipping Mask (CTRL+ALT+G)

Setelah selesai, Sobat tinggal cetak saja bisa menggunakan kertas HVS, Glossy atau kertas Art Papper. Jika Sobat serius dalam bisnis angpau ini, sobat juga bisa mencetaknya ke percetakan.

Setelah dicetak, Sobat tinggal potong sesuai layout, melipatnya dan me-lem lipatan pinggir sehingga angpau sudah siap di isi uang😀

Selamat mencoba.

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s