Bagaimana Proses Membuat Album Magazine?

Magazine Album

Album Magazine atau Album kolase memang saat ini sedang trend untuk album wedding/prewedding atau fotografi dokumentasi lainnya, walaupun ada beberapa klien juga sich yang masih meminta foto roll (32-35 foto/ roll) karena untuk paket album magazine harganya lebih mahal :D.

Selain cukup mahal, jika Sobat ada rencana untuk membuat Album Magazine untuk klien Sobat, ada beberapa proses yang harus Sobat ketahui, apa saja proses membuat Album Magazine?

  • Saat memotret: jika Sobat berencana ingin membuat album magazine maka saat memotret adalah hal yang menentukan bagaimana supaya hasil jepretan Sobat nantinya menarik saat dimasukan ke album kolase. Ada istilah “insert” dalam pemotretan untuk album magazine, insert ini sebetulnya di istilahkan untuk foto yang berhubungan langsung ataupun tidak langsung dengan subyek. Misalkan dalam pemotretan wedding, Sobat bisa mencari hal-hal yang berhubungan dengan pernikahan seperti cincin pernikahan, pelaminan, kue, makanan, dll.
  • Saat Memilah file: jangan heran ya Sob, jika hasil jepretan Sobat rencananya mau dibuat album magazine, maka Sobat harus membuat lebih banyak jepretan saat memotret. Bahkan ada beberapa fotografer yang senang menggunakan settingan continues/brust pada kamera. Hasilnya bisa ribuan file foto yang nantinya harus Sobat pilih dan pilah menjadi ratusan atau bahkan kurang :D. bagaimana cara memilah file-file tersebut dengan cepat? Nanti WM bahas di artikel selanjutnya.
  • Proses editing/design: Proses ini juga memakan waktu yang cukup lama lho Sob! Apalagi jika Sobat belum mahir menggunakan photoshop karena kalau WM hamper 90% proses editing menggunakan photoshop, wah bisa berabe..hehe!. Tapi saat ini ada software yang bisa membuat foto kolase secara otomatis dari yang gratis hingga yang berbayar. Salah satu software pembuat foto kolase yang gratis yaitu Picasa, coba ulik sendiri lah bagaimana caranya :D.
  • Proses Pencetakan: ini bisa dibilang proses finishing atau proses paling akhir, bagaimana akhirnya hasil editan Sobat di cetak menjadi album magazine. Jika Sobat belum mempunya percetakan sendiri, ini artinya Sobat harus menyiapkan budget untuk mencetak album magazine. Dan Sobat bisa mencari percetakan album magazine di web atau blog. Atau sobat boleh menggunakan jasa WM untuk Mencetak Album Magazine hingga selesai (ups….jadi promosi :D)

Ya mungkin proses membuat album magazine yang WM tahu sih cuman seperti itu, jika Sobat mau menambahkan silahkan isi di komentar.

Semoga bermanfaat :).

Iklan

3 thoughts on “Bagaimana Proses Membuat Album Magazine?

  1. Halo wm.
    Seolah saya menemukan solusi untuk bisnis saya,
    Nah. Kira kira brp estimasi biaya untuk pembuatan photo magazine tsb ?
    Mohon di balas atau whatsapp . 085323011031 ozmotion artwork

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s