MEMOTRET PERTUNJUKAN PENCAK SILAT

Pencak Silat adalah salah satu seni bela diri yang ada di Nusantara dan diakui dunia, termasuk pencak silat yang ada di tataran Sunda, kebetulan di Kampung WM ada pagelaran seni Pencak Silat dalam salah satu acara Syukuran Khitanan. Biasanya jika ada pertunjukan Pencak SIlat, maka perguruan pencak silat lain akan berbondong-bondong datang untuk ikut menyumbang dan menampilkan kebolehannya.

Seni pencak silat biasanya diiringi 2 sampai 3 kendang, satu terompet dan satu goong kecil, si pendekar akan mengikuti alur dan hentakan sesuai dengan suara kendang, karena memang sudah ada pakem dan tata caranya. Kecuali jika ada dua orang yang seolah-olah bertarung, biasanya suara kendanglah yang mengikuti gerakan si pendekar.

Kesempatan ini tidak WM sia-siakan, WM ambil kamera dan langsung mencari moment yang tepat untuk mendapatkan gambar. Ternyata sulit sekali untuk memotret pertunjukan pencak silat, WM coba menggunakan mode continues supaya bisa mendapatkan setiap gerakan.

Pencak Silat-Tarung (2)

Yang paling seru adalah pada pertunjukan terkahir, ada pertarungan para pendekar hingga berdarah, menggunakan senjata golok, tombak, rantai dan tongkat. ngeri sekali memang! Jeritan para penonton membuat suasana semakin tegang, darah-darah becucuran bahkan tombak pun menusuk kepada salah satu pendekar dan ada pendekar yang digorok… wuiiihhh!!.

Pencak Silat-Berdarah (14)

Namun jangan khawatir, semua itu hanya acting. Para pendekar ini adalah orang-orang professional, layaknya actor mereka bermain serius, dan darah-darah yang berceceran hanya darah palsu. Tapi WM menyarankan, saat memotret moment ini lebih baik Sobat agak jauh dari stage karena bisa saja ada senjata yang tidak sengaja terlempat ke penonton, bahkan ada beberapa penonton yang berdarah karena terkena pecahan genting. Untuk itu gunakan lensa yang memiliki FL panjang, supaya Sobat bisa memotret dari jarak jauh🙂.

Tidak lupa sebelum WM kembali ke rumah, WM mengambil moment diluar keriuhan pertunjukan pencak silat yaitu seorang pendagang kacang tanah, yup! Pedagang kacang tanah adalah salah satu icon pedagang pada acara-acara akbar seperti pertunjukan wayang dan Pencak silat di kampung. Dimana ada wayang dan pencak silat disitu ada pedagang kacang tanah, hehe..

Penjual Kacang Tanah

Penjual Kacang Tanah (2)

Ok Sob,. sampai disini dulu artikel kali ini, jika Sobat mau lihat hasil hunting pencak silat yang lainnya, silahkan lihat disini https://www.flickr.com/photos/chenlinsar/with/16652511329/

2 pemikiran pada “MEMOTRET PERTUNJUKAN PENCAK SILAT

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s