Membuat Montase Dengan Cepat

Prewedding Puji & Anggit @2014

Prewedding Puji & Anggit @2014

Membuat foto montase sebetulnya sangat mudah jika kita sudah menguasai Photoshop. Jadi dasarnya adalah Sobat harus menguasai dulu photoshop, minimal Sobat mengenal tool, layer, effect, masking, channel, dll.

Tutorial kali ini, WM akan coba menggabungkan 6 foto kedalam satu frame. WM terlebih dahulu membuat konsep ketika prewedding berjalan, thanks to Puji & Anggit yang sudah mau diajak bekerjasama untuk membuat konsep ini.

Sobat memerlukan tripod supaya posisi kamera tidak berubah dan sebelum memotret subjek cobalah beberapa kali untuk mendapatkan settingan yang tepat pada kamera.

Untuk menggabungkan ke 6 foto diatas, WM menggunakan photoshop CS3. Caranya:

gambar 1 Buka ke 6 foto di photosop, lalu buatlah dokumen baru (ctrl+N), karena montase ini WM buat untuk foto pembesaran (foto stand) uk. 40×60, jadi ukurannya disesuaikan 40x60cm dengan resolusi 200 pixel/inch.

new canvasTarik satu per satu ke 6 foto tadi ke dokumen yang baru dibuat, pilih salah satu foto yang akan dijadikan master, artinya semua foto mengacu kepada layer master itu. Disini yang dijadikan layer master adalah foto pasangan wanita (Puji), posisikan layer master ini pada posisi paling bawah (diatas background).

Bagian 1 teknik montaseSekarang saatnya menggabungkan ke enam foto ini menjadi satu…

Sobat jangan ganggu Layer Master ya, biarkan posisi Layer Master ini atau jika perlu dikunci. Yang akan kita hilangkan backgroundnya adalah Layer 1 sampai Layer 5, Sobat boleh pilih-pilih kira-kira Layer mana yang paling mudah.

Cara menghilangkan background Sobat bisa menggunakan berbagai teknik, bisa menggunakan Lasso Tool, Quick Selection Tool, atau menggunakan Pen Tool.

WM akan memberikan satu contoh menghilangkan background dengan menggunakan Pen Tool, karena dengan menggunakan Pen Tool biasanya hasil potongan lebih rapih, namun memerlukan ketelitian terutama pada sudut-sudut atau curve.

Bagian 2 teknik montaseJika sudah selesai, Klik kanan lalu pilih Make Selection, maka akan muncul bar Make Selection isi Feather Radius 0,5 pixels, OK lalu pilih Add Layer Mask di layer palet.

Make SelectionBagian 3  teknik montaseLakukan teknik ini untuk layer yang lain (kecuali Layer Master) dan Sobat sudah mendapatkan foto montase, yaitu menggabungkan beberapa foto dalam satu frame, jika sudah selesai Sobat tinggal melakukan retouching, yaitu mengatur cahaya, tone, menerangkan kulit/retouch, menajamkan gambar, dll.

Bagian 4  teknik montaseAgar Sobat mudah untuk membuat foto montase, yang paling penting adalah konsep, yup konsep! Jika Sobat sudah punya konsep maka Sobat pun akan lebih mudah menggabungkan foto tersebut.

Selamat Mencoba🙂

Sobat mau belajar photoshop atau sekedar bertanya mengenai edting foto? Silahkan invite pin bb WM 75D6286E atau Whatsapp 087722539267. Kita belajar dan sharing bersama.

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s