WORKSHOP KP-BS: Soft Lighting dan Hard lighting

Bandung, Minggu (23/11/2014)- Komunitas Photographer Bandung Selatan kembali mengadakan workshop, yang kali ini mengambil tema Soft Lighting dan Hard Lighting di MikoMall Kopo yang materinya dibawakan oleh Om Irwan K Tanusondjadja (VISICO) seorang fotografer profesional dari Bandung yang sudah malang melintang di dunia lighting photography.

Tema yang dibahas kali ini sangat menarik, karena lighting atau pencahayaan dalam fotografi sangat penting sekali untuk mendapatkan foto yang baik, itu dilihat dari antusiasme peserta yang hadir betul-betul serius memperhatikan bagaimana Om Irwan langsung mempraktekan teknik soft lighting dan hard lighting ini.

suasana Workshop KP-BS

Suasana workshop Soft & Dard Lighting

Soft light atau cahaya lembut datang dimana sumber cahaya tidak langsung mengarah kepada obyek atau cahaya tersaring oleh benda tipis sehingga cahaya menyebar dengan lembut. Contoh soft light adalah ketika mendung dimana matahari tersaring awan tebal, atau menggunakan softbox ketika di dalam ruangan dimana cahaya disaring menggunakan kain tipis atau bahkan Om Irwan memberikan tips jika Sobat tidak memiliki softbox atau reflektor, Sobat bisa menggunakan kertas kalkir. Semakin jauh jarak antara sumber cahaya dan reflektor maka cahaya akan semakin lembut.

Sedangkan hird light atau cahaya kasar adalah dimana sumber cahaya langsung mengarah kepada subjek, sehingga bayangan pada subjek terlihat sharp (kasar). Contoh hard light adalah ketika terik matahari, atau jika didalam ruangan yaitu lampu yang langsung menyorot ke arah subjek.

Baca 6 Pola Pencahayaan Yang Wajib Sobat Ketahui atau 5 Tips Penting Pencahayaan Alami

Spesial untuk fotografi indoor, Om irwan mengenalkan alat flash meter yaitu alat untuk mengetahui berapa settingan yang harus digunakan terkait dengan cahaya yang menyorot ke arah subjek. Disini peserta diberikan kesempatan untuk langsung mempraktekan dengan memotret model yang sudah disediakan dengan setting yang sudah disesuaikan dari flash meter.

Setelah peserta menerima materi kini saatnya pemotretan model, peserta dipersilahkan untuk mengambil kartu peserta yang didalamnya sudah ada voucher nonton gratis dari Blitz Megaplex. Wow keren! Peserta juga boleh memotret dimana saja di area Miko Mall asal membawa kartu peserta.

Yup, setelah lelah hunting model kini saatnya door prize yang hadiahnya disediakan oleh L9 (www.l9bags.com) yaitu sebuah tas kamera.

salah seorang pemenang tas dari L9

Salah Seorang Pemenang Tas Dari L9

Sangat meriah workshop kali ini, semoga workshop selanjutnya lebih baik dari ini.

Tidak lupa berikut ucapan terima kasih dari Om Irwan di Komunitas Potographer Bandung Selatan:

Terima kasih atas kehadiran rekan2 photographer kemarin , semoga materi yg disampaikan dapat berguna untuk dapat menghasilkan foto yg lebih baik,
Terima kasih juga untuk para Model yg telah bersedia hadir & membantu acara SOFT& HARD LIGHT serta Hunting Photo Metropolitan Girls, semuanya luar biasa!

Akhirnya mohon maaf apabila dalam penyampaian materi masih terdapat kekurangan disana sini, semoga event2 berikutnya dapat terlaksana lebih baik dan meriah!
Maju Terus Fotografi Bandung Selatan dan Indonesia!

 Dan berikut ucapan terima kasih dari Kang Seno Teguh mewakili Komunitas Potographer Bandung Selatan:

saya ucapkan terimakasih buat teman2 fotografer yg sudah berkenan datang di acara Hunting Metropoliatn Girls di Miko mall, anda semua luar biasa, dan karya foto anda semua sungguh menakjubkan .. keren abiss ..

sy juga ucapkan kepada teman2 panitia yg telah ikut menyukseskan acara kemarin .. terimakasih buat om Irwan K Tanusondjaja yg telah memberikan workshop yg luar biasa bermanfaat bagi kita semua, buat Opah Indra Ajha anda tidak kenal lelah mambantu model2 supaya bisa tampil sempurna, buat papih Lilo Armadilo yg sudah bisa mengatur acara sehingga bisa sesukses kemarin, buat Uda Keril Chairil yg rela kembali ke rumah buat bikin tanda peserta dan dengan sigapnya menyiapkan wardrobe buat para model, buat kang Dheni Betmen yg telah luar biasa membawakan acara kemarin tnp betmen acara mungkin terasa hampa, buat Rivall Dadan yg dengan setia duduk di depan sound biar semua yg tampil di panggung bisa sempurna, buat Djoedjoe Djeproet yg sudah mengatur posisi para model, buat Raudloh Nashir yg dengan sigap menyimpan uang registrasi sehingga semua aman terkendali. buat Om Iduy Dexum yg telah mengamankan acara kemarin . buat Sovian Choeruman yg telah mengkordinir model2, buat Dika Irzandi meskipun datangnya telat tapi tetep keren makasih buat nametag nya, buat Baim Al-Buchari yg telah mendata model2, buat Anton Andriyana yg telah membantu kesuksesan acara kemarin, buat Robby l9bags.com ( Mantab Euy )yang telah memberikan doorprize tas L9 yg begitu keren, buat Mikko mall bandung yg telah menyediakan tempat buat kami,

terima kasih juga kepada para model Thara Dytha (MI – sumut) Va Nova ( MI – Bandung) Nella Roulina Sihombing (bandung) Tiara Mutiara (bandung) serta model2 lainnya yg bergabung bersama2 untuk mensukseskan acara tersebut..

sekali lagi saya ucapkan terimakasih yg sebesar besarnya kepada anda semua yg telah menghadiri acara kami, mohon maaf atas segala kekurangan kami, dan sy mohon maaf apabila ada nama2 yg tidak tercantum … teman2 semua luar biasa, sampai ketemu lagi di acara berikutnya .

–tanpamu kami hanya butiran debu–

 Sobat mau lihat hasil hunting teman-teman Komunitas Photographer Bandung Selatan? WM kasih beberapa saja ya, sisanya silahkan Sobat lihat sendiri di grup facebook, klik link ini untuk gabung.

Canon 5D mk II | EF 70 – 200 2.8L at 105 mm | Spot Metering ISO: 3200 |f: 2.8 |ss: 1/3200 sec – Oleh Irwan K Tanusondjaja

F/1.8 iso 1600 1/200s – foto oleh Qie Khadiansyah

/5, 1/125, ISO 200-56mm | talent: Verrell Avrilani Novianty hunting metropiltan Gir – oleh Sovian Choeruman

Canon 7D, EF 85 mm f1.8, iso 1600, f1.8, Exp: 1/100 – oleh Riva Hanindya Putera

“Metropolitan Girl”- Talent : Tiara |Eos 500d|Prime 50mm|F 1.8|1/125|Iso 200 – oleh Krisna Aditia Putra‎

Salam Jepret😀

Kredit Foto:

  • Komunitas Photographer Bandung Selatan
  • Koleksi Pribadi

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s