Pencahayaan dan Lensa Dalam Fotografi

Pencahayaan dan lensa?, dua element inilah yang paling penting dalam dunia fotografi untuk mendapatkan foto-foto luar biasa, untuk sebagian besar fotografer pemula, kedua hal inilah yang paling banyak dipelajari.

“Melihat dari belakang” oleh Yosa Fiandra | EXIF: f3.5 1/8 iso800

“Melihat dari belakang” oleh Yosa Fiandra | EXIF: f3.5 1/8 iso800

Dalam fotografi untuk mendapatkan foto yang baik kuncinya adalah pencahayaan.Tentu di era digital ini Photoshop dan Lightroom 4 dapat membantu Sobat untuk membuat foto yang biasa saja dapat terlihat lebih baik, namun untuk mendapatkan foto yang luar biasa dan mendapatkan foto dengan kualitas tinggi secara konsisten dengan tujuan komersial, Sobat harus benar-benar menjadi ahli pencahayaan.

Misalnya-untuk memotret outdoor atau landscape, Sobat harus menunggu di lokasi pemotretan, kadang-kadang selama berjam-jam, hanya untuk mendapatkan cahaya yang tepat. Tidak jarang harus merambah hutan atau memanjat tebing yang terjal. Begitupun untuk pemotretan indoor seperti fashion, Sobat jangan hanya merasa puas dengan tiga atau lima point lighting, tetapi terus mencoba teknik pencahayaan baru untuk mendapatkan gambar sesuai dengan yang Sobat harapkan.

Jika pelukis menggunakan catnya untuk mendapatkan lukisan maka fotografer menggunakan cahaya untuk mendapatkan foto yang luar biasa. Untuk mendapatkan pencahayaan yang tepat memang butuh ketelitan sehingga terkadang membosankan, hal inilah kenapa beberapa fotografer malas mempelajarinya.

Elemen lain dari fotografi adalah lensa, ada alasan kenapa banyak fotografer profesional akan berusaha keras memburu kamera baru yang sesuai dengan lensa yang mereka punya. Body kamera boleh datang dan pergi, tapi lensa yang baik akan disimpan seumur hidup. Banyak kawan-kawan WM yang hidup di zaman kamera analog, mereka masih menyimpan lensa lamanya dan hanya mengganti body kamera.

Blue Sky at Sinumbra oleh Dheni Betmen) | EXIF: f/14 - 1/1000 sec - ISO-320 - 135 mm

Blue Sky at Sinumbra oleh Dheni Betmen | EXIF: f/14 – 1/1000 sec – ISO-320 – 135 mm

Hari ini, kita tidak perlu bingung lagi untuk memilih kamera untuk lensa yang sesuai, Sobat bisa menggunakan converter untuk menyesuaikan antara kamera dan lensa, Sobat bisa mencarinya di mesin pencarian di internet.

Fokus pada dua elemen pencahayaan dan lensa, akan memisahkan Sobat dari 90 persen orang yang ingin menjadi fotografer profesional tetapi tidak memiliki disiplin untuk sampai kesana.

Masih banyak orang yang bingung karena pilih-pilih kamera, membandingkan fitur ini dan itu. Namun ingat ya Sob, kamera hanyalah alat perekam gambar; pencahayaan dan lensa-lah yang membuat gambar.

Salam jepret🙂

Kredit Foto: Komunitas Photographer Bandung Selatan

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s