TIPS: Cara Membuat Ilusi Api Dengan Lukisan Cahaya

Dennis Calvert telah menemukan sebuah metode mengejutkan untuk membuat sebuah potret lukisan cahaya yang rumit di mana lukisan cahaya ini seperti api yang membakar. Hanya dengan menggunakan alat fotografi standar (kamera, tripod, dan speedlight). Untuk membuat lukisan cahaya tentu saja membutuhkan sumber cahaya, Sobat bisa menggunakan tongkat cahaya listrik. Agar Sobat lebih mengerti, lebih baik tonton saja video dibawah ini:

Jika Sobat merasa kurang faham dengan video diatas, WM sudah merangkumnya dibawah ini:

Alat yang Sobat perlukan untuk mendapatkan efek lukisan cahaya ini:

  • DSLR
  • Speedlight
  • Tripod
  • Tongkat Cahaya Listrik

Setelah alat diatas sudah Sobat dapat, Sobat memerlukan lokasi yang gelap atau minim cahaya untuk memotret lukisan cahaya ini. Setelah Sobat berada di lokasi, siapkan tripod dan atur kamera pada ISO 400 | f / 8. Sobat  harus menggunakan long shutter speed, tetapi akan bervariasi tergantung pada lokasi tertentu. Sobat dapat melakukan beberapa bracket untuk menemukan waktu eksposur yang tepat. Tandai tempat dimana Sobat akan berdiri dan gunakan flashlight untuk memfokuskan kamera ke tempat itu.

Selanjutnya, sync/sinkronkan speedlight ke kamera Sobat sehingga menembak pada intensitas maksimal (max intensity) dan atur di belakang Sobat (Calvert mengikatnya dipunggungnya) sehingga akan terjadi overexposes background yang tepat di belakang Sobat, tetapi meninggalkan vignette gelap di sekitar frame. Ini membantu untuk membuat dinding di belakang Sobat agar  menangkap semua cahaya. Tekan shutter Sobat, setelah flash, nyalakan tongkat cahaya dan goyangkan disekitar tubuh Sobat, bentuklah siluet sesuai kenginginan Sobat. Matikan tongkat cahaya dan periksa bagaimana hasil jepretan Sobat. Jika hasilnya agak gelap, cobalah memperpanjang shutter speer, jika terlalu terang, lakukan sebaliknya.

ilusi Api

Saya perlu bicara jujur disini..!!. bahwa versi final foto Calvert sama sekali tidak diedit. Gambar di atas adalah langsung dari kamera. Sangat mengesankan bukan?

Satu pemikiran pada “TIPS: Cara Membuat Ilusi Api Dengan Lukisan Cahaya

  1. Ping balik: TUTORIAL: Light Painting Photography | Weddingku Magazine

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s