Tips Memotret Para Petualang

 Sobat seorang Backpacker? Backpacker biasanya sih identik dengan orang-orang yang senang berpetualang dan membawa tas gendong…(jadi inget lagunya Alm. Mbah Surip ; “tak gendong kemana-mana’ hehehe)…..jika Sobat seorang backpacker + fotografer sejati udah pasti dong tidak mau ketinggalan untuk membawa kamera Sobat, karena dalam setiap kesempatan pasti banyak sekali moment-moment yang sayang untuk dilewatkan.

Jika Sobat sudah menyiapkan semua peralatan yang akan Sobat bawa untuk berpetualang (jangan lupa selain kamera DSLR, bawa juga tripod (baca: 10 Fungsi Tripod Untuk Fotografer), baterai cadangan, memory card cadangan), luangkan waktu Sobat untuk melihat video berikut untuk mendapatkan beberapa petunjuk yang dapat membuat ‘tembakan’ Sobat seperti seorang profesional D: :

Jika Sobat sudah melihat video diatas,  Sekarang mari kita rangkum supaya kita dapat sama-sama belajar:

  • Tahan tembakan Sobat untuk video dan still photography. Idealnya, video klip sekitar 5-10 detik. Ketika memotret still, kamera Sobat harus sudah dipersiapkan untuk mengikuti tindakan sehingga Sobat tidak kehilangan momen yang tepat untuk mengambil gambar. Ingat, gunakan tripod untuk menghilangkan goncangan pada kamera!
  • Alih-alih mencoba menjejalkan semuanya ke dalam satu foto, mengambil beberapa gambar untuk memecah cerita dan menciptakan tembakan bebas akan lebih baik.
  • Fotografi perjalanan akhirnya menceritakan kisah perjalanan Sobat. Memotret hal-hal yang jelas akan menguraikan perjalanan Sobat seperti makanan yang Sobat makan, penduduk setempat yang Sobat temui, dan tempat-tempat yang Sobat kunjungi.
  • Ambil tembakan Sobat dari sudut yang berbeda. Campuran antara subjek ketat, menengah, dan lebar pada gambar dapat memberikan pandangan yang berbeda dari cerita petualangan Sobat.

Jangan takut untuk mengambil lebih banyak rekaman dan stills dari foto-foto Sobat. Lebih baik untuk memiliki berbagai pilihan untuk dipilih nanti pada saat mengedit. Hanya karena Sobat memotret banyak gambar, bukan berarti Sobat memilih semuanya bukan?, Bahkan, pilih sedikit saja foto terbaik yang menurut Sobat unik dan akan membuat penasaran orang-orang yang melihatnya.

Bagaimana dengan Tips Memotret Para Petualang diatas?

Sumber: www.PictureCorrect.com

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s