10 Tips Agar Tidak Kehilangan Moment Saat Memotret

Moment adalah hal yang sangat penting untuk seorang fotografer, karena dari moment itulah sebuah hasil karya fotografi dapat dinikmati oleh setiap penikmat foto. Dan jangan salah Sob, seorang fotografer harus memiliki insting yang kuat untuk menangkap moment yang sempurna.

Memang tidak mudah untuk mendapatkan moment sempurna tersebut, diperlukan pengalaman dan jam terbang yang lama, kesabaran dan tidak cepat frustasi menjadi salah satu kunci sukses untuk berlatih menangkap moment ini.

Hari ini WM mendapatkan tips-tips menarik buat Sobat-sobat semua yang tidak ingin kehilangan moment-moment penting dalam fotografi, yuk kita belajar bersama-sama:

  1. Akses ke kamera digital Sobat harus cepat. Artinya, Sobat harus memiliki tas kamera yang mudah terjangkau sehingga memungkinkan Sobat untuk cepat-cepat menyiapkan kamera digital sobat ketika sebuah moment datang secara tiba-tiba.
  2. Pastikan Sobat memiliki lebih dari satu baterai cadangan sebelum Anda berangkat dalam perjalanan fotografi. Ingat juga bahwa baterai juga dapat dipengaruhi oleh suhu jadi pastikan Sobat tahu lingkungan di mana Sobat akan memotret. Semakin dingin suhu lingkungan dimana Sobat memotret, semakin cepat juga batrai pada kamera Sobat habis.
  3. Pastikan Sobat membersihkan depan dan belakang pada lensa untuk mengurangi bintik-bintik secara rutin. Bersihkan lensa sebelum memotret dan setelahnya. Dan jangan lupa untuk selalu membawa peralatan pembersih pada tas karena jika sudah berada di lapangan, apa pun bisa terjadi.
  4. Sobat harus memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup pada kamera dan kartu memori tambahannya.
  5. Pastikan bahwa kamera Sobat diatur ke pengaturan yang Sobat butuhkan untuk subjek yang akan Sobat potret. Hal ini bergantung pada pengalaman untuk mengetahui pengaturan terbaik untuk skenario yang diberikan.
  6. Jika kamera digital Sobat  dilengkapi dengan teknologi stabilisasi gambar atau pengurangan getaran, pergunakanlah dengan bijak. Jika Sobat akan memegang kamera untuk memotret, pastikan untuk mengaktifkan fitur stabilizer ini. Terkecuali jika Sobat menggunakan tripod,
  7. Pastikan kamera Sobat telah dilengkapi filter setiap sebelum memotret. Ini berarti Sobat harus tahu subjek yang akan Sobat potret.
  8. ini mungkin terdengar amatir tapi percayalah, sobat tidak akan lagi kehilangan moment penting. Jangan sering buka-tutup penutup lensa, lebih baik buka saja terus selama Sobat berada di lokasi pemotretan. Karena sering sekali kejadian, begitu moment penting datang, Sobat memotret dengan penutup lensa masih menutupi lensa kamera, dan hasilnya tentu saja gelap gulita hehehe…
  9. Pastikan kamera Sobat selalu aktif atau menyala. Jika kamera digital membutuhkan perlindungan, simpan saja didalam tas tapi pastikan kamera tersebut tetap menyala. Karena pada saat moment datang, kamera mati membutuhkan boot beberapa saat sehingga bisa saja Sobat kehilangan moment tersebut.
  10. Jangan terlalu sering melihat gambar pada LCD jika Sobat sedang memotret sebuat moment. Sering sekali seorang fotografer melihat LCD sesaat setelah dia memotret dan kembali lagi ke posisi pemotretan selanjutnya, mungkin ini dimaksudkan untuk melihat kekurangan/kelebihan pada hasil jepretan. Namun, perpindahan dari viewfinder ke LCD ini membutuhkan waktu, dan moment itu berada pada waktu yang sulit diprediksi. Jadi pastikan Sobat untuk mengatur tembakan langsung pada viewfinder dan melihat hasil pada LCD setelah proses pemotretan selesai

itulah 10 tips agar Sobat tidak kehilangan moment saat memotret. Semoga bermanfaat ya Sob🙂.

 

Satu pemikiran pada “10 Tips Agar Tidak Kehilangan Moment Saat Memotret

  1. Ping balik: 10 Tips Agar Tidak Kehilangan Moment Saat Memotret | sir.Herdiansyah

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s