Tips Mengamankan File Foto Wedding

Gambar

Mem-back up atau mengamankan sebuah file sangat penting dilakukan, terutama file-file foto wedding/prewedding Sobat. Ini untuk memastikan agar jika suatu hari klien Sobat memutuhkan file tersebut, sobat masih memiliki salinannya.

Terkadang  kita merasa was-was jika file-file yang disimpan didalam hardisk ternyata terhapus atau hardiks yang digunakan error sehingga harus di format ulang, apalagi file-file foto tersebut belum dikerjakan, wah terasa kiamat dunia ini..hehehe.

Lalu strategi apa yang harus dilakukan agar file-file foto wedding/prewedding kita aman? Setiap orang tentu saja mempunyai strategi masing-masing dalam mengamankan file fotonya, namun mungkin langkah ini dapat Sobat lakukan agar file back up Sobat lebih aman lagi.

Gunakan kartu (A) compact flash yang memiliki kapasitas kecil ketika memotret. Gunakanlah kartu compact flash berukuran 4GB dibandingkan menggunakan 8GB atau 16GB untuk menghindari jika kartu mengalami error sehingga hasil jepreten Sobat tidak dapat diselamatkan, Jika Sobat punya uang lebih beli kartu compact flash 4GB lebih dari satu, atau jika tidak Sobat bisa membawa (B) notebook atau (C) A Jobo Giga One digital Wallet yang biasanya berukuran  40GB tapi Sobat bisa mengupgrade-nya menjadi 160GB. Referensi cari di Google ya😀.

Setelah sampai kerumah, back-up file foto tersebut ke (D) CPU atau back up ke (E) DVD, karena RAW file memiliki kapasitas lebih besar daripada file lainnya biasanya bisa sampai 13-16GB satu kali back-up, maka jika Sobat menyalinnya kedalam DVD, Sobat harus menjaga DVD tersebut agar tetap aman dari goresan. Jika ingin lebih aman lagi, gunakan (F) hardisk eksternal berukuran 1TB yang digunakan khusus untuk menyimpan file foto dan tidak boleh digunakan selain itu untuk menjaga hardiks dari virus atau error.

Di era digital sekarang ini, kehilangan data foto lebih rentan dibandingkan ketika kita menggunakan film. Negative atau Positive Film bisa kuat hingga ratusan tahun jika disimpan pada tempat yg kering dan tidak lembab, dan Sobat masih bisa menikmatinya sekarang. Tapi file yang berbentuk digital diperlukan ketelitian dan back-up sebanyak-banyaknya agar tidak hilang dimakan zaman.

Semoga artikel kali ini dapat mambantu Sobat untuk memahami betapa pentingnya sebuah file foto digital untuk fotografer profesional, dan semoga ini dapat menginspirasi Sobat untuk melakukan hal yang sama agar file foto Sobat selalu aman.

Salam jepret🙂

*SoChen*

3 pemikiran pada “Tips Mengamankan File Foto Wedding

  1. info yang bermanfaat…
    sudah teramat jelas klo tidak ada yg abadi di dunia ini,
    terlebih produsen barang2 sekarang, sudah jarang kita jumpai yg bisa berumur panjang.. (strategi marketing juga sh)..

    tapi, setidaknya dengan tips diatas kita sudah berusaha menjaga file penting yg kita miliki..

    SAE Photo

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s