Memahami Fokus Pada Kamera

Fokus merupakan elemen mendasar dan penting untuk fotografi dan belajar memfokuskan  adalah langkah pertama yang harus Sobat pelajari jika Sobat seorang fotografer baru, seni mempelajari fokus secara serius adalah langkah awal sebelum Sobat mempelajari hal lainnya. Sobat harus sudah memahami bagaimana fokus bekerja, karena dalam fotografi fokus akan berhubungan dengan aperture, Focal length (panjang fokus),  dan DOF (Depth Of Field) sehingga fokus akan menjadi salah satu ciri khas untuk Sobat.

Begitupun dalam videografer, membuat video yang memiliki fokus yang tetap memang bukan perkara yang mudah, untuk itu Sobat-pun harus benar-benar mempelajari teknik fokus ini.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat jika Sobat akan menggunakan Foto/Video dengan DSLR:

  • Jika DOF lebih jauh Sobat akan lebih mudah untuk menahan fokus ketika memotret/merekam subyek yang bergerak. DOF yang lebih jauh bisa mendapatkan lebih banyak frame dalam keadaan fokus, ini memungkinkan subjek yang bergerak tidak keluar dari fokus. Ingatlah hal ini ketika Sobat akan memutuskan lensa apa yang Akan Sobat gunakan untuk memotret/merekam karena focal length yang lbih panjang akan lebih baik untuk DOF lebih jauh, dan jangan lupa bahwa Sobat juga dapat menyesuaikan DOF dengan cara mengubah aperture.
  • Jika Sobat sudah tahu atau sebelumnya meprediksi bahwa subjek akan bergerak, tahan sebentar dan tahan fokus kamera sebelum subjek mulai bergerak. Untuk subjek yang selalu bergerak Sobat harus memiliki insting yang kuat untuk memprediksi kemana subjek itu akan bergerak, sehingga Sobat tidak akan kehilangan fokus. Gunakan jari tengah dan ibu jari Sobat untuk memutar cincin fokus secara bolak-balik untuk menyesuaikan fokus Sobat dengan subjek yang terus bergerak.
  •  Gunakan viewfinder atau monitor. Layar LCD di bagian punggung DSLR memang agak licin jika Sobat sedang membidik dengan viewfinder, Jika Sobat masih punya tabungan, belilah aksesoris seperti Zacuto X-Finder , Cinevate Cyclops , atau Zacuto EVF monitor yang benar-dapat menambah kegunaan dari kamera ketika Sobat ingin secara manual terus fokus. Alat ini mampu memperbesar frame dan menghalangi matahari, sehingga membuat fokus lebih mudah.

Satu catatan terakhir bagi Sobat-sobat yang mengunakan lensa Canon, saat memutar cincin untuk medapatkan fokus pada subjek yang bergerak, memutarkan cincin fokus ke kiri berarti menjauh dan ke kanan berarti mendekat.

Agar Sobat lebih faham lagi mengenai Fokus pada Kamera, Video dibawah ini akan sedikit-banyak membantu Sobat memahaminya:

 

Selamat mencoba🙂

 

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s