Retouching Mudah Dengan Patch Tool

Bekas luka atau jerawat akan sering terlihat dalam foto terutama foto potret, mungkin sebagian orang cuek-cuek saja, tapi banyak juga lho yang gak terima fotonya ada bekas luka atau jerawat yang akhirnya minta dihilangkan agar terlihat mulus.

Retouching adalah hasil akhir perbaikan dari sebuah foto sebelum melalui proses pencetakan, menjadikan foto-foto terlihat lebih menarik daripada sebelumnya, namun dalam proses retouch biasanya tidak banyak merubah gambar asli, hanya menyempurnakannya.

Seperti yang saya ceritakan di atas, bagaimana jika Klien Sobat ingin agar bekas luka atau jerawatnya hilang?, kini saatnya sobat menjadi seorang retouching yang bertugas menghilangkan noda-noda diwajah agar wajah terlihat mulus seperti foto-foto para artis hehe.

Kita siapkan dulu alat tempurnya, siapa lagi kalau bukan perangkat lunak pavorite untuk mengolah foto digital yaitu Photoshop, saya menggunakan Photoshop CS5 walaupun sekarang sudah ada Photoshop CS6 namun takutnya Sobat-sobat tidak dapat mengikuti dengan alasan alat tempurnya masih yang dulu. Namun nyantai aja Sob, tool yang akan kita praktekan ini juga sudah ada di Photoshop awal.

Model yang saya ambil adalah seorang pria yang memiliki jerawat dan beberapa noda yang harus saya bersihkan. Alat/tool yang sering digunakan untuk mencongkel jerawat adalah “Patch Tool”, silahkan klik ‘j’ di keyboard untuk mengaktifkan tool ini.

Seleksi terlebih dahulu jerawat yang akan dihilangkan…

Setelah itu tarik ke area yang warnanya sama atau mendekati dengan area yang Sobat seleksi. Dan hasilnya adalah :

Patch Tool bekerja dengan memadukan tekstur yang Sobat pilih dari tempat lain pada foto. Tool ini nyaris sempurna  tidak hanya untuk daerah kecil seperti jerawat dan bekas luka, tapi untuk fitur yang lebih besar dan lebih umum seperti keriput, di mana warna dan tekstur yang memiliki kontras tinggi.

Mari kita lihat before & afternya…

Selain Patch Tool, Sobat bisa menggunakan Healing Brush. Healing Brush kalau tidak salah pertama kali diperkenalkan pada Photoshop CS1 dan cara kerjanya lebih mudah dari Patch Tool karena Sobat tidak perlu menyeleksi terlebih dahulu noda yang akan dihilangkan , cukup satu kali klik dan Healing Brush otomatis akan menghilangkan noda seperti jerawat.

Agar Sobat lebih faham lagi, lebih baik saksikan video tutorial mengenai retouching dibawah ini:

Selamat mencoba🙂

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s