10 Fungsi Tripod Untuk Fotografer

10 Fungsi Tripod Untuk FotograferSebelum Sobat membeli tripod, ada baiknya Sobat tahu terlebih dahulu fungsi dari tripod ini, jangan sampai setelah Sobat membeli tripod tidak tahu untuk apa fungsi tripod ini, lebih parah lagi Sobat tidak tahu cara menggunakannya😀.

Masalah menggunakan, saya yakin 100% Sobat tidak mungkin tidak bisa menggunakannya, jika Sobat sudah mencoba minimal 2-3 kali Sobat lambat laun akan mengerti bagaimana memasang tripod secara cepat, bagaimana menyimpan kamera diatas Tripod, juga bagaimana mengukur ketinggian tripod agar sesuai dengan mata Sobat ketika membidik pada viewfinder.

Dibawah ini ada 10 fungsi tripod untuk fotografer yang wajib Sobat ketahui sebelum membeli tripod:

  1. Tripod berfungsi untuk meningkatkan ketajaman pada hasil jepretan Sobat, dengan tripod Sobat bisa mensetting ISO rendah.
  2. Sobat pernah melihat lukisan cahaya (light painting)?, ini juga menggunakan tripod, karena dengan speed rendah, guncangan sekecil apapun akan tertangkap kamera. Untuk itulah tripod digunakan.
  3. Sobat suka foto landscape? Buat landscaper, tripod sangat diperlukan untuk kompoisis angel atau aturan rule of third, juga berfungsi untuk menahan guncangan atau memotret tempat-tempat yang tidak dapat dijangkau oleh sang fotografer.
  4. Tripod juga membebaskan Sobat dari beban kamera apalagi jika kamera Sobat menggunakan lensa tele yang lumayan berat, tanpa tripod Sobat bisa kehabisan tenaga hanya untuk beberapa ‘jepret’ saja😀 .
  5. Tripod penting untuk foto panorama atau foto HDR, menetapkan kamera pada sumbunya.
  6. Untuk foto grup dimana Sobat sebagai fotografer  tidak ingin ketinggalan dalam foto grup tersebut, gunakan tripod dan atur timer pada kamera agar Sobat bisa leluasa mengatur diri atau anggota grup lainnya. Teknik ini juga bisa digunakan untuk memotret diri sendiri jika tidak ada fotografer lain.
  7. Gunakan tripod untuk memotret bulan, bintang atau jejak bintang (star trail).
  8. Untuk foto makro-pun Sobat wajib memiliki tripod, agar bisa meminimalisir guncangan.
  9. Tripod bisa jadi asisten setia Sobat dimanapun Sobat berada, tripod bisa jadi dudukan flash atau reflektor dan tripod bisa jadi stand untuk frame pada acara perkawinan.
  10. Tripod digunakan untuk mengatur komposisi agar hasil jepretan Sobat bisa lebih baik.

Jika 10 fungsi tripod untuk fotografer diatas masih kurang, silahkan Sobat tambah saja di komentar🙂

6 pemikiran pada “10 Fungsi Tripod Untuk Fotografer

  1. Ping balik: TUTORIAL: Light Painting Photography | Weddingku Magazine

    • hampir semua kamera bisa pakai tripod sob…coba saja lihat dibawah kamera 1100D Sobat, ada lubang kecil berulir..itu adalah lubng untuk memasukan mur/baud tripod. lensa apa-pun bisa pakai tripod, karena tidak ada pengaruhnya.

  2. Ping balik: Tips Memotret Para Petualang | Weddingku Magazine

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s