Pencahayaan Pada Studio Fotografi [VIDEO]

Dalam fotografi terutama studio fotografi,  pencahayaan itu sangat penting. Karena tanpa pencahayaan yang tepat sangat mustahil untuk mendapatkan foto yang sempurna. Jadi teringat kembali KOPDAR KP-BS dengan tema “Belajar Lighting”

Ada beberapa faktor lighting (pencahayaan) yang wajib diketahui seorang fotografer studio, agar menghasilkan foto yang sempurna, seperti yang dilansir http://www.picturecorrect.com beberpa waktu lalu.

  • Mengetahui ” 3 Hal Penting” yaituAperture, shutter, dan iso yang merupakan dasar untuk fotografi.
  • Memiliki pemahaman yang menyeluruh mengenai rasio pencahayaan. Sebagai contoh, jika Sobat menginginkan background dua kali lebih terang daripada subjek, rasio pencahayaannya adalah 2:1 atau, dua kali cahaya. Karena 1 stop f sama dengan dua kali cahaya, atur pencahayaan satu f stop di atas f stop kamera Sobat.
  • Jika merasa ragu, gunakan reflektor. Memiliki aksesoris terlalu banyak terkadang bisa jadi banyak permasalahan yang timbul, terutama untuk pemotretan outdoor. Jika sudah banyak terjadi perdebatan untuk aksesoris yang harus digunakan sebaiknya gunakanlah reflektor. Ini akan memberikan hasil instan dan memungkinkan Sobat untuk sepenuhnya memanfaatkan cahaya yang tersedia.
  • Ketika membeli peralatan, belilah peralatan yang awet.
  • Trial & Error pada setiap posisi cahaya yang berbeda. Catat setiap posisi pencahayaan yang berbeda saat pemotretan, karena perbedaan posisi menentukan hasil pada foto.
  • Tahu bagaimana Payung, Reflektor, dan aksesoris lainnya bekerja. Ini sangat penting untuk memudahkan pekerjaan pemotretan. Dengan mengetahui fungsi-fungsi peralatan pada fotografi dapat menghemat waktu pada saat pemotretan.
Diagram dari Cahaya 1 Kontinyu Set-up dengan reflektor

Diagram dari Cahaya 1 Kontinyu Set-up dengan reflektor

Agar Sobat lebih faham mengenai  pencahayaan pada studio fotografi, ada baiknya Sobat tonton video full mengenai Introduction to Studio Lighting oleh Joey Quintero di bawah ini. Durasinya sekitar dua jam, jadi lebih baik di download terlebih dahulu agar bisa menontonya secara santai.

Selamat menonton dan salam jepret🙂

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s