10 Tips Yang Berguna Mendorong Anak Untuk Memotret

Memotret?, anak-anak suka sekali memotret. Gelar fotografer bukan hanya untuk orang dewasa lho, anak-anak juga punya hak untuk menjadikan fotografi sebagai hobi mereka. Untuk itu, Jika Sobat adalah orang tua yang bijak dan tentu saja memiliki harapan anak-anaknya kelak menjadi fotografer profesional, tidak ada salahnya Sobat simak 10 tips yang berguna mendorong anak untuk memotret dan meningkatkan teknik mereka:

"Jibril Fotografer Mungil" by Seno Teguh

“Jibril Fotografer Mungil” by Seno Teguh

1. Membelikan Anak kamera: mungkin ini terdengar ngeyel, tapi sebetulnya ini adalah langkah pertama. Anak-anak membutuhkan kamera sendiri, sehingga mereka bisa membawanya kemana saja, memotret kapan saja dan mereka akan lebih berhati-hati untuk menjaga barang miliknya. Saat ini harga kamera tidak terlalu mahal, carilah yang murah seperti kamera 3 atau 5 megapixel. Untuk anak-anak ini sudah cukup.

2. Menghargai hasil jepretan mereka: Ini sangat penting untuk meningkatkan percaya diri mereka. Upload-lah foto hasil jepretannya di account flickr atau picturesocial, dan jangan lupa cantumkan nama Anak sebagai referensi sehingga para penikmat foto dapat memaklumi, bahwa ini adalah hasil karya anak-anak.

3. Dorong mereka untuk membawa kamera dan menggunakannya: Ok, misalnya si anak sudah punya kamera, namun terkadang mereka lupa membawanya bahkan jarang menggunakannya, disini keterlibatan Orang tua sangat penting untuk mendorong mereka agar selalu membawa kamera pada saat bermain misalnya, dan ajaklah mereka untuk menggunakan kamera,

4. Ajari komposisi sambil bermain: Mengajarkan anak-anak bukan perkara mudah, mereka sulit diarahkan dan mereka juga agak sulit untuk fokus dengan yang kita ajarkan, namun jangan lupa mereka bukanlah pelupa untuk itulah bawa mereka ke tempat bermain, ajarkan mereka kompoisi sambil bermain misalnya berlutut, tengkurap, meloncat sambil memotret. Pada waktunya mereka akan mengerti apa itu komposisi dan sudut pandang.

5. Memotret objek diam: Memotret objek bergerak memang sulit, sebagai langkah pertama untuk mendapatkan komposisi yang baik, mulai lah terlebih dahulu dengan objek yang tidak bergerak seperti pemandangan. Ini akan lebih mudah untuk anak-anak mempelajari komposisi dalam fotografi.

6. Bermain dengan warna: Anak-anak menyukai warna, jadi gunakan warna ini untuk mengajarkan mereka mengenai eksposur. Cobalah untuk membayangkan hal-hal yang penuh warna untuk membuat mereka lebih mudah untuk memahami kontras dan pencahayaan. Akan lebih mudah untuk menemukan perbedaan dalam skala warna dripada hitam dan putih.

7. Bermain dengan baris: Anak-anakjuga  menyukai gambar-gambar bergaris, cobalah gunakan garis alami untuk belajar komposisi. Sarankan agar mereka mengambil gambar dari hal-hal dan tempat-tempat dengan banyak baris, sehingga lebih mudah bagi mereka untuk memvisualisasikan komposisi.

8. Ajak mereka ke kota: Kota-kota saat malam hari memiliki warna dan lampu, hiruk-pikuk kota-pun bisa dijadikan objek yang hebat, memotret dari rutinitas merupakan cara yang sangat baik untuk melatih mata seorang fotografi.

9. Cetak foto terbaik mereka: Sebagai fotografer kita juga senang mencetak foto hasil karya kita  bukan?. Anak-anak juga sama. Jadi, pastikan Sobat mencetak foto terbaik mereka dan menempatkannya dalam bingkai bagus di suatu tempat di rumah atau di kamarnya.

10. Mendorong mereka untuk tetap konsisten: Disini Sobat kembali dituntut untuk mendorong anak-anaknya agar tetap konsisten dengan pekerjaannya sebagai fotografer cilik. Jika hal ini terus diasah, bukan tidak mungkin anak-anak Sobat akan menjadi fotografer hebat.

10 Tips diatas mudah-mudahan dapat bermanfaat. Jika dirasa masih kurang, Sobat dapat menambahkan tips yang berguna mendorong anak untuk memotret dan meningkatkan teknik mereka  melalui komentar.

Selamat memotret ria😀

Kredit Foto : KP-BS

Satu pemikiran pada “10 Tips Yang Berguna Mendorong Anak Untuk Memotret

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s