5 Kebiasaan Fotografer Sukses

Banyak orang yang benar-benar memiliki niat untuk menjadi fotografer profesional, namun sebagian yang lain hanya menganggap fotografi hanyalah hobi. Itu semua sah-sah saja, mau jadi menjadikan fotografi sebagai profesi atau hanya iseng, namun saya yakin pada akhirnya profesi & hobi tersebut akan mengarah kepada bisnis, bener kan?

Fotografer Profesional mungkin lebih fokus kepada pekerjaannya sebagai fotografer untuk mendapatkan klien atau pembeli hasil karyanya sebanyak mungkin, dan fotografer hobi walau mereka tidak pernah berfikir ke sana, tapi terkadang suka mengikuti lomba atau event fotografi yang sering diadakan. Walau alasannya “iseng-iseng berhadiah” hehe!

Namun, fotografer yang mana-pun mereka tetap harus mengembangkan kebiasaannya kepada arah yang lebih baik. Berikut 5 kebiasaan Fotografer Sukses yang bersumber dari http://www.picturecorrect.com :

 1. Mengetahui Peralatan Luar Dan Dalam

Dapatkah Sobat mengoperasikan kamera dengan cara matanya ditutup? Seorang fotografer harus sudah memahami kinerja kamera yang dipegangnya. Itu artinya meskipun mata Sobat di tutup, Sobat harus sudah mengetahui dimana letak tombol-tombol pada kamera, dimana letak menu untuk men-set kamera dan lain sebagainya. Sobat juga perlu tahu bagamana mengubah mode pengambilan gambar, men set eksposur dan sudah mengetahui kapan dan bagaimana untuk mendapatkan gambar yang baik.

Para Fotografer sukses juga akan mengambil waktu untuk membaca manual kamera mereka, karena itu sangat penting.

2. Pandai Beradaptasi

Pengalaman sangat penting untuk seorang fotografer dan dapat menjadikan mereka mudah beradaptasi, pengalaman dapat membuat mereka lebih berhati-hati untuk bagaimana menyimpan &  merawat peralatannya.

Apalagi jika pengalaman yang pernah dialami adalah pengalaman buruk, seperti kehilangan kamera, rusak karena benturan, ada yang mencuri, kamera terkena air hujan karena cuaca yang diluar dugaan dan berbagai pengalaman pahit lainnya, ini bisa menjadikan seorang fotografer mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.

3. Menghargai Waktu

Waktu seorang fotografer dan waktu orang lain yang terlibat dalam proyek fotografi adalah berharga. Seorang fotografer sukses tidak hanya menghargai waktunya sendiri, tetapi mereka sangat menghargai waktu untuk orang lain. Dan ini dilakukan bukan karena mereka dibayar mahal, untuk melakukan secara GRATIS-pun mereka selalu tepat waktu, karena bagi fotografer sukses waktu adalah salah satu hal penting agar mereka dihargai sebagai seorang fotografer profesional.

4. Selalu Semangat Di Saat Jenuh

Dalam setiap seni kreatif, apakah itu menulis, musik atau fotografi, selalu ada titik jenuh dimana kita merasa bosan. Seorang profesional memiliki kemampuan untuk bekerja walaupun mereka sedang jenuh dan mereka tetap serius menjalankan pekerjaannya itu.

Seorang Profesional mungkin saja sedang tidak ‘mood’, namun itu tidak akan mereka biarkan untuk merubah fokus mereka dalam hal apapun.

 5. Selalu Semangat Berkolaborasi

Seorang fotografer memang membutuhkan orang lain untuk membantu mereka bekerja dalam satu proyek, dan semua fotografer sukses secara teratur bekerja dengan fotografer lain, asisten dan mereka yang sedang magang.

Fotografi adalah bentuk seni yang akan terus berkembang dan hanya mereka yang tinggal saat ini dengan bisnis seni yang pada akhirnya berada pada bagian paling atas.

Bekerja dengan orang lain pada proyek-proyek memberi Sobat kesempatan untuk belajar sesuatu yang baru dan membuat kontak baru. Dalam iklim bisnis saat ini yang sudah lebih modern, tidak ada batasan tempat. Sobat kini dapat meminta bantuan orang lain yang bahkan berada di tempat lain melalui internet, itulah kehebatan komunikasi saat ini😀

Salam jepret!😀

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s