Tips Fotografi Candid

Apa itu fotografi candid? Memotret seseorang dimana dia tidak sadar sedang dipotret itulah yang disebut fotografi candid. Salah satu keindahan dari fotografi ini adalah Sobat dapat memotret seseorang ketika mereka sedang bertindak atau melakukan aktifitas dan ini akan menambah Foto Sobat terlihat lebih hidup.

Perjuangan by Taufique Rahman

Perjuangan by Taufique Rahman

Jika Sobat melihat majalah seperti Time, Sobat akan melihat banyak contoh fotografi candid, atau misalnya di perpustakaan, Sobat bisa cari majalah national geographic, disana banyak sekali foto candid sebagai sumber inspirasi untuk Sobat.

Meskipun menjadi fotografi candid itu tampak mudah, Sobat bisa lihat tips-tips dibawah ini untuk menambah wawasan Sobat.

Tips # 1 – Hal pertama yang harus Sobat lakukan adalah memastikan bahwa Sobat memiliki subjek dalam jangkauan pandang Sobat saat mereka tidak sadar sedang diperhatikan.

Tips # 2 – Latih mata Sobat untuk menangkap momen. Sobat harus mengetahui situasi secera cepat. Persiapan untuk fotografi candid sangat penting. Sobat harus memastikan kamera Sobat dalam keadaan ‘on’ bahkan sebelum Sobat menemukan topik untuk dipotret.

Tip # 3 – Untuk kamera digital, sesuaikan terlebih dahulu dengan kondisi. Fotografi sangat tergantung terhadap cahaya, Sobat mungkin saja tidak sempat memiliki sudut pandang yang pas saat akan memotret, untuk itu potretlah objek Sobat dimanapun Sobat berada. Fotografi candid adalah dimana Sobat harus bisa menangkap momen yang tidak direncanakan dari emosi seseorang, baik itu keceriaan ataupun air mata.

Tips # 4 – Pencahayaan yang baik, memotret di tempat bukan berarti Sobat tidak harus memperhatikan sudut pencahayaan, disini Sobat harus banyak melakukan pengamatan.

Memotret teman atau keluarga bisa jadi sulit karena bisa jadi mereka menyadari apa yang Sobat lakukan. Agar Sobat berhasil mengambil candid teman atau keluarga Sobat, ajaklah mereka berbincang-bincang sehingga mereka seolah-olah lupa jika Sobat adalah seorang fotografer Candid!

Kenapa memotret candid teman atau keluaga sangat sulit?? Karena diantara mereka selalu aja ada yang pemalu, sehingga jika dipotret mereka akan menyembunyikan mukanya. Mungkin Sobat pernah mengalaminya?😀.

Memiliki keterampilan untuk mengambil kesempatan dan kamera Sobat tetap ‘on’ kapan saja, sangat penting jika Sobat akan berkiprah di fotografi candid.

Fenny Budyanti Putery by Seno Teguh

Fenny Budyanti Putery by Seno Teguh

Memotret candid memang menyenangkan dan menjadi salah satu style fotografi yang sangat dihargari namun terkadang memotret candid bisa menjengkelkan jika subjek telah menyadari kamera Sobat.

Semoga tips Fotografi Candid diatas bermanfaat untuk Sobat-sobat, Selamat memotret ria😀

Video ulasan dua menit mengenai Fotografi Candid:

fotografer Max Luger berbicara mengenai Fotografi Candid.

Kredit Gambar : KP-BS (Komunitas Photographer Bandung Selatan)

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s