Ide Kreatif: Bagaimana Menjadikan Lembaran Seprei/Kain Putih Menjadi Soft-Box Sederhana

Banyak sekali hal yang dapat Sobat lakukan dalam fotografi, sebagaimana istilah “seni tanpa batas”, karena fotografi memang memerlukan seni, maka jangan batasi diri Sobat dan banyak-banyaklah melakukan eksperimen.

Seperti yang dilakukan oleh Michael Albela (michaelabela.weebly.com), yang baru-baru ini memposting hasil kreasinya, bagaimana menjadikan lembaran seprei/kain putih menjadi soft-box sederhana. Sobat bisa lihat videonya dibawah ini:

Ide hebat Albela datang ketika istrinya akan membuang seprei-nya yang sudah usang. Daripada membuangnya Albela malah menjadikan sprei tersebut bahan eksperiman untuk fotografi-nya.

Jika Sobat lihat video diatas, Albela menggunakan kain putih sebagai alat untuk menyebarkan cahaya lampu yang ada dibelakangnya sehinga tampak seperti softbox, dan ternyata ide kain putih ini dapat Sobat terapkan di luar ruangan (outdoor).

Di bawah ini adalah daftar beberapa hal yang dapat Sobat lakukan dengan Seprei kain putihsaat pemotretan sesi foto outdoor:

  • Seprei putih ini dapat dijadikan reflektor yang efektif untuk meringankan cahaya pada daerah gelap. Menjadikan cahaya menyebar pada obyek dan cahaya yang dipantulkan-nya pun lunak.
  • Seprei putih ini dapat juga digunakan pada saat pemotretan di tengah hari dimana obyek/model berdiri di bawah atau dibelakang kain. Kain putih ini berfungsi seperti soft-box dimana cahaya yang menyebar akan menghasilkan warna kulit yang lebih baik. Dan Juga, jika ditempat Sobat memotret tidak ada tempat teduh, kain ini dapat digunakan sebagai “tenda teduh” sementara😀.
  • Seprei putih juga dapat dijadikan tempat ganti pakaian model, tapi kalau yang ini usahakan kain seprei tersebut tebal biar gak tembus pandang.. hehe!
  • Jika Sobat termasuk orang kreatif, seprei putih ini dapat Sobat jadikan apa saja, mungkin bisa dijadikan sesuatu yang bermanfaat untuk tambahan aksesoris Sobat.
  • Dan yang paling penting, Seprei putih ini dapat Sobat gunakan sebagai latar belakang, dimana nantinya bisa Sobat edit pada saat editing.

Sesuatu yang tidak berharga dimata orang lain, mungkin sangat berharga dimata Sobat. Disini imajinasi Sobat dituntut untuk bertindak lebih, sehingga pada akhirnya Sobat akan tersadar ternyata di sekitar Sobat banyak sekali hal yang dapat Sobat ambil untuk membantu karya fotografi Sobat.

Selamat memotret ria🙂.

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s