KOPDAR KP-BS IV – Belajar Lighting

KOPDAR KP-BS IV di selenggarakan kembali di Lebak Tjawene – Cikalong Bandung Selatan dengan tema “Belajar Lighting”. Seru sekali lho Sob, banyak sekali ilmu yang kita dapatkan seputar lighting.

Lebak Tjawene kembali menjadi tempat KOPDAR KP-BS karena selain sudah mendapat restu dari yang empunya , juga Lebak Tjawene mempunyai potensi alam yang belum banyak di eksplore.

Karena tema yang akan kita ambil adalah “Belajar Lighting” so pasti membutuhkan peralatan studio seperti lampu flash, lampu spot, reflektor, dll. Karena KOPDAR kali ini memang sudah dipersiapkan (pembicaraan dari KOPDAR sebelumnya) untuk peralatan sudah di siapakan oleh Kang Eful (syaeful Tahajud) bahkan busana-pun sudah beliau persiapkan (Terima kasih kepada NUN Collection Manggahang untuk busana Muslim-nya).

Karena KOPADAR kali ini bertepatan dengan bulan ramadhan, maka busana yang akan dipakai adalah busana muslim dan model yang sudah dipersiapkan di KOPDAR kali ini bernama Fenny.

Acara pemotretan baru mulai sekitar pukul 14.00 WIB, cocok untuk ngabuburit! :D. dan anggota KP-BS sudah siap dengan senjatanya masing-masing. Diantara yang hadir ada Kang Seno Teguh (Jibril Hakim), Kang Eful (Syaeful Tahajud), Kang Mutaqun (Muhammad Mutaqun), Pak Opik (Taufiqe Rahman), Kang Hendi (hendi Santika), Pak Dadang, Kang Omen (Omen Imei), dll (Sorry yang tidak tersebut namanya).

Belajar lighting ternyata susah-susah mudah, harus banyak trial error untuk mendapatkan pencahayaan yang pas, untuk itulah kita membagi dua sesi untuk belajar lighting, yaitu sesi indoor dan sesi outdoor.

Sesi indoor dilaksanakan di salah satu pavilion Lebak Tjawene, dengan menggunakan dua lampu flash dengan payung , karena atap terbuat dari bambu sehingga tidak mungkin menggunakan teknik ‘bounce’ untuk itu dubutuhkan reflektor tambahan agar cahaya dapat menyebar dengan sempurna.

Kang Seno Teguh yang memang sudah aral melintang di dunia studio fotografi menjelaskan beberapat teknik lighting , sehingga menambah wawasan anggota lain yang belum tahun atau faham dengan teknik lighting.

Ada beberapa jenis teknik lighting yang kita coba diantaranya teknik buterfly, rembrand dan teknik split, kita juga sempat mencoba menggunakan light meter, banyak sekali ilmu yang kita dapatkan dari KOPDAR ini.

Sesi outdoor dilaksanakan di areal sebelah belakang Lebak Tjawene, dimana matahari sore yang indah langsung menyorot ke arah kami, ini sangat cocok untuk lighting outdoor dan mempelajari rim light.

Tak terasa hari semakin sore, Adzan Maghrib sebentar lagi – kami harus bergegas untuk pulang karena sebentar lagi buka puasa, KOPDAR kali ini kami nyatakan sukses! Tunggu kami (KP-BS) di KOPDAR selanjutnya yang tentunya semakin seru dan bergai ilmu fotografi.

Hasil jepretan kawan-kawan KP-BS bisa Sobat lihat dibawah ini dan akan terus diupdate :

Outdoor Session:

Beautiful Afternoon - By Seno Teguh
Beautiful Afternoon – By Seno Teguh | Thanks to Fenny Budianti & NUN fashion
beautiful afternoon- By Seno Teguh
Beautiful Afternoon – By Seno Teguh | Thanks to Fenny Budianti & NUN fashion
None-Hendi Santika
None-Hendi Santika | Thanks to Fenny Budianti & NUN Fashion
"outdoor" by Taufiqe Rahman
“outdoor” by Taufiqe Rahman | Thanks To : Fenny & NUN Fashion

Indoor Session:

beatiful with hijab - By Mutaqun
Beatiful With Hijab – By Mutaqun | Tanks To: Fenny & Nun Fashion
"lighting test" by Taufiqe Rahman
“lighting test” by Taufiqe Rahman | Tanks to : Fenny & NUN
"Fenny Budianti & NUN" by Seno Teguh
“Fenny Budianti & NUN” by Seno Teguh

Dan yang ini NARSIS 😀 :

Kecapi Tak Berdawai by Omen Imei
Kecapi Tak Berdawai by Omen Imei
The Next Captain America by Syafeul Tahajud
The Next Captain America by Syafeul Tahajud
Lets Shoot! by Seno Teguh
Lets Shoot! by Seno Teguh
Baladia Baladtamtama by Seno Teguh
Baladia Baladtamtama by Seno Teguh

Gabung yuk di KP-BS (Komunitas Photographer Bandung Selatan)!

Iklan

One thought on “KOPDAR KP-BS IV – Belajar Lighting

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s