Tips Menggunakan Light-Meter

Sobat-sobat tentunya setuju, pencahayaan adalah salah satu elemen penting dalam fotografi?, kalau nggak setuju ya nggak apa-apa, mungkin Sobat punya pendapat lain. Namun tetap saja fotografi tanpa pencahayaan yang tepat bagai ‘sayur tanpa garam’ hambar keliatannya😀

Agar pencahayaan dalam fotografi lebih maksimal, Sobat bisa menggunakan light-meter untuk mengukur pengaturan exposure, karena pada light-meter lah alat yang dapat memantau pencahayaan secara keseluruhan. Kalau Sobat masih bingung, mari kita sama-sama lihat video Bagaiman Menggunakan Light-Meter pada fotografi di bawah ini:

Light-meter yang diggunakan pada video diatas adalah L-758C Dualmaster SEKONIC , Light-Meter ini termasuk kelas high end. Jika budget Sobat masih kurang untuk beli Dualmaster, merk yang biasa atau murah pun dapat Sobat gunakan untuk meningkatkan pencahayaan pada foto Sobat. Berikut adalah beberapa TIPS berguna yang dapat Sobat praktekan:

  • Jika menggunakan lampu studio ganda,. Gunakan light-meter untuk mengetahui rasio jarak kedua lampu tersebut. Dengan begini, Sobat dapat mengatur setiap cahaya.
  • Saat pemotretan outdoor, selalu mulai dengan mengukur (metering) cahaya matahari dan mengukur setiap sumber cahaya lainnya setelah itu. Ingat di luar ruangan pada saat siang hari, matahari adalah sumber pencahayaan yang tidak dapat sobat atur atau dipindahkan😀.
  • Jika Sobat akan melakukan pemotretan untuk model close-up misalnya.  Ambil beberapa bacaan di seluruh muka model. Ini akan memberi Sobat kendali penuh untuk mengetahui mana arah cahaya yang pas.

Jika artikel mengenai Tips Menggunakan Light-meter kali ini kurang lengkap, Sobat bisa cari referensi di blog fotografi lainnya😀.

2 pemikiran pada “Tips Menggunakan Light-Meter

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s