Tips dan Teknik Komposit Fotografi

Siapa yang tidak senang melihat komposit fotografi atau yang lebih dikenal dengan HDR yang keliatannya krispy, rinci dan memiliki rentang warna yang luas?. Kini sebagian fotografer sudah mulai banyak pindah ke style khusus komposit ini, Sobat mau coba jadi fotografer HDR? Mari kita saksikan video dibawah ini sebelum Sobat mencobanya sendiri.

Jika Sobat tidak sempat melihat video diatas, di bawah ini garis besar mengenai petunjuk yang perlu diingat saat memotret dengan teknik HDR:

  • Bracket foto sebanyak 5 kali, bedakan 1 stop di antara setiap frame. dua Stop over , dua stop under, dan satu stop median.
  • Saat memotret subjek dan background secara independen, memotret background lurus atau memiliki sudut 45 derajat. Gunakan mata Sobat untuk memutuskan mana yang akan bekerja dengan baik. Ingat, Sobat mencoba untuk membuat garis yang menarik mata untuk subjek.
  • Juga, jangan memulai proses color mapping (pemetaan warna) sampai background dan subjek telah menyatu dalam Photoshop .
  • Selalu menembak pada f8 atau F9,  2-3 stop dari wide open akan menjadi pengaturan lensa terbaik.
  • Jangan pernah menggunakan fitur auto white balance. Gunakan daylight balancing, bahkan pada saat pengambilan gambar di dalam ruangan. Permasalahan dengan auto adalah dapat membingungkan nuansa putih yang ditemukan di sekitar dengan apa yang Sobat coba untuk benar-benar seimbang.
  • Memanfaatkan semua software pengolah gambar HDR yang tersedia misalnya Nik Softwares HDR Efex atau Topaz Adjust HDR.

 

Seperti kata pepatah dalam video diatas, “mulailah dengan apa yang Anda miliki”. Tidak perlu terburu-buru untuk membeli peralatan mahal jika budgetnya belum ada. Berusahlaah dengan sungguh-sungguh dan jangan lupa berdo’a mudah-mudahan besok lusa Sobat dapat orderan untuk memotret kampanye iklan, cover majalah, atau bahkan buku. Setiap orang harus mulai di suatu tempat dan menemukan ceruk mereka.

Sumber & Kredit gambar : www.picturecorrect.com

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s