3 Tips Travel Photography

Dalam travel photography (fotografi perjalanan), kita dituntut untuk bisa cepat menangkap moment yang tepat agar menghasilkan gambar yang baik dan sempurna, walaupun dalam kenyataannya hal ini sangat sulit, karena di luar sana kondisi dapat berubah seketika dan tidak dapat kita prediksi. Disinilah Sobat dituntut untuk tetap konsisten memotret walau bagaimana-pun keadannya.

Semoga tips dibawah ini dapat membantu Sobat menghasilkan gambar yang baik dalam travel photography dan menjadikan Sobat menjadi salah satu fotografer travel terkenal di dunia🙂

klik gambar untuk menuju ke sumber gambar

 1. Persiapkan Segala Sesuatu Sebelum Memulai

Lakukan beberapa penelitian tentang tujuan Sobat sebelum Sobat pergi. Cari referensi melalui internet atau majalah travel, sehingga Sobat sudah tahu spot-spot yang bagus untuk memulai memotret.

Bisa saja secara mendadak Sobat datangi tempat tujuan Sobat dan mulai memotret objek-objek yang bagus atau penting. Namun disini Sobat harus sudah memiliki pengalaman yang cukup dalam travel photography.

2. Memotret di tengah hari

“Golden Time” atau waktu emas dalam memotret alam adalah satu jam setelah sunrise dan satu jam sebelum sunset, karena waktu-waktu ini memberikan cahaya keemasan lembut yang paling bagus.

Namun bagaimana jika Sobat hanya memiliki waktu satu hari dimana Sobat tidak akan bertemu dengan sunrise dan sunset?. Jangan khawatir, Sobat dapat melakukan pemotretan pada tengah hari, dimana matahari berada tepat di atas kepala Sobat, walaupun ini agak menentang aturan namun Sobat akan mendapatkan gambar yang lain daripada yang lain.

klik gambar untuk menuju ke sumber gambar

 3. Tahu peralatan

Sobat harus sudah tahu menggunakan kamera yang Sobat pegang dengan mahir, Sobat harus sudah tahu setting dan setup kamera Sobat sehingga jika ada moment yang indah Sobat tidak akan kehilangannya hanya karena gara-gara Sobat terlalu lama men-set kamera.

Banyak sekali pertimbangan yang harus Sobat kuasai, diantaranya apa subjek yang akan Sobat jepret?, Bagaimana posisi subjek dalam frame?, aperture mana yang paling baik?, apakah harus zoom in atau zoom out?, dan walapun Sobat sudah menguasai semua hal itu, Sobat perlu menyesuaikan pengaturan kamera untuk mencapai hasil yang diinginkan. Dan ini semua dalam hitungan detik.

klik gambar untuk menuju ke sumber gambar

klik gambar untuk menuju ke sumber gambar

Menjadi fotografer travel memang tidaklah mudah, namun jika kita mau belajar dengan sungguh-sungguh dan berani mengekspore hasil belajar tersebut, bisa jadi Sobat adalah kandidat baru fotografer travel dunia di masa depan.

Selamat mencoba, dan salam jepret!

2 pemikiran pada “3 Tips Travel Photography

  1. Ping balik: REVIEW: Sony Alpha A37 dengan Teknologi Translucent Mirror | Weddingku Magazine

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s