Aturan Ruang Dalam Fotografi

Jika semua mahluk yang ada di dunia ini membutuhkan ruang, demikian juga dengan  subjek yang dalam foto. Inilah aturan dalam fotografi yang lebih dikenal sebagai Aturan Ruang. Aturan ini menyatakan bahwa “jika subjek tidak melihat langsung ke kamera, atau terlihat keluar dari frame, harus ada cukup ruang untuk subjek agar terlihat ke dalam.” Teknik ini akan menciptakan intrik di benak orang yang melihat foto Sobat. Selain itu, studi menunjukkan bahwa orang yang melihat gambar semacam ini secara alami akan melihat area dimana subjek berada.

Kredit Foto : Kevin Travis

Selain itu juga, jika Sobat  memotret objek bergerak seperti mobil, sepeda, binatang dan sejenisnya, jangan lupa teori ini masih harus diterapkan. Gambar harus menyajikan objek bergerak dengan ruang yang lebih aktif dan sedikit ruang mati. Ruang aktif adalah daerah di mana arah objek menghadap. Di sisi lain, ruang mati adalah area di belakang subjek. Dengan strategi ini akan membangun dampak penunjukan ekspresi bahwa objek sebenarnya bergerak dan memiliki tujuan. Ini juga memungkinkan orang yang melihat foto Sobat  untuk secara naluriah melihat arah gerak objek, dengan demikian akan membangun kegembiraan dalam gambar dan  dapat menggambarkan suasana hati.😀

Tidak hanya akan menambah aksen dramatis dalam foto, tetapi juga menciptakan aliran secara alami untuk menyeret perhatian orang yang melihat foto  Sobat ke arah subjek.

Jika Sobat mengikuti teknik ini, mungkin dapat membantu Sobat untuk  mencapai foto yang Sobat inginkan, namun jika Sobat senang melanggar aturan ini-pun itu nggak jadi masalah.

Jika Sobat melanggar aturan ini, terutama pada obyek yang bergerak dimana ruang belakang lebih banyak. Melakukan sedkikit taktik dalam hal semacam ini akan memberikan sebuah ide seberapa cepat objek dan dari mana asalnya.

Mengubah framing dan arah melihat-ruang juga akan memberikan arti yang berbeda. Sebuah subjek yang memiliki ruang mati terlalu banyak di belakang, berarti dia akan pergi dengan cepat. Tetapi jika Sobat memberikan ruang aktif yang banyak didepannya, maka akan menunjukkan bahwa subjek mengarah  dan memiliki tujuan atau sasaran di depan. Atau bisa juga Ini berarti awal perjalanannya.

Kredit Foto : nikon ian

Bagaimanapun, Sobat bisa bereksperimen sendiri. Siapa yang tahu lho? Sobat dapat menemukan sesuatu yang baru, sesuatu yang segar dan tidak pernah dikenal fotografer manapun sebelumnya. Hanya tetap saja Sobat harus mengingat aturan ruang dalam fotografi – menaruh beberapa ruang aktif yang mana subyek Sobat menghadap untuk menangkap unsur kreatifitas. (chn)

7 pemikiran pada “Aturan Ruang Dalam Fotografi

  1. Siang Om. Maaf sebelumnya, sekaraang jarang update di WP, fokus yang di web.id ya Om?
    Sukses selalu untuk weddingkumagazine.😉

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s