6 Cara untuk Menambahkan Drama dan Misteri untuk Foto Sobat

 Sobat senang memotret sesuatu yang indah? Bagaimana jika kali ini Sobat mencoba memotret untuk menghasilkan sebuah gambar yang memiliki drama dan misterius, tidaklah susah jika kita sudah tahu triknya, berikut 6 cara untuk menambahkan drama dan misteri pada foto Sobat sehingga akan terlihat lain daripada yang lain.

1. Motion Blur

Banyak sekali fotografer yang ingin hasil jepretannya terlihat tajam – kali ini cobalah memperlambat shutter speed Sobat sedikit dan cobalah objek untuk bergerak di sekitar frame untuk menghasilkan sedikit blur (atau banyak) tentu ini dapat menambah dimensi baru untuk gambar Sobat.

2. Bayangan hitam

Tak banyak hal yang lebih misterius daripada sebuah Silhouette (siluet). Garis sederhana dari seseorang atau elemen bisa menyampaikan begitu banyak makna – namun juga akan meninggalkan kesan kepada penikmat gambar dan membayangkan sambil bertanya-tanya tentang suatu detail yang hilang.

3. Menembak Perspektif

Salah satu cara agar foto Sobat terlihat memiliki drama adalah dengan mengubah perspektif tembakan Sobat. Sementara orang lain memotret dengan sudut biasa- Sobat bisa telungkup di tanah dan memotret ke atas atau menemukan cara lain untuk memotret namun memiliki kesan perspektif yang berbeda.

4. Drama Cahaya

Cahaya untuk fotografer adalah seperti cat pada pelukis. Pelajarilah cahaya dan trik penggunaanya dan Sobat benar-benar dapat mengubah pesan yang disampaikan dalam gambar Sobat. Mengubah sudut cahaya yang mengenai subjek Sobat, menambah atau mengambil intensitas cahaya, atau bahkan mengubah warna, semua ini dapat menambahkan banyak drama untuk bidikan Sobat.

5. Warna Bold

Yang ini sering diabaikan oleh pemula – warna yang ditampilkan dalam gambar Sobat sering mengatur adegan emosional bagi mereka yang melihat gambar Sobat. Seorang Fotografer harus berani mengkompoisisikan warna yang kuat namun tetap memperhatikan baik-buruknya intensitas warna.

6. Selektif Fokus

Berapa banyak gambar Sobat yang  dapat memainkan peran besar dalam menetapkan drama dan misteri di dalamnya?. Menggunakan fokus selektif (atau memiliki kedalaman bidang yang sempit di mana hanya sebagian kecil (jika ada) gambar dalam fokus sementara sisanya keluar dari fokus) dapat meninggalkan banyak kesan pada  apa yang ada di dalam frame secara misterius (hanya terungkap sebagian) – cara ini hampir mirip dengan sebuah Silhouette.

Tentu saja enam cara untuk menambahkan drama dan misteri pada foto Sobat diatas bukanlah daftar lengkap, namun hanya sebagian kecil saja, jika Sobat punya ide lain silahkan tuangkan di komentar.

Sumber : www.digital-photography-school.com

Satu pemikiran pada “6 Cara untuk Menambahkan Drama dan Misteri untuk Foto Sobat

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s