Video Fotografi Time-Lapse HDR yang Indah

Pernahkah Sobat mencoba fotografi time-lapse?, fotografi time-lapse (time-lapse photography) adalah memotret objek dengan interval waktu tertentu, sehingga jika digabungkan menghasilkan video yang sangat menarik dan antraktif.

Membuat fotografi time-lapse boleh dibilang sangat sulit, namun bagaimana sulit-nya hal ini masih dapat Sobat pelajari. Sobat harus bersyukur hidup di zaman modern ini, dimana segala sesuatunya dapat Sobat lakukan dan dapatkan dengan mudah asal kita mau berusaha dan mencoba.

Begitu-pun dengan fotografi time-lapse, jika Sobat mau mempelajarinya, Sobat bisa cari dengan mudah di internet plus beserta peralatan lengkapnya.

Artikel kali ini kita akan membahas wawancara seorang fotografi time-lapse HDR profesional yang di ambil dari www.picturecorrect.com. Namun sebelum itu kita lihat dulu yuk, video time-lapse photography berikut ini biar Sobat agak terhiburūüėÄ

Video diatas dibuat oleh Tanguy Louvigny dengan kamera digital SLR Canon 400D dan 60D  dengan menggunakan lensa Sigma 10-20 mm . Hasil karya Louvigny dibuat dengan 3 sumbu gerak rig kontrol untuk mengontrol gerakan lambat dari kamera. set HDR foto dipetakan dengan Photomatix( lihat di bawah). Pasca-proses set foto yang sudah diedit ke video menggunakan Adobe Premiere& After Effect CS5 . Dan musik untuk video menggunakan Roland MC-808 Sampling Groovebox.

Yang lebih menakjubkan adalah foto-foto yang ditampilkan merupakan foto HDR (High Dynamic Range), yang pertama dan tersulit bahkan untuk fotografer profesional sekalipun.

Rig kustom

Rig kustom untuk HDR Time-lapse Photography

HDR Time-lapse Motion Control Rig

HDR Time-lapse Motion Control Rig

Tampak Depan HDR timelapse Motion rig

Tampak Depan HDR timelapse Motion rig

Rig

Menyiapkan Rig untuk Menangkap urutan Sunset HDR

Nah, berikut ini wawancara dengan Tanguy Lovigny mengenai video time-lapse photography yang dilansir dari picturecorrect.com

  • Apakah Anda menggunakan 3 tembakan berurutan atau lebih?

3 tembakan berurutan, 3 f-stop pada 60D, itu cukup untuk mendapatkan cukup jangkauan dinamis dalam kebanyakan situasi.¬†Pengontrol gerak harus berhenti antara setiap gerakan untuk memberikan cukup waktu pada ¬†urutan bracketing untuk menyelesaikannya, Ini telah diprogram seperti itu…

  • Dapatkah Anda memberikan rincian lebih lanjut dan informasi biaya untuk rig gerak yang Anda miliki?

Waktu yang diluangkan dan usaha¬†yang¬†Serius itu termasuk kedalam biayaūüėÄ, 1 set Tetrix starter kit + ressource + Tetrix encoders + Mindstorms + beberapa batang aluminium dan tripod 2 x 547b sebagai tumpuan Rig (dan kamera!) Jadi semua jika dijumlahkan sekitar 2k ‚ā¨ (24 Juta Rupiah) atau lebih (satu set Rig ini mungkin lebih mahal di Eropa daripada di AS!)

  • Dapatkah Anda mengungkapkan mengenai Photomatix 4 setting untuk menghindari flicker (berkedip) ? Saya merasa sulit, kadang-kadang bekerja lebih baik dengan ¬†pengaturan default, tetapi masih banyak kali flicker.¬†Bisakah Anda berbagi?

Tentu! Saya tidak memiliki solusi sempurna untuk menghindari flicker, tapi di sini (biasanya) saya setting di Photomatix: 

Strength  70 

Color Sat 80 

Luminosity 0

Microcontrast 1.0

White point vary, sekitar  0,800%

Black point dibawah, 0.030%

Micro-smoothing 5.5 jika terlalu banyak noise (bintik-bintik)

Saya mencoba untuk meminimalkan flicker saat pengambilan gambar, dan menggunakan MSU deflicker untuk memperbaikai  flicker yang  parah, itu saja!

  • Berapa lama rata-rata waktu yang diperlukan untuk menangkap urutan pada lokasi?

Setiap mengambil sekitar 1 ,5  jam real time dikompresi dalam 10 detik atau lebih.

  • Berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk membuat video yang menakjubkan ini?

Ini adalah kompilasi dari berbagai tembakan, jadi katakanlah butuh setahun!

  • Apakah Anda memiliki tips untuk kami mengenai sunset dan sunrises?

Tidak ada ujung khusus untuk sunset (matahari terbenam) kecuali mengurung eksposur karena membantu mempertahankan perubahan kecerahan langit yang besar … saya tidak menembak banyak sunrise (matahari terbi)t, jauh lebih sulit untuk dilakukan.

  • Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membangun rig kustom Anda?

Bekerja sebulan penuh pada crane versi pertama dengan banyak percobaan dan kesalahan, tapi itu tidak cukup kokoh jadi saya ulang untuk membuat slider 3 sumbu (ini adalah bagian yang mudah)!

  • Apakah Anda harus mengambil 3 kumpulan gambar ke dalam Photomatix setiap kali Anda membuat sebuah frame atau ada metode massal untuk melakukannya.¬†Artinya, untuk membuat kedua video pada 24 frame, apakah Anda harus membawa kumpulan tiga foto ke Photomatix 24 kali untuk menciptakan satu detik?

Ya 30 kali untuk satu detik dari video, tapi otomatis dengan batch processing mode dalam Photomatix

Itulah sepenggal wawancara mengenai fotografi time-lapse, semoga artikel kali ini dapat bermanfaat untuk Sobat-sobat yang senang dengan fotografi. Mau coba time-lapse photography Sob?

Photomatix adalah software pilihan untuk kebanyakan fotografer profesional HDR. Sobat dapat membeli Photomatix Pro di Amazon.com dengan harga $99.00

Sumber & Credit Image  : www.picturecorrect.com

2 pemikiran pada “Video Fotografi Time-Lapse HDR yang Indah

  1. Ping balik: Timelapse Bumi Dilihat Dari Luar Angkasa | Weddingku Magazine

  2. Ping balik: Bagaimana Melakukan Fotografi Time-lapse? (Video Tutorial) « Weddingku Magazine

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s